HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK : ANALISIS TEMUAN EMPIRIS LIMA TAHUN TERAKHIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i4.52814Keywords:
Tingkat Pendidikan Orang Tua, Stunting, Pendidikan Ibu, Gizi Anak, Literasi KesehatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pendidikan orang tua, khususnya ibu, dengan kejadian stunting pada anak berdasarkan temuan empiris selama lima tahun terakhir di Indonesia. Melalui pendekatan kajian literatur sistematis, artikel ini menelusuri berbagai penelitian yang menyoroti pengaruh pendidikan orang tua terhadap status gizi dan tumbuh kembang anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa rendahnya tingkat pendidikan orang tua berkorelasi signifikan dengan peningkatan risiko stunting, terutama melalui mekanisme pengetahuan gizi yang terbatas, penerapan pola asuh yang kurang optimal, serta rendahnya pemanfaatan layanan kesehatan dan sanitasi. Selain itu, konteks sosial ekonomi turut memperkuat pengaruh pendidikan terhadap perilaku gizi keluarga. Kajian ini menegaskan pentingnya intervensi berbasis pendidikan keluarga sebagai strategi komplementer dalam program nasional percepatan penurunan stunting. Dengan demikian, peningkatan literasi gizi dan pendidikan orang tua menjadi kunci dalam membangun generasi yang sehat dan bebas stunting di masa depan.References
Aminah, Siti. (2020). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Kejadian Stunting pada Balita di Daerah Perdesaan Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 8(2), 112–121.
Astuti, Rini. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu dengan Status Gizi Balita di Wilayah Pesisir. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(2), 145–154.
Budiarti, Rina. (2022). Pengaruh Pendidikan Ibu terhadap Pola Asuh dan Status Gizi Anak di Wilayah Pesisir Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 17(1), 54–63.
Cahyani, Wulan. (2019). Peran Pendidikan Keluarga dalam Pencegahan Stunting di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan Anak, 5(3), 89–98.
Dewi, Kartika. (2021). Korelasi antara Pendidikan Ibu dan Pola Pemberian ASI terhadap Kejadian Stunting pada Balita. Jurnal Gizi Indonesia, 9(2), 101–110.
Febriyanti, Nanda. (2022). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Pendidikan Ibu dengan Kejadian Stunting di Wilayah Pedesaan. Jurnal Kesehatan Komunitas, 11(3), 177–188.
Handayani, Sri. (2018). Evaluasi Kebijakan Penanggulangan Stunting di Indonesia: Tantangan dan Peluang. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 7(3), 231–242.
Hartati, Weni. (2020). Pendidikan Ibu sebagai Faktor Dominan dalam Pencegahan Stunting pada Anak Usia Dini. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 12(1), 45–53.
Kusuma, Dian. (2019). Efektivitas Edukasi Gizi Berbasis Komunitas terhadap Pengetahuan dan Praktik Ibu Balita. Jurnal Promosi Kesehatan Nusantara, 4(1), 58–67.
Lestari, Andini. (2018). Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Perilaku Gizi Seimbang dalam Keluarga. Jurnal Ilmu Gizi dan Kesehatan Masyarakat, 7(4), 211–220.
Mahardika, Dwi. (2021). Analisis Sosial Ekonomi dan Pendidikan terhadap Risiko Stunting pada Balita di Indonesia Timur. Jurnal Ekonomi Kesehatan dan Pembangunan, 3(2), 98–109.
Mulyani, Titik. (2021). Peran Tenaga Kesehatan dalam Edukasi Gizi Keluarga sebagai Upaya Pencegahan Stunting. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 12(3), 199–210.
Nugroho, Andika. (2020). Pendidikan dan Pembangunan SDM dalam Perspektif Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 10(2), 87–96.
Putri, Lestari. (2020). Integrasi Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga dalam Upaya Penurunan Stunting. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 33–42.
Rahmawati, Lestari. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Perilaku Pemberian Makan Anak Balita di Pedesaan. Jurnal Gizi dan Kesehatan Indonesia, 18(1), 22–34.
Rosalina, Dian. (2023). Persepsi Ibu dengan Pendidikan Rendah terhadap Pentingnya Gizi Anak dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Ilmiah Gizi dan Kesehatan Masyarakat, 9(1), 27–36.
Sari, Indah. (2021). Edukasi Gizi Remaja Perempuan sebagai Strategi Pencegahan Stunting. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 5(2), 101–110.
Susanti, Rahayu. (2020). Peran Pendidikan dan Kesadaran Ibu terhadap Status Gizi Anak Usia Balita di Wilayah Perkotaan. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 67–75.
Utami, Nurul. (2022). Pemanfaatan Media Digital untuk Peningkatan Literasi Gizi Keluarga di Era Pandemi. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 9(1), 45–56.
Yuliana, Desi. (2020). Pendidikan Keluarga dan Pencegahan Stunting: Pendekatan Sosioedukatif di Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 14(1), 73–82.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putu Lina Putri Prapatti, Made Kurnia Widiastuti Giri, Made Bayu Permasutha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


