Model Pembelajaran “Tri N” Ki Hajar Dewantara dalam Menumbuhkan Keterampilan Berbahasa Arab

Authors

  • Lahmuddin Lubis Universitas Islam Negri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10006

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas model pembelajaran tri-n (niteni, niroake, nambahke) untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Arab. Keterampilan berbahasa Arab yang meliputi keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan mendengar, dan keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research).  Sumber data primer menggunakan buku karya Syamsudi Asyrofi & Toni Pransiska  yang berjudul Aneka Desain Model Pembelajaran Bahasa Arab serta didukung oleh beberapa buku dan artikel yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap niteni (memperhatikan) dapat meningkatkan keterampilan berbicara (maharat al-Kalam) dan keterampilan menulis (maharat al-Kitabah). Tahap niroake (menirukan) mampu meningkatkan keterampilan keterampilan berbicara (maharat al-Kalam) dan keterampilan menulis (maharat al-Kitabah). Tahap nambahke (menambahkan) tepat untuk meningkatkan beberapa keterampilan berbahasa Arab karena pada tahap ini siswa diberi kebebasan untuk memodifikasi dan mengelola hasil pengamatannya.

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Lubis, L. . (2022). Model Pembelajaran “Tri N” Ki Hajar Dewantara dalam Menumbuhkan Keterampilan Berbahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10181–10187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10006