PENGARUH DIABETES EDUCATION (DIA-EDU) TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELITUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49655Keywords:
diabetes education, Diabetes Melitus, Kualitas hidupAbstract
Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit metabolik kronis yang ditandaidengan hiperglikemia dan dapat menimbulkan komplikasi serius apabilatidak dikelola dengan baik. Penyakit ini tidak hanya berdampak pada kondisi fisik, tetapi juga memengaruhi kualitas hidup pasien secarakeseluruhan. Upaya edukasi kesehatan sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman, kepatuhan, serta kemampuan manajemen diri pasien. Salah satu inovasi edukasi adalah penggunaan aplikasi Diabetes Education (DIA-EDU) berbasis Android yang menyediakan fitur edukasi, monitoring, pengingat, dan konsultasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh aplikasi DIA-EDU terhadap kualitas hidup pasien DM. Desain penelitian menggunakan pra-eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Manyaran, Kota Semarang pada Juni 2025 dengan jumlah responden 30 orang yang diambil melalui teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa kuesionerDiabetes Quality of Life (DQoL). Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor kualitas hidup pasien setelah diberikan intervensi aplikasi DIA-EDU. Uji statistik menghasilkan nilai p=0,000 yang menandakan terdapat pengaruh signifikan penggunaan aplikasi DIA-EDU terhadap kualitas hidup pasien DM. Temuan ini mengindikasikan bahwa intervensi edukasi berbasis teknologi dapat menjadi strategi nonfarmakologis yang efektif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien DM. Oleh karena itu, penggunaan DIA-EDU direkomendasikan sebagai bagian dari program pelayanan kesehatan komunitas berbasis teknologi digital.References
Arini, D., Putri, S. R., & Mahardika, A. (2022). Faktor risiko kejadian diabetes melitus tipe 2 pada usia dewasa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 18(2), 145–154. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kemas.v18i2.34567
Chen, L., Zhou, L., & Xu, J. (2021). The effectiveness of digital health education interventions on diabetes management: A systematic review and meta-analysis. Journal of Medical Internet Research, 23(6), e25714. https://doi.org/10.2196/25714
Fajri, D., Prasetyo, H., & Lestari, W. (2024). Mobile application-based education and its effect on quality of life among type 2 diabetes patients. Indonesian Journal of Nursing and Midwifery, 32(1), 22–31.
Faridah, N., Sulistyowati, R., & Pranata, Y. (2020). Pengaruh Model Aplikasi Control Diabetes Mellitus Type 2 (CDMT2) terhadap Kualitas Hidup Pasien DM Tipe 2. Jurnal Keperawatan Indonesia, 23(1), 45–53.
Juhaeni, T., & Ghozali, M. (2023). Pengaruh Intervensi Edukasi Berbasis Aplikasi Ponsel Pintar terhadap Tingkat Kualitas Hidup Penderita DM Tipe 2. Jurnal Keperawatan Digital, 5(3), 67–75.
Kaluku, K. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pasien Diabetes Mellitus Tipe II. Global Health Science, 5(3), 121–130.
Kemenkes, R. (2021). Laporan situasi diabetes melitus di Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://pusdatin.kemkes.go.id
Liu, Y., Wang, X., & Zhang, H. (2022). Mobile health application improves medication adherence in patients with type 2 diabetes: A randomized controlled trial. Diabetes Therapy, 13(5), 1243–1256. https://doi.org/10.1007/s13300-022-01162-0
Lukman, L., Aguscik, A., & Agustin, V. A. (2023). Penerapan Manajemen Nutrisi Pada Asuhan Keperawatan Diabetes Melitus Tipe Ii Dengan Masalah Keperawatan Defisit Nutrisi. Jurnal’aisyiyah Medika, 8(1).
Mayberry, L. S., & Osborn, C. Y. (2012). Family support, medication adherence, and glycemic control among adults with type 2 diabetes. Diabetes Care, 35(6), 1239–1245. https://doi.org/10.2337/dc11-2103
Moreen Toar, J., Giovannie, V., Rooroh, X., & Pontoh, F. J. (2024). e-DSMES dalam Meningkatkan Manajemen Perawatan Diri Penderita Diabetes Melitus di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 12(2), 227–236.
Novitasari, D., Anggraini, L., & Utami, R. (2020). Literasi kesehatan pasien diabetes melitus dan pemanfaatan media edukasi digital. Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(1), 55–63. https://doi.org/10.33490/jik.v8i1.2020
Nurfalah, Z. A., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Media Video Edukasi dan Website terhadap Pengetahuan Masyarakat Dewasa mengenai Diabetes Mellitus. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 6(2), 177–182. https://doi.org/10.52643/jukmas.v6i2.2142
Pal, K., Eastwood, S. V., Michie, S., Farmer, A., Barnard, M. L., Peacock, R., Wood, B., Edwards, P., & Murray, E. (2020). Computer-based diabetes self-management interventions for adults with type 2 diabetes mellitus. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2020(3), CD008776. https://doi.org/10.1002/14651858.CD008776.pub3
Rizki, K., Putra, Y., & Mahira, U. (2024). Efektivitas Edukasi Berbasis Media Sosial & Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Self Care Activity Pasien Diabetes Tipe 2. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 7(2), 375–381. https://doi.org/10.52774/jkfn.v7i2.299
Rosliana, D., Nuraini, T., & Fatimah, S. (2023). Family support and quality of life among patients with type 2 diabetes mellitus. BMC Nursing, 22(1), 145. https://doi.org/10.1186/s12912-023-01234-y
Setiawan, E., Dewi, R., & Pratama, A. (2022). Mobile health education improves family involvement in chronic disease management. Global Health Action, 15(1), 2098765. https://doi.org/10.1080/16549716.2022.2098765
Soegiantoro, D. H., Lase, A. P., Damayanti, S., Pretika, E. T., Josefhin, Zebua, H. I. F., Wibowo, N. A., & Angeline, D. (2024). Pencegahan Prevalensi Diabetes Melalui Edukasi Dan Pemeriksaan Gula Darah Di Sleman Yogyakarta. Jurnal Pengabdian KBP, 02(02), 151–164.
WHO. (2023). Diabetes fact sheet. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/diabetes
Yulita, N., Rahmawati, R., & Sari, D. P. (2019). Diabetes Education Berbasis Teknologi terhadap Manajemen Diri dan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fabian Citra Anjelika, Dwi Yogo Budi Prabowo, Felicia Risca Ryandini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


