Hubungan Pengalaman Masa Lalu dengan Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah Siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10094Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pengalaman masa lalu dengan penyesuaian sosial siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi dengan jumlah populasi 583 diperoleh sampel 237 responden, penarikan sampel dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling, untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis statistik yang digunakan adalah menggunakan rumus product moment dengan bantuan IBM SPSS Statistic 24. Hasil penelitian ini menjelaskan tingkat presentase pengalaman masa lalu sebesar 30,6% kategori kurang baik dan presentase penyesuaian sosial sebesar 37,1% katergori kurang baik. Hasil dari penelitian ini terdapat korelasi yang jelas tetapi sedang antara pengalaman masa lalu dengan penyesuaian sosial, dimana nilai r hitung 0,444 dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi antara pengalaman masa lalu dengan penyesuaian sosial siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui bagaiamana hubungan pengalaman masa lalu dengan penyesuaian sosial sehingga dapat dijadikan acuan bagi guru bimbingan dan konseling untuk memeberikan bimbingan, arahan, dan perhatian penuh kepada siswa guna penyesuaian sosial siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi lebih baik.Downloads
Published
2022-12-12
How to Cite
Utari, A. ., Gutji, N. ., & Sarman, F. . (2022). Hubungan Pengalaman Masa Lalu dengan Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah Siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10716–10722. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10094
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ayu Utari, Nelyahardi Gutji, Freddi Sarman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).