Mengukur Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Konsep Bangun Ruang Pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V SD Strada Santa Maria Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10413Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur motivasi dan hasil belajar siswa dalam konsep bangun ruang kelas V SD Strada Santa Maria Tangerang. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur apakah motivasi ada hubungannya dengan hasil belajar siswa yang ada di SD Strada Santa Maria Tangerang. Variabel yang menjadi penelitian ini adalah motivasi, sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar. Populasi penelitian adalah siswa/siswi kelas V yang berjumlah 122 orang. Pengambilan populasi sampel penelitian sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis deskriptif. Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah untuk motivasi dan hasil belajar siswa dalam konsep bangun ruang kelas V SD Strada Santa Maria Tangerang dan untuk mengetahui perbandingan tidak signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika konsep bangun ruang kelas V SD Strada Santa Maria Tangerang (HO) dan perbandingan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika konsep bangun ruang kelas V SD Strada Santa Maria Tangerang (H1). Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa butir pertanyaan kuesioner valid karena korelasi lebih besar dari tabel korelasi yang memiliki nilai 9,34 yang didapat dari r tabel. Instrumen penelitian memiliki realibilitas yang baik dengan hasil penghitungan cronbach’s alpha diatas 0,84 secara konsisten. dengan sample yang ada dan melalui distribusi kuesioner pada responden serta analisis validitas, normalitas, uji korelasi dan uji regresi didapatkan kesimpulan bahwa perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai topik ini. Namun untuk butir-butir instrumen pada penelitian ini sudah valid dan reliabel sehingga dapat digunakan dan dikembangkan pada penelitian selanjutnya. Saran bagi pengajar dapat menggunakan metode mengajar yang lebih inovatif dan menarik perhatian siswa sehingga daoat termotivasi untuk mencapai kompetensi yang dimiliki oleh siswa.Downloads
Published
2022-12-19
How to Cite
Ciptaningtyas, A. ., Palmawati, C. E. ., & Wisnu, Y. . (2022). Mengukur Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Konsep Bangun Ruang Pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V SD Strada Santa Maria Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12172–12178. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10413
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Asteria Ciptaningtyas, Caecilia Ega Palmawati, Yohanes Wisnu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









