The Relationship between Students’ Anxiety and Their Writing Recount Text Ability at the Tenth – Grade Students of SMA MUTIARA 1 JAKARTA in the Academic Year of 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10348Abstract
Hubungan Kecemasan Siswa dengan Kemampuan Menulis Teks Recount Siswa Kelas X SMA Mutiara 1 Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Makalah, Jakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Mutiara 1 Jakarta tahun ajaran 2021/2022. Penulis menggunakan metode survei kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Mutiara 1 Jakarta, dan penulis hanya mengambil 1 kelas IPA (10-1 kelas IPS) yang terdiri dari 40 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecemasan dan tes keterampilan menulis. Skor kedua variabel dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Hasil analisis dan perhitungan statistik menunjukkan bahwa robserved adalah 0,85 dan rtabel 0,126 pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan (df = n- 2) sekitar 38. Akibatnya, robserved lebih tinggi dari rtabel. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Hi diterima. Jadi, Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Mutiara 1 Jakarta tahun pelajaran 2021/2022.Downloads
Published
2022-12-19
How to Cite
Sari, H. N. ., & Asri, R. P. . (2022). The Relationship between Students’ Anxiety and Their Writing Recount Text Ability at the Tenth – Grade Students of SMA MUTIARA 1 JAKARTA in the Academic Year of 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12121–12127. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10348
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Heni Novita Sari, Ratih Pratiwi Asri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).