Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Jember Fashion Carnaval (JFC)

Authors

  • Chandra Ayu Proborini Universitas Jember
  • Nindya Nurdianasari Universitas Jember
  • Fitria Kurniasih Universitas Jember
  • Suhartiningsih Suhartiningsih Universitas Jember
  • Hari Satrijono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10060

Abstract

JFC menjadi sebuah pertunjukan yang memiliki keunikan dan keemasan yang berbeda dari karnaval yang ada sebelumnya. Sehingga JFC merupakan sebuah pertunjukan karnaval yang memiliki karakteristik tersendiri dalam penyajian pertunjukannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai Pendidikan dalam pertunjukan jember fashion carnaval(JFC). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pertunjukan JFC terdapat nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalamnya. Adapun nilai-nilai pendidikan tersebut diantaranya adalah nilai pendidikan budaya, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan karakter dan nilai pendidikan kreativitas. Nilai-nilai yang didapatkan peserta tersebut didapat ketika melakukan pelatihan 6 bulan sebelum pertunjukan berlangsung.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Proborini, C. A. ., Nurdianasari, N. ., Kurniasih, F. ., Suhartiningsih, S., & Satrijono, H. . (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Jember Fashion Carnaval (JFC). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10483–10490. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10060