Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Siswa PAUD Tk Pertiwi II Desa Pule Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10303Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule. 2) Metode apa yang digunakan dalam penanaman moral pada siswa PAUD Pertiwi II. 3) Faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat proses penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule, Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023? Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Bertempat di PAUD Pertiwi II Pule, mulai bulan Juli – November 2022. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PAUD, sedangkan informan adalah Kepala Sekolah dan wali murid. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif dari Miles and Huberman, dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Tahun Pelajaran 2022/2023 (2) Metode yang digunakan dalam penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah metode bercerita, metode demonstrasi, metode bercakap-cakap, metode penugasan, maupun metode bermain peran. (3) Adanya faktor pendukung dan penghambat proses penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Tahun Pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2022-12-16
How to Cite
Utami, R. ., & Maslamah, M. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Siswa PAUD Tk Pertiwi II Desa Pule Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11619–11636. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10303
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Retno Utami, Maslamah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









