GAMBARAN PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK TERHADAP EFEKTIVITAS WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA GORONTALO

Authors

  • Nurfadila Djailolo Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Bakti Nusantara Gorontalo
  • Moh. Ichsan A. Antu Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Bakti Nusantara Gorontalo
  • Rismunandar Katili Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Bakti Nusantara Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49683

Keywords:

rekam medis elektronik, waktu tunggu, pelayanan rawat jalan, mutu pelayanan

Abstract

Rekam Medis Elektronik (RME) merupakan inovasi digital dalam pelayanan kesehatan yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan, khususnya dalam menekan waktu tunggu pasien. Rumah Sakit Bhayangkara Gorontalo mulai menerapkan RME sejak Maret 2023 untuk mempercepat proses pendaftaran pasien rawat jalan. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan kendala dari aspek struktur, proses, dan hasil pelayanan. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan RME terhadap efektivitas waktu tunggu pasien rawat jalan di Rumah Sakit Bhayangkara Gorontalo. Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi, dengan informan terdiri atas petugas pendaftaran, kepala instalasi rekam medis, duta Mobile JKN, dan pasien rawat jalan. Analisis data dilakukan secara tematik berdasarkan kerangka Donabedian (struktur, proses, hasil). Hasil Penelitian menunjukan bahwa  Penerapan RME memberikan perubahan positif dalam mempercepat proses pendaftaran dan memudahkan akses data pasien, sehingga waktu tunggu berkurang dibandingkan sistem manual. Namun, kendala masih dijumpai pada keterbatasan sarana komputer, gangguan jaringan internet, serta error sistem yang menyebabkan keterlambatan pelayanan. Tingkat kepuasan pasien menunjukkan perbaikan meski belum optimal. Kesimpulannya penerapan RME di Rumah Sakit Bhayangkara Gorontalo mampu meningkatkan efektivitas waktu tunggu pasien rawat jalan, meskipun diperlukan peningkatan infrastruktur, pelatihan SDM, dan penguatan sistem agar manfaatnya lebih maksimal.

References

Adiba, F. dan Oktoriani, E. N. (2024). Konsep Dasar Rekam Medis. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup

Afqary, M., Kuntarto, C. V., & Juita, R. (2023). ANALISA WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT JADI DAN OBAT RACIKAN DI DEPO FARMASI AFIAT RUMAH SAKIT PMI BOGOR. Jurnal Farmamedika (Pharmamedika Journal), 8(2), 220-224.

Agung, Leo Pratama, and Dety Mulyanti. “Penerapan Budaya Kaizen (5R) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit.” Jurnal Medika Nusantara 1, no. 1 (2023): 29–34. https://jurnal.stikeskesdam4dip.ac.id/index.php/Medika/article/view/291.

Amallia, A. (2024). Digitalisasi Kesehatan Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan. Medical Journal of Nusantara, 3(3), 151-158.

Amran, Rika, Anisah Apriyani, and Nadia Purnama Dewi. “Peran Penting Kelengkapan Rekam Medik Di Rumah Sakit.” Baiturrahmah Medical Journal 1, no. September 2021 (2022): 69–76.

Anjani, S., Abiyasa, M.T., 2023. Disrupsi Digital dan Masa Depan Rekam Medis: Kajian Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis Elektronik, 1st ed. Selat Media, Semarang

Asiam, N. N., & Gunawan, E. (2024). IMPLEMENTASI PENDAFTARAN MOBILE JKN SEBAGAI TRANSFORMASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK DI RSUD KESEHATAN KERJA JAWA BARAT. PREPOTIF: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 7970-7977

Ayu, R. J. I. D., & Lazuardi, L. (2023). Evaluasi implementasi dan tingkat digital maturity rekam medis elektronik di RSUD Kota Mataram. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 26(3).

Chamberlain, R.L., 2017. Planning Quality Project Management of (EMR/EHR) Software Products, 1st ed, HIMSS Book Series. Productivity Press (Taylor & Francis Group), New York, NY.

Cresswell, K., Jahn, F., Silsand, L., Woods, L., Postema, T., Logan, M., ... & Ammenwerth, E. (2025). Assessing Digital Maturity of Hospitals: Viewpoint Comparing National Approaches in Five Countries. Journal of medical Internet research, 27, e57858.

Esty, R., Efendi, I., & Afriani, M. (2023). Kualitas Pelayanan Kesehatan Memengaruhi Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Selasih Kab. Pelalawan Riau. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 9(1), 675-685.

Farid, Z. M., Fernando, N. R., & Sonia, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Rekam Medis Elektronik Terhadap Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Klinik Darul Arqam Garut. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(9), 1247-1254.

Fitri Ayu Rachmawati, Guardian Yoki Sanjaya, and Firman. “Pengaruh Implementasi Rekam Medis Elektronik Terhadap Waktu Tunggu Rawat Jalan Reguler Di Rs Hermina Solo.” Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management) 26, no. 2 (2023): 38–43. https://doi.org/10.22146/jmpk.v26i2.8645.

Fitriyani, D., Wolor, C. W., & Marsofiyati, M. (2023). Analisis Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Koja. Masip: Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis dan Publik Terapan, 1(4), 107-118.

Ginting, A., Simbolon, P., & Sihombing, V. E. (2023). Hubungan Waktu Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Jurnal Promotif Preventif, 6(4), 593-599.

Gusni, M., & Yunengsih, Y. (2024). Analisis Penerapan Rekam Medis Elektronik terhadap Efisiensi dan Kualitas Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit X. Media Bina Ilmiah, 18(12), 3089-3100.

Huvaid, S. U., Adhyka, N., & Antika, E. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan di Instalasi Farmasi Pada Pasien Rawat Jalan Di Rsi Siti Rahmah. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 19(2), 165-172.

Khazizah, N., & Hardiana, H. (2024). ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN IMPLEMENTASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN MATURITY INDEX DI RSUD KUALA PEMBUANG TAHUN 2023/2024. PREPOTIF: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 7576-7591.

Khoirunnisa, S., & Ramadhika, A. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit umum bina sehat. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(2), 727-735.

Kholili, U. (2011). Pengenalan ilmu rekam medis pada masyarakat serta kewajiban tenaga kesehatan di rumah sakit. Jurnal kesehatan komunitas (Journal of community health), 1(2), 60-72.

Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan di rawat jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102-112.

Munggarn, R. S., & Yunengsih, Y. (2024). EFEKTIVITAS REKAM MEDIS ELEKTRONIK DALAM PERCEPATAN PELAYANAN RAWAT JALAN RS X KARAWANG. Jurnal Kesehatan Afinitas, 6(6).

Paramarta, Vip. “METODE SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW PENGARUH REKAM MEDIS ELEKTRONIK TERHADAP MUTU PELAYANAN PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN.” METODE SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW PENGARUH REKAM MEDIS ELEKTRONIK TERHADAP MUTU PELAYANAN PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN 5, no. September (2024): 7130–37.

Permenkes No. 24. “Peraturan Menteri Kesehatan RI No 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis.” Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 151, no. 2 (2022): 1–19.

Perwirani, R., anang Setiadi, G., & Hidayat, T. (2024). Dampak Penerapan Rme Terhadap Waktu Layanan: Studi Kuantitatif Dan Kualitatif Di Rsup Surakarta. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 14(1), 29-34.

Prahmawati, P., Rahmawati, A., & Kholina, K. (2021). Hubungan Response Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Jurnal Wacana Kesehatan, 6(2), 69-79.

Purnawan, T., Zaman, C., & Ekawati, D. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kesehatan Di RSUD Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim Tahun 2023. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP), 7(1), 8-25.

Purwanti, I., Syarifah, N. Y., & Hidayat, N. (2024). HUBUNGAN PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK DENGAN WAKTU TUNGGU PASIEN DI POLIKLINIK SUB SPESIALIS GLAUKOMA RUMAH SAKIT MATA “DR. YAP” YOGYAKARTA.

Purwanti, Ika, Nur Yetty Syarifah, and Nur Hidayat. “Hubungan Penerapan Rekam Medis Elektronik Dengan Waktu Tunggu Pasien Di Poliklinik Sub Spesialis Glaukoma Rumah Sakit Mata ‘Dr. Yap’ Yogyakarta.” Jurnal Kesehatan 11, no. 2 (2024): 80–89

Rahmaningtyas, R. I., & Supriyanto, S. (2019). Pengaruh Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Di Poliklinik Hamil Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Haji Surabaya the Effect Of Service Quality On Patients’ satisfaction In The Maternity Polyclinic Of Outpatient Installation Of Surabaya Haji Public Hospital. Indonesian Journal of Publich Health, 14(3), 80-98.

Rahmawati, E. F., & Pudjirahardjo, W. J. ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN TEORI DONABEDIAN DI INSTALASI LABORATORIUM ANALYZE PATIENT SATISFACTION TO THE SERVICE QUALITY BY DONABEDIAN THEORY IN THE LABORATORY INSTALLATION.

RI, D. P. R. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan. Undang-Undang, 187315, 1-300.

Santoso, F. S., Ramadhani, P. A., Amnamuchlisah, D., & Purba, S. H. (2025). Transformasi Digital Dalam Sektor Kesehatan Kajian Literatur Untuk Mendukung Inovasi dan Efisiensi Layanan Kesehatan. Cindoku: Jurnal Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, 2(1), 1-12.

Sari, D., Hirdanti, D., Nasution, N. S., & Gurning, F. P. (2024). Syistematic literatur riview: analisis manfaat digital mobile JKN DALAM pembiayaan kesehatan. ZAHRA: Journal Of Health And Medical Research, 4(1), 1-9.

Serianti, P., Herawati, H., Andika, F., & Hidayat, T. (2024). IMPLEMENTASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK DENGAN METODE HEALTH TECHNOLOGY ASSESSMENT DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK. JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE, 10(2), 117-124.

Setiyawati, F. F., Kurnianto, A., & Putriyanti, C. E. (2024). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan, 13(1), 144-153.

Simbolon, J., & Sipayung, S. D. (2022). Analisis Kualitas Pengelolaan Mutu Pelayanan Pendaftaran Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4), 591-599.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edited by Alfabeta. Bandung: Alfabeta.

Sumayku, I. M., Pandelaki, K., Kandou, G. D., Wahongan, P. G., & Nelwan, J. E. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tunggu Pelayanan di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Sentra Medika Kabupaten Minahasa Utara. e-CliniC, 11(1), 1-10.

Surahmawati. “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Barru (Kasus Pelayanan Rawat Jalan Pasien Pengguna Asuransi Kesehatan ).” Al-Sihah : Public Health Science Journal 7, no. Januari-Juli (2015): 26–40.

Ulhaq, M. Z., Rokhmatun, P. N., Zamani, A., & Atmojo, J. T. (2022). Hospital Administration as Factors Associated with Patient Satisfaction: A Meta-Analysis. Journal of Health Policy and Management, 7(03), 227-334.

Winarso, F. A., Paselle, E., & Rande, S. (2020). Kualitas pelayanan kesehatan pada unit rawat inap Rumah Sakit TK. IV Kota Samarinda. E-journal Administrasi Negara, 8(1), 8943-8952.

Wijayanta, S., Alvionita, C.V., Yuniar, D., Jenrivo, F., Hidayat, A.D., 2024. Electronic Health Records, 1st ed. Media Sains Indonesia, Bandung, Indonesia.

Wulanadary, A., Sudarman, S., & Ikhsan, I. (2019). Inovasi BPJS Kesehatan dalam pemberian layanan kepada masyarakat: Aplikasi Mobile JKN. Jurnal Public Policy, 5(2), 98-107.

Yang, X., Chen, A., PourNejatian, N., Shin, H. C., Smith, K. E., Parisien, C., ... & Wu, Y. (2022). A large language model for electronic health records. npj Digital Medicine, 5 (1), 1–9. URL http://dx. doi. org/10.1038/s41746-022-00742-2.

Yunisca, F, E Chalimah, and L O A Sitanggang. “Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Terhadap Hasil Pemantauan Kesehatan Pekerja Radiasi Di Kawasan Nuklir Serpong.” Reaktor: Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir 19, no. 2 (2022): 34–41.

Zein, E. R., & Mujizah, A. (2024). Tinjauan Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di RS DKT Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 9(1), 80-89.

Downloads

Published

2025-09-16