PENGARUH PEMBERIAN MEDIA BOOKLET GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN PADA REMAJA OVERWEIGHT DI SMP NEGERI 2 SAMARINDA

Authors

  • Yasmin Isrianur Program Studi Terapan Gizi dan Dietetika, Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Satriani Satriani Program Studi Terapan Gizi dan Dietetika, Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Emelia Tonapa Program Studi Terapan Gizi dan Dietetika, Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49995

Keywords:

Program Studi Terapan Gizi dan Dietetika, Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur

Abstract

Overweight atau kelebihan berat badan terjadi ketika asupan energi dari makanan melebihi energi yang digunakan untuk beraktivitas. Kondisi ini menjadi permasalahan gizi yang perlu ditangani sejak remaja agar tidak berlanjut hingga dewasa. Salah satu upaya pencegahan adalah melalui edukasi gizi untuk meningkatkan pengetahuan remaja mengenai gizi seimbang, aktivitas fisik, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian media booklet gizi seimbang terhadap pengetahuan remaja overweight di SMP Negeri 2 Samarinda. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan rancangan One Group Pre-Post Test. Sampel penelitian adalah 42 remaja overweight yang dipilih dengan teknik total sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji statistik Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, pengetahuan baik terkait aktivitas fisik sebesar 33,3% dan pengetahuan kurang 23,1%. Setelah pemberian booklet, pengetahuan baik meningkat menjadi 59,0% dan pengetahuan kurang turun menjadi 0%. Pengetahuan terkait PHBS juga mengalami peningkatan, dari 48,7% menjadi 59,0%, sedangkan pengetahuan kurang turun dari 33,3% menjadi 0%. Uji Wilcoxon menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pemberian booklet terhadap peningkatan pengetahuan (p = 0,000; p < 0,05). Simpulan penelitian ini adalah media booklet efektif meningkatkan pengetahuan remaja overweight mengenai gizi seimbang, aktivitas fisik, dan PHBS.

References

Amalia, T. P., Sulistyowati, E., & Mintarsih, S. N. (2023). Efektivitas Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media E-Booklet Gizi Seimbang terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Siswa Overweight di Batang. Jurnal Riset Gizi, 11(1), 13–17. https://doi.org/10.31983/jrg.v11i1.10779

Amelia, R., Suminah, & Budiastuti, V. (2023). Relationship between Nutritional Knowledge, Physical Activity, Carbohydrates Intake and Fat Intake on Nutritional Status of Overweight Adolescents In Banjarmasin. International Journal of Human and Health Sciences, 07(02), 144–147. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31344/ijhhs.v7i2.565

Assidhiq, M. R., Prihatin, S., & Susiloretni, K. A. (2022). Efektifitas Edukasi Gizi Dengan Media E-Booklet Pencegahan Obesitas Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Serta Penurunan Berat Badan Pada Remaja. Jurnal Riset Gizi, 10(2), 138–143. https://doi.org/10.31983/jrg.v10i2.10743

Asyia, A. D. N., Sinurat, G. D. N., Dianto, N. I. S. A., & Apsari, N. C. (2022). Pengaruh Peer-Group Terhadap Perkembangan Self-Esteem Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(3), 147–159.

Avichena, Amaliah, F., Amanah, T. R., Umarella, M. I. ., Hidayat, R., Syamsurizal, Yogica, R., & Rahmatika, H. (2024). The Effectiveness Of Coordination System E-Booklet On Student Learning Outcomes In Phase F At SMAN 13 Padang. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 1269–1281.

Cahyani, A. P., Virawati, D. I., & Satriani. (2024). Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Instagram. Jurnal Pazih Persagi Pangan DPD NTT, 13(2), 123–136.

Damayanti, A. Y. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan status gizi remaja di pondok pesantren. Darussalam Nutrition Journal, 4(2), 143. https://doi.org/10.21111/dnj.v4i2.4850

Fatin, F. (2023). The Effectiveness of Booklet Media in Increasing Knowledge of Balanced Nutrition and Food Diversity in the Prevention of CED in Adolescents at SMAN 1 Telukjambe, Karawang. Jurnal Gizi Kesehatan , 15(2), 213–218.

Hutagalung, P. M. A., & Manik, H. E. Y. (2024). Pengetahuan Masyarakat Tentang Terapi Emotional Freedom Tecnique Sebagai Upaya Mengatasi Trauma Pasca Bencana Alam Tanah Longsor (Nasrullah (ed.)). Selat Media.

Iriyani, K., Wisnuwardani, R. W., & Suryaningsi. (2024). Pelatihan “ Peer Educator ” dalam Upaya Penanganan Gizi Lebih Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 360–370. https://doi.org/https://doi.org/10.31960/caradde.v7i2.2718

Jayasinghe, S., & Hills, A. P. (2023). Strategies to Improve Physical Activity and Nutrition Behaviours in Children and Adolescents: A Review. Nutrients, 15(15). https://doi.org/10.3390/nu15153370

Juliatin, & Hasniar. (2024). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Obesitas pada Remaja. Student Research Journal, 2(6), 137–149. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/srj-yappi.v2i6.1633

Kamaruddin, I., Kustiyah, L., Riyadi, H., & Junus, R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Pada Remaja Overweight dan Obese. Amerta Nutrition, 7(2), 311–319. https://doi.org/10.20473/amnt.v7i2SP.2023.31

Kemenkes RI. (2018). Laporan Provinsi Kalimantan Timur Riskesdas 2018. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/lpb/article/view/3760

Kemenkes RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023. In Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan.

Khairina, I., Susmiati, S., Nelwati, N., & Rahman, D. (2022). Literasi Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Perilaku Kesehatan Remaja. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 7(1), 1–8. https://doi.org/10.33366/japi.v7i1.2949

Kolip, P., & Schmidt, B. (2020). Gender and Health in Adolescence. In WHO.

Lestari, S., Arum, ⁠, Utami, S., Lisma, ⁠, Sembiring, N. B., Endah, ⁠, Handayani, P., Lestari, T. F., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Corresponden, J. *. (2025). The Effect of Knowledge and Attitudes of Adolescents Using E-Booklet and Leaflet Media on HIV Transmission at SMA Alfatah YPKP Sentani. South Eastern European Journal of Public Health, XXVI, 793–800.

Milenyea, E., Sartika, R., & Sari, R. S. (2024). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang dengan Media Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Remaja Putri. Journal of Midwifery Medani, 11(1), 48–55.

Mustikawati, I. S., Puspitaloka, E., Abna, I. M., Asmirajanti, M., & Muniroh. (2021). Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Upaya Promosi Kesehatan Di Sekolah. Jurnal Abdimas, 7(3), 228–235.

Naulia, R. P., Hendrawati, H., & Saudi, L. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pemenuhan Nutrisi Balita Stunting. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(02), 95–101. https://doi.org/10.33221/jikm.v10i02.903

Nezondet, C., Gandrieau, J., Bourrelier, J., Nguyen, P., & Zunquin, G. (2023). The Effectiveness of a Physical Literacy-Based Intervention for Increasing Physical Activity Levels and Improving Health Indicators in Overweight and Obese Adolescents (CAPACITES 64). Children, 10(6), 1–19. https://doi.org/10.3390/children10060956

Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Martorell, G. (2020). Experience Human Development (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Phetla, M. C., & Skaal, L. (2024). Efficacy of a Brief Intervention to Improve the Levels of Nutrition and Physical Exercise Knowledge Among Primary School Learners in Tshwane, South Africa: A Quasi-Experimental Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 21(12), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph21121592

Pradigdo, S. F., Nugraheni, S. A., & Putri, R. N. (2023). Lifestyle As a Factor for Overweight in Adolescents. Amerta Nutrition, 7(2SP), 232–237. https://doi.org/10.20473/amnt.v7i2SP.2023.232-237

Primbs, R., Feldmann, L., Iglhaut, L., Allgaier, A. K., Schulte-Körne, G., & Greimel, E. (2023). Evaluation of an information booklet for adolescents on depression: evidence from a randomized controlled study. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s13034-023-00614-x

Purnomo, W., Susanto, T., & Afandi, A. T. (2024). Studi Literature Pola Makan dan Pola Aktivitas Fisik pada Remaja dengan Obesitas di Indonesia. Jurnal Sahabat Keperawatan, 6(01), 115–134. https://doi.org/10.32938/jsk.v6i01.6437

Putri, N. M. (2020). Pengembangan Booklet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP Di SMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 925–931.

Rahayuningsih, P., & Wahyu Hidayah, Cindy Nurhaliza Primar, N. (2022). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Rahmawati, T. D., & Inayah, Z. (2024). Hubungan Aktivitas Fisik, Jenis Kelamin, dan Umur Terhadap Obesitas Pada Pekerja di Perusahaan Pembangkit Listrik. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 19(4), 47–51. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi/index

Rochmah, A., & Nadhiroh, S. R. (2024). Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Remaja di SMP Negeri 25 Surabaya. Media Gizi Kesmas, 13(1), 234–240. https://doi.org/10.20473/mgk.v13i1.2024.234-240

Safitri, N. R. D., & Fitranti, D. Y. (2016). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Ceramah dan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight. Journal of Nutrition College, 5(4), 374–380.

Salsabila, A. A., Lala, H., & Suharno, B. (2022). Pengaruh Edukasi Kesehatan Phbs di Sekolah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), 8(2), 157. https://doi.org/10.31290/jiki.v8i2.3355

Sulistiawati, F., & Septiani, B. D. S. (2024). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Untuk Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 78–81. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v4i1.522

Viola, M. (2021). Pengaruh Promosi Kesehatan Metode Diskusi dengan Media BOOKLET terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Obesitas Pada Remaja di SMA 7 Kota Bengkulu. Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

WHO. (2025). Obesity and Overweight. WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight

Yanti, R., Nova, M., & Rahmi, A. (2021). Asupan Energi, Asupan Lemak, Aktivitas Fisik Dan Pengetahuan, Berhubungan dengan Gizi Lebih pada Remaja SMA. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 8(1), 45–53. https://doi.org/10.33653/jkp.v8i1.592

Yunika, R. P., Al Fariqi, M. Z., Cahyadi, I., Yunita, L., & Rahmiati, B. F. (2022). Pengaruh Edukasi PHBS Terhadap Tingkat Pengetahuan pada Yayasan Jage Kestare. Karya Kesehatan Siwalima, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.54639/kks.v1i1.735

Zahtira, R. I., & Sofianita, N. I. (2023). The The Effect of Nutrition Education Using Videos and E-booklets on Increasing Knowledge of Balanced Nutrition in High School Students in Jakarta. Journal of Global Nutrition, 2(2), 176–183. https://doi.org/10.53823/jgn.v2i2.42

Downloads

Published

2025-09-30