HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD TANI DAN NELAYAN KABUPATEN BOALEMO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i4.50724Keywords:
komunikasi efektif, kepuasan pasien, perekam medis, REACH, rawat jalanAbstract
Komunikasi efektif menjadi salah satu aspek penting dalam pelayanan rumah sakit, khususnya dalam menunjang kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif perekam medis dan informasi kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang berjumlah 1.600 orang pada bulan Mei 2025, dengan sampel sebanyak 94 responden yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indicator komunikasi efektif berdasarkan prinsip REACH (Respect, Emphaty, Audible, Clarty, dan Humble) memiliki distribusi kepuasan yang tinggi. Sebanyak 62,8% responden menyatakan sangat puas dan 37,2% puas terhadap penerapan masing-masing prinsip tersebut. Tidak terdapat responden yang merasa kurang puas, tidak puas, atau sangat tidak puas. Uji korelasi Spearman menghasilkan nilai r = 0,977 dan p-value = 0,000 pada seluruh variabel, yang menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara komunikasi efektif PMIK dan kepuasan pasien rawat jalan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara komunikasi efektif perekam medis dan informasi kesehatan terhadap kepuasan pasien. Diharapkan rumah sakit dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas komunikasi PMIK dengan pasien, terutama melalui penguatan prinsip REACH dalam setiap interaksi pelayanan.References
Amran, R., Apriyani, A., & Dewi, N. P. (2022). Peran Penting Kelengkapan Rekam Medik di Rumah Sakit. Baiturrahmah Medical Journal, 1(September 2021), 69–76.
Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130
Azzahra, S. R., Manalu, S. R., & Santosa, H. P. (2022). Komunikasi Disabilitas: Memahami Hambatan Komunikasi Dan Social Support Pegawai Frontline Tuli Di Lingkungan Kerja Dengar. Interaksi Online, 11, 272–284. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/37191%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/download/37191/28318
Fanny, N., Fatimah, F. S., & Huda, M. I. N. (2022). Hubungan Komunikasi Efektif Petugas Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit X. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan, 506–512. http://ojs.udb.ac.id/index.php/sikenas/article/download/2104/1660
Fitriyani, D., Jakarta, U. N., Wolor, C. W., Jakarta, U. N., & Jakarta, U. N. (2023). Analisis Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Koja Dinda Fitriyani Christian Wiradendi Wolor Marsofiyati kesehatan yang cenderung mahal , sedangkan masyarakat yang berpenghasilan masih mengenai pelayanan rawat jalan kepada 20 pasien Rumah Sakit Umum Daerah Koja . berobat langsung dan merasakan bagaimana pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit. 1(4).
Hasanah, N. El, Pane, M., Hutajulu, J., Ketaren, O., & Risma, D. (2023). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Survei Pada Pasien Rawat Inap Di Klinik Pt. Bridgestone Sumatra Rubber Estate, Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1833–1847. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/16068%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/download/16068/12399
Hazni, Hayati, F., & Mutiawati, Y. (2023). Analisis Kegiatan Main Peran Makro Untuk Menstimulasi Percaya Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–10.
Ifta Mu’arif Daud, Andi Kurniawaty Naue, dan W. I. S. M. (2023). Implementasi Pmk No 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit Di Rsud Toto Kabila. Journal of Hulonthalo Service Society, 2(2), 2–7.
Jetslin Simbolon, & Selviani Damayanti Sipayung. (2022). Analisis Kualitas Pengelolaan Mutu Pelayanan Pendaftaran Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4), 591–599. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i4.937
Karunia, M., Azizah, N., Rahayu, O., Melati, P. S., & Santoso, A. P. A. (2022). Mutu dan kepuasan terhadap pasien. Journal of Complementary in Health, 2(1), 63–66. https://doi.org/10.36086/jch.v2i1.1494
Lakhmudien1, Rano Indradi S2, Ega Nugraha3, I. A. S. (2023). 11185. The American Mathematical Monthly, 112(9), 840. https://doi.org/10.2307/30037614
Noviana Desiningrum|2021. (2013). Kata kunci و. Kinabalu, 11(2), 50–57.
Nurhayati, E., Medis, P., & Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang, I. (2021). Komunikasi Tenaga Rekam Medis Dan Tenaga Kesehatan. Medical Records And Health Information, 2(2), 42–48.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Purba, C., & Siahaan, C. (2022). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antar Budaya. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 9(1), 106–117. https://doi.org/10.33541/dia.v9i1.3835
Rumah, I. G. D., & Daerah, S. (2023). No Title. 352–359.
Salsabila, J., Juliadrianti, M., Luqyana, K., Kadri, H. Al, & Setiawati, M. (2024). Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Public Relations. Jurnal Common, 7(2), 189–199. https://doi.org/10.34010/common.v7i2.11492
Sanjaya, W. (2023). Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Limusnunggal Kota Sukabumi. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(02), 215–225. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.906
Sari, P. I., Kesehatan, T., & Pasien, K. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Efektif Bagi Tenaga Kesehatan Di RSIA Cempaka Az – Zahra. 4(2), 4271–4275.
Sari, R. S., Tasri, Y. D., & Apriliani, M. (2022). Identifikasi Pengetahuan Dan Pemahaman Profesional Perekam Medis Terhadap Kompetensi Perekam Medis. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2639–2646.
Setiawan, T., & Putro, F. H. A. (2021). Komunikasi Efektif dalam Membina Keterampilan Berwirausaha di PC Ipnu Kabupaten Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 100–107. https://www.jurnalintelektiva.com
Situmorang, M., Mulyana, M., & Natasha, N. (2025). Komunikasi Efektif Petugas Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit. JCES | FKIP UMMat, 8(1), 80. https://doi.org/10.31764/jces.v8i1.28432
Suciati, G., & Zaman, C. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 11(1), 102. https://doi.org/10.31596/jkm.v11i1.1444
Suwartono. (n.d.). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian.
Triana, Y., Ilmi, F., Kusuma, M., & Belantara, M. O. D. S. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Hak Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Hukum Positif Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1145–1150.
Wahyu Cintiya, M. (2024). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan. 7(1), 25–30
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 anisrawati mohi, Rismunandar Katili, Riska Ahmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


