Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Peredaran Darah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10014Abstract
Pembelajaran IPA merupakan salah satu model implementasi kurikulum yang dianjurkan untuk diaplikasikan di jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), dan pembelajaran IPA membutuhkan model pembalajaran yang tepat sehingga bisa membuat proses belajar mengajar jadi menarik perhatian peserta didik. Diperlukan suatu media yang baik dan bisa membuat interaksi peserta didik secara penuh. Penelitian ini bertujuan menganalisis validasi dan kelayakan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN Hangalande Kecamatan Kota Baru Kabupaten Ende. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Develompment dengan model 4-D. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk p Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP sangat valid dengan rerata persentase kevalidan sebesar 92,75 % . Nilai hasil uji tahap 1 pada kelayakan LKPD dengan berbasis inkuiri terbimbing adalah masing-masing sebesar 97,3% dan 97,53% dengan kategori layak. Nilai hasil uji tahap 2 pada kelayakan LKPD dengan berbasis inkuiri terbimbing adalah masing-masing sebesar 96,7 % dan 92,18% dengan kategori sangat layak. Hasil validasai dari validator menyatakan LKPD adalah sangat valid dan nilai kelayakan pada uji coba tahap 1 dan uji coba tahap 2 adalah sangat layak sehingga produk LKPD yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.Downloads
Published
2022-12-12
How to Cite
Dawa, A., Putra, S. H. J., & Bare, Y. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10755–10765. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10014
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anselmu Dawa, Sukarman Hadi Jaya Putra, Yohanes Bare

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









