Analisis Kualitas Kepribadian Konselor Pada Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Aisyah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alya Rojwa Darus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Bagus Pranoto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Wahdini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tommi Ardiansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dika Sahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10347

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa model Miles and Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkann hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesadaran diri yang dimiliki oleh konselor dapat dilihat dari bagaimana konselor tersebut dapat memahami dirinya sendiri, konseli yang dengan baik, dan dapat melakukan konseling serta layanan-layanan bimbingan konseling dengan baik. Dan konselor yang memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah konseli, dapat memposisikan dirinya sebagai teman dan mengunci konseli bukan melihat konseli sebagai seorang yang bermasalah.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Harahap, A. ., Darus, A. R., Pranoto, B., Wahdini, S., Ardiansyah, T., & Sahputra, D. (2022). Analisis Kualitas Kepribadian Konselor Pada Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12110–12120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10347