DIGITALISASI ANTREAN PELAYANAN KESEHATAN SEBAGAI INOVASI STRATEGIS MENGHADAPI PERUBAHAN PERILAKU PASIEN

Authors

  • Donna Ndari Santoso Putri S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta
  • Nadya Nur Syafina Putri S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta
  • Assyifa Ramadhani S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta
  • Tuanku Banang Rabbani Imsyamru S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta
  • Nirna Dwi Anggraini S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta
  • Nadia Putri Untiami S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta
  • Meutya Zahra Saphira S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta
  • Reynanda Sabri S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta
  • Cahya Arbitera S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i4.52069

Keywords:

JKN, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, Teknologi informasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Salah satu inovasi yang muncul adalah digitalisasi sistem antrean yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan dan kepuasan pasien. Atensi publik kini tertuju pada inovasi digitalisasi antrean, sebuah mekanisme pemantauan waktu tunggu berbasis daring yang meniadakan kewajiban pasien untuk menunggu lama secara fisik di lokasi layanan. Perubahan ini menunjukkan bahwa fasilitas kesehatan mulai beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat yang sekarang lebih suka layanan cepat, praktis, dan transparan. Kajian literatur ini bertujuan untuk menelaah implementasi digitalisasi sistem antrean di fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia serta mengidentifikasi dampaknya terhadap efisiensi dan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan meninjau delapan artikel yang membahas penerapan sistem antrean digital di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, dan posyandu. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan sistem antrean berbasis aplikasi seperti Mobile JKN dan platform daring lainnya mampu mengurangi waktu tunggu pasien, mempercepat proses pendaftaran, serta meningkatkan kemudahan akses layanan kesehatan. Selain itu, penerapan sistem ini juga berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan dan kepercayaan pasien terhadap fasilitas kesehatan. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kemampuan tenaga kesehatan dalam mengoperasikan sistem digital.

References

Alfiyatul Bariyah, R., Zakiyah, R., Supriyatna, R., & Kesehatan, F. I. (2025). Hubungan Sistem Antrian dan Optimalisasi Layanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien pada UPTD Puskesmas Cipayung Kota Depok Tahun 2024. Journal of Public Health Education, 04(02). https://doi.org/10.53801/jphe.v4i2.338

Amelia, R., & Zahra, A. (2022). Analysis Of The Effect Of Online Registration And Waiting Time Towards Outpatient Patient Satisfaction At Bhayangkara Hospital Makassar City 2022. In Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia (Vol. 06). https://www.ojs.iikpelamonia.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/484

BPJS Kesehatan. (2022). Efektivitas Implementasi Monitoring Intensif Pemanfaatan Antrean Online melalui Mobile JKN di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) Champion Tahun 2022. Jurnal JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), 6(1), 37–45. https://jurnal-jkn.bpjs-kesehatan.go.id/index.php/jjkn/article/download/140/64/1161

Jannataeni, K., Arif, A. D., & Iryani, J. (2024). Studi Efisiensi Waktu Pelayanan Setelah Implementasi Sistem Antrian Online di Klinik Nurul Bulukumba. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business. https://journal.ilmudata.co.id/index.php/RIGGS/article/view/1038

Laras. (2022). Efektifitas Layanan Digital Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Jumlah Antrian Peserta Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Bandar Lampung Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Jejama Manajemen Malahayati, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33024/jurnal jejama.v2i1.7550

Mulyanti, S., Probowati, A., & Wakhdan. (2024). Implementasi Sistem Antrian Online Berbasis Aplikasi Mobile JKN pada Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan di UPT Puskesmas Dadirejo. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 29(2), 22–40. https://journal.stiera.ac.id/index.php/Progress

Nainggolan, F. A., Ambarita, A. T., Sitepu, A., Ginting, K. A., & Tarigan, L. (2025). Implementation of JKN Mobile Application-Based Health Services in Reducing Queues at the Karang Anyer Health Center Beringin District Deli Serdang Regency. Jurnal Kesmas dan Gizi (JKG), 7(2), 311–318. https://doi.org/10.35451/jkg.v7i2.2679

Palapessy, V. E. D., & Susanti, R. (2025). Digital Transformation in Hospital Services: Evaluating Effectiveness, Challenges, and Implications for Healthcare Service Quality in Indonesia. Journal of Hospital Administration and Management, 6(1), 38–49. https://journal.univawalbros.ac.id/index.php/jham/article/view/615

Ramadhan, A. N., & Mujib, M. A. (2022). Pengembangan Sistem Antrian Layanan Kesehatan Berbasis Web di Puskesmas Rancamalaka. STMIK “AMIKBANDUNG”. https://diglib.stmik-amikbandung.ac.id/index.php?bid=12315&fid=4931&p=fstream-pdf

Santoso, D., & Hidayat, A. T. (2024). Optimalisasi Sistem Antrian Online pada Pelayanan Kesehatan Posyandu Menggunakan Metode Prototype dengan Integrasi FIFO. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 5(1), 150–158. https://doi.org/10.57152/malcom.v5i1.1720

Susilo, H., Ihksan, M., Abdillah, N., Fauzi, D., Program, H. S., Manajemen, S., Kesehatan, I., Syedza, U., Jl, S., Hamka, N., 228 Air, T., Timur, S., & Barat, I. (2024). Transformation of Patient Queuing System at Medika Saintika Clinic based onWeb. In Journal of Medical Record and Infomation Technologi (JOMRIT) (Vol. 2, Issue 1). https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/jomrit/article/view/2741

Downloads

Published

2025-12-21