Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Siswa PAUD Tk Pertiwi II Desa Pule Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Retno Utami Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Maslamah Maslamah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule. 2) Metode apa yang digunakan dalam penanaman moral pada siswa PAUD Pertiwi II. 3)  Faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat proses penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule, Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023? Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Bertempat di PAUD Pertiwi II Pule, mulai bulan Juli – November 2022. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PAUD, sedangkan informan adalah Kepala Sekolah dan wali murid. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif dari Miles and Huberman, dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Tahun Pelajaran 2022/2023 (2) Metode yang digunakan dalam penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah metode bercerita, metode demonstrasi, metode bercakap-cakap, metode penugasan, maupun metode bermain peran. (3) Adanya faktor pendukung dan penghambat proses penanaman nilai agama dan moral pada siswa PAUD Pertiwi II Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Utami, R. ., & Maslamah, M. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Siswa PAUD Tk Pertiwi II Desa Pule Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11619–11636. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10303