Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Observasi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10355Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran jurisprudensial pada siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu kelas VII, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran jurisprudensial pada siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu kelas VII, (3) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran jurisprudensial pada siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu kelas VII . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran jurisprudensial dapat memotivasi siswa sehingga lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. (2) Model pembelajaran jurisprudensial dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa khususnya dalam hal mengarang , hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa, pada prasiklus menunjukkan mean 54,36, pada siklus I meningkat sebesar 67,5 dan pada siklus II meningkat sebesar 80,1. (3) Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Pembelajaran Jurisprudensial . Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan tiap aspek mulai dari pratindakan, siklus I maupun siklus II. Kualitas isi memperoleh skor 18,6 pada pratindakan; 22,5 pada siklus I dan meningkat secara signifikan pada siklus II nilai rata-rata 23,3.Downloads
Published
2022-12-17
How to Cite
Ht, A. ., & Amin, N. S. . (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Observasi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11949–11966. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10355
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 A.Muh.Ayyub Ht, Nur Silfiah Amin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









