DIGITALISASI ANTREAN PELAYANAN KESEHATAN SEBAGAI INOVASI STRATEGIS MENGHADAPI PERUBAHAN PERILAKU PASIEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i4.52069Keywords:
JKN, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, Teknologi informasiAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Salah satu inovasi yang muncul adalah digitalisasi sistem antrean yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan dan kepuasan pasien. Atensi publik kini tertuju pada inovasi digitalisasi antrean, sebuah mekanisme pemantauan waktu tunggu berbasis daring yang meniadakan kewajiban pasien untuk menunggu lama secara fisik di lokasi layanan. Perubahan ini menunjukkan bahwa fasilitas kesehatan mulai beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat yang sekarang lebih suka layanan cepat, praktis, dan transparan. Kajian literatur ini bertujuan untuk menelaah implementasi digitalisasi sistem antrean di fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia serta mengidentifikasi dampaknya terhadap efisiensi dan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan meninjau delapan artikel yang membahas penerapan sistem antrean digital di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, dan posyandu. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan sistem antrean berbasis aplikasi seperti Mobile JKN dan platform daring lainnya mampu mengurangi waktu tunggu pasien, mempercepat proses pendaftaran, serta meningkatkan kemudahan akses layanan kesehatan. Selain itu, penerapan sistem ini juga berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan dan kepercayaan pasien terhadap fasilitas kesehatan. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kemampuan tenaga kesehatan dalam mengoperasikan sistem digital.References
Alfiyatul Bariyah, R., Zakiyah, R., Supriyatna, R., & Kesehatan, F. I. (2025). Hubungan Sistem Antrian dan Optimalisasi Layanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien pada UPTD Puskesmas Cipayung Kota Depok Tahun 2024. Journal of Public Health Education, 04(02). https://doi.org/10.53801/jphe.v4i2.338
Amelia, R., & Zahra, A. (2022). Analysis Of The Effect Of Online Registration And Waiting Time Towards Outpatient Patient Satisfaction At Bhayangkara Hospital Makassar City 2022. In Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia (Vol. 06). https://www.ojs.iikpelamonia.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/484
BPJS Kesehatan. (2022). Efektivitas Implementasi Monitoring Intensif Pemanfaatan Antrean Online melalui Mobile JKN di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) Champion Tahun 2022. Jurnal JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), 6(1), 37–45. https://jurnal-jkn.bpjs-kesehatan.go.id/index.php/jjkn/article/download/140/64/1161
Jannataeni, K., Arif, A. D., & Iryani, J. (2024). Studi Efisiensi Waktu Pelayanan Setelah Implementasi Sistem Antrian Online di Klinik Nurul Bulukumba. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business. https://journal.ilmudata.co.id/index.php/RIGGS/article/view/1038
Laras. (2022). Efektifitas Layanan Digital Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Jumlah Antrian Peserta Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Bandar Lampung Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Jejama Manajemen Malahayati, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33024/jurnal jejama.v2i1.7550
Mulyanti, S., Probowati, A., & Wakhdan. (2024). Implementasi Sistem Antrian Online Berbasis Aplikasi Mobile JKN pada Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan di UPT Puskesmas Dadirejo. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 29(2), 22–40. https://journal.stiera.ac.id/index.php/Progress
Nainggolan, F. A., Ambarita, A. T., Sitepu, A., Ginting, K. A., & Tarigan, L. (2025). Implementation of JKN Mobile Application-Based Health Services in Reducing Queues at the Karang Anyer Health Center Beringin District Deli Serdang Regency. Jurnal Kesmas dan Gizi (JKG), 7(2), 311–318. https://doi.org/10.35451/jkg.v7i2.2679
Palapessy, V. E. D., & Susanti, R. (2025). Digital Transformation in Hospital Services: Evaluating Effectiveness, Challenges, and Implications for Healthcare Service Quality in Indonesia. Journal of Hospital Administration and Management, 6(1), 38–49. https://journal.univawalbros.ac.id/index.php/jham/article/view/615
Ramadhan, A. N., & Mujib, M. A. (2022). Pengembangan Sistem Antrian Layanan Kesehatan Berbasis Web di Puskesmas Rancamalaka. STMIK “AMIKBANDUNG”. https://diglib.stmik-amikbandung.ac.id/index.php?bid=12315&fid=4931&p=fstream-pdf
Santoso, D., & Hidayat, A. T. (2024). Optimalisasi Sistem Antrian Online pada Pelayanan Kesehatan Posyandu Menggunakan Metode Prototype dengan Integrasi FIFO. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 5(1), 150–158. https://doi.org/10.57152/malcom.v5i1.1720
Susilo, H., Ihksan, M., Abdillah, N., Fauzi, D., Program, H. S., Manajemen, S., Kesehatan, I., Syedza, U., Jl, S., Hamka, N., 228 Air, T., Timur, S., & Barat, I. (2024). Transformation of Patient Queuing System at Medika Saintika Clinic based onWeb. In Journal of Medical Record and Infomation Technologi (JOMRIT) (Vol. 2, Issue 1). https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/jomrit/article/view/2741
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Donna Ndari Santoso Putri, Nadya Nur Syafina Putri, Assyifa Ramadhani, Tuanku Banang Rabbani Imsyamru, Nirna Dwi Anggraini, Nadia Putri Untiami, Meutya Zahra Saphira, Reynanda Sabri, Cahya Arbitera

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


