PENGARUH PENGGUNAAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK TERHADAP EFEKTIFITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM(RSUD) WELAS ASIH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49821Keywords:
Efektivitas, rawat jalan, rekam medis elektronik, rumah sakit, sistem informasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya efektivitas pelayanan rawat jalan di rumah sakit, yang salah satunya dapat ditingkatkan melalui penerapan Rekam Medis Elektronik (RME). Perubahan dari sistem manual ke digital diyakini mampu memperbaiki efisiensi waktu, mengurangi beban administrasi, dan meningkatkan ketepatan pencatatan data medis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan RME terhadap efektivitas pelayanan rawat jalan di RSUD Welas Asih Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Subjek penelitian adalah Kepala CI pada bagian pendaftaran Unit Rawat Jalan yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung, dengan fokus pada variabel efisiensi waktu pelayanan, pengurangan antrian, peningkatan ketepatan pencatatan, dan integrasi lintas unit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan RME mampu mempercepat waktu pelayanan dari rata-rata dua–lima menit menjadi satu–dua menit, mengurangi jumlah antrian poli dari lima jalur menjadi dua jalur, serta menerapkan konsep tanpa kertas (paperless). Pencatatan data pasien menjadi lebih cepat, akurat, dan minim kesalahan input. Integrasi RME dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) juga memudahkan koordinasi antarunit, sehingga alur pelayanan lebih terstruktur. Meskipun demikian, tantangan seperti gangguan koneksi jaringan dan masalah server masih ditemui, namun dapat diminimalisasi melalui penggunaan server ganda, aplikasi alternatif, dan dukungan teknis yang responsif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa RME memberikan dampak positif signifikan terhadap efektivitas pelayanan rawat jalan, meskipun masih diperlukan peningkatan pada aspek infrastruktur dan keandalan sistem.References
Asih, H. A., & Indrayadi. (2023). Perkembangan Rekam Medis Elektronik di Indonesia: Literature Review Research On Electronic Medical Records in Indonesia: Literature Review Hastin Atas Asih, Indrayadi. Jurnalpromotif Preventif, 6(1), 182–198. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/JPP
Budo, A., Tulusan, F., & Tampi, G. B. (2020). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(94), 1–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jap/article/download/29820/28875
Cahyani, M., Syafanny, L., Kamil, S., Mukharama, K., & Sutha, D. (2024). 8+Mustika+Artiekl+Jmiki+Vol+12+No+2. Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 12, 155–159. https://doi.org/10.33560/jmiki.v12i2.648
Cahyani Yunisa, E. G. (2024). 1 , 2 1,2. Open Journal Systems 2873, 18(1978), 2873–2880.
Hariyoko, Y., Jehaut, Y. D., & Susiantoro, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Oleh Puskesmas Di Kabupaten Manggarai. Jurnal Good Governance, 17(2), 169–178. https://doi.org/10.32834/gg.v17i2.346
Ikawati, F. R. (2024). Efektivitas Penggunaan Rekam Medis Elektronik Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien di Rumah Sakit. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(3), 282–292. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i3.819
Irawan, D., & Gunawan, E. (2024). Evaluasi Implementasi Rekam Medis Elektronik Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Cililin Tahun 2024. Prepotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 3919–3923. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.32233
Khoirunnisa, S., & Ramadhika, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Bina Sehat. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(2), 727–735. https://doi.org/10.37481/jmeb.v4i2.796
Nurfitria, Bunga Rahmadani, N. W., & Rania, F. (2024). Implementasi Rekam Medis Elektronik di Institusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Insan Cendekia, 11(1), 80–91.
Permenkes No. 24. (2022). Permenkes Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. 18(5), 487. https://doi.org/10.1097/00006231-199705000-00098
Reza Ramadhoni Indarto, Augustin Rina Herawati, R. H. (2025). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Ngesrep Kota Semarang. 1–23.
Salsabila, D. (2022). Pengaruh Penggunaan Rekam Medis Elektronik Terhadap Efektivitas Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung. Jurnal JMeRS, 1(1), 1–5.
Siregar, R. A. (2024). 182-Article Text-970-1-10-20240219. Jurnal Ilmu Hukum Kyadiren, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.46924/jihk.v5i2.182
Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122
Susaldi, Muhammad Asikin, A. S. (2018). Efektivitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Kabupaten Polman Sulawesi Barat. Jik, 17.
Yuana Wangsa Putri, Tini Rezeki Saragih, & Sri Hajijah Purba. (2024). Implementasi dan Dampak Penggunaan Sistem Rekam Medis Elektronik (RME) pada Pelayanan Kesehatan. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(4), 255–264. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v3i4.3449
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 teguh iman wibowo, Ayu Hendrati Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


