EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENCEGAHAN DIARE PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN SIMPANG TIGA

Authors

  • Lovelya Anjarani Jurusan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Joko Sapto Pramono Jurusan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Sri Hazanah Jurusan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Kaltim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49341

Keywords:

Diarrhea, Knowledge, Attitude, Flashcard, Buzz Group'

Abstract

Diare masih menjadi penyebab utama kematian anak, dengan 525.000 kasus per tahun dan di Indonesia mencapai 8% seluruh kelompok usia. Di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Simpang Tiga, siswa menunjukkan pengetahuan dan sikap rendah terkait pencegahan diare, serta belum mendapatkan edukasi berbasis media flashcard. Media flashcard sebagai media pembelajaran aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media flashcard dengan metode buzz group terhadap pengetahuan dan sikap siswa tentang pencegahan diare. Peneltian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, One Group (Pre-test and Post-test Design). Sampel penelitian berjumlah 58 siswa kelas V dengan menggunakan teknik simple stratified sampling. Intervensi edukasi dilakukan selama 3 hari berdasarkan teori kurva lupa dan data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata pengetahuan sebelum intervensi sebesar 67,16, meningkat menjadi 87,76 setelah intervensi. Sedangkan skor sikap sebelum intervensi sebesar 77,00, meningkat menjadi 86,02 setelah intervensi. Hasil uji Wilcoxon pada variabel pengetahuan dan sikap menunjukkan nilai ρ-value 0.000 < α 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi. Penggunaan media flashcard dengan metode buzz group terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa tentang pencegahan diare di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Simpang Tiga. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pelaksanaan edukasi kesehatan di sekolah dengan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan sehingga mampu meningkatkan kesadaran hidup sehat pada anak.

References

Aditya Dwi Rahmadhani, Wandi, Saputra Dwi Yoga D, Djuwadi, G., & Kholidah, D. (2022). Pengaruh Media Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 8(1), 82–89. https://doi.org/https://doi.org/10.31290/jiki.v8i1.3230

Afghani, A., Ennimay, & Wisanti, E. (2022). Efektivitas Edukasi Permainan Ular Tangga terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Tindakan Memakai Masker dan Mencuci Tangan pada Anak selama Pandemi Covid-19. Journal of Bionursing 191 Journal of Bionursing 2022, 4(3), 191–199. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20884/1.bion.2022.4.3.152

Aiman, U., Meilani, D., & Uslan. (2023). Effectiveness of Flash Card Media-Oriented Group Investigation Learning Models on Learning Outcomes of Elementary Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8295–8300. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5111

Aulia, H., Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, Syaharuddin, Abdillah, & Zaenudin. (2023). Seminar Nasional Paedagoria Efektifitas Metode Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 3.

Budi Salistia Y, & Dehvi Pungky Retno Nur D. (2021). Implementasi Metode Drill Menggunakan Flashcard Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pada Anak Tunarungu. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 1220–1227. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2344

Chifdillah, N. A., & Rahayu Putri, E. (2022). Pengembangan Monopoli Edukatif Sebagai Media KIE Pencegahan Perilaku Merokok Pada Kelompok Anak. Jurnal PPPKMI, 01(1), 44–52. https://doi.org/https://doi.org/10.70041/hpcej.v1i1.6

Diapharina, N. A., Hermawan Arief Sefa N., & Aziza, N. (2023). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dalam Upaya Pencegahan Diare Pada Siswa SDN 02 Lambu Kibang Tahun 2023. Jurnal Keehatan Tambusai, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.19974

Febiyani Annisha, Wirakhmi Netra I., & Surtiningsih S. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Diare Pada Anak di SD Negeri 1 Sokaraja Tengah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, Vol.2, No.1, 45–55. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/protein.v2i1.46

Hafni, I. (2023). The Influence Of Game Media On Children’s Knowledge And Attitudes In Diarrhea Prevention At Sdn Kembang Tanjong Sub-District. Journal Of Social Research, 2(6). https://doi.org/https://doi.org/10.55324/josr.v2i6.960

Haiya Nu’im Nutrisia, & Ardian, I. (2023). Efektivitas Media Audio Visual dan Ular Tangga Cuci Tangan Terhadap Pengetahuan Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesehatan Komunitas, 9(2), 231–239. https://doi.org/10.25311/keskom.vol9.iss2.1398

Kesehatan Padang]. http://repositoryperpustakaanpoltekkespadang.site/id/eprint/986/1/SKRIPSI%20BAYU%20FASHA%20-%20196110736.pdf

Kemenkes RI. (2022). Kementerian Kesehatan Republik Indonesi.

Kemenkes RI. (2023a). Kementrian Kesehatan RI. Https://Ayosehat.Kemkes.Go.Id/Topik-Penyakit/Penyakit-Pencernaan/Diare#:~:Text=terganggu%20selama%20diare.-,Pencegahan,Anda%20mendapatkan%20vaksinasi%20yang%20diperlukan. https://ayosehat.kemkes.go.id

Kemenkes RI. (2023b). Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Pneumonia dan Diare.

Kumarayanti Dessy K. N, Asmara Yasa G, & artastra K. (2020). Efektivitas Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Terhadap Upaya Pencegahan Diare Di Kota Mataram. Jurnal Kedokteran, 9(2), 83–89. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jk.v9i2.4358

Kustanti Cecilya, & Widyarani Linda. (2021). Efektifitas Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Tunagrahita. NersMid Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 4, 81–91.

Lestari, I., Krisnanto, P. D., & Fitriana, L. B. (2020). The Difference Of Health Education Through Demonstration And Singing Video Methods On Hand-Washing Soap Skill In Preschool Children. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 7(2), 72–76. https://doi.org/https://doi.org/10.35842/jkry.v7i2.556

Lestari Dwi R, Wandi, & Asiyah S. (2022). Pengaruh Edukasi Menggunakan Hand’s Card Game Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan 6 Langkah Cuci Tangan Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan, 9(2). https://doi.org/DOI:http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v9i2

Milenia, E. P., & Herdhianta, D. (2022). Pengaruh Pemberian Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.34011/jks.v3i1.1039

Mufida, L., Yunitasari, E., & Ulfiana, E. (2021). Health Education of Clean and Healthy Lifestyle using Card Telling Methods towards Diarrhea Prevention Among Children in Elementary School. Pediomaternal Nursing Journal, 7(1), 8. https://doi.org/10.20473/pmnj.v7i1.21184

Nababan, S., Ayupir, A., & Bota Souisa, M. (2022). Efektifitas Buzz Group Dan Pendekatan Individual Dalam Upaya Pencegahan Pneumonia Pada Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 10(4). https://doi.org/10.14710/jkm.v10i4.32635

Nissa, R., Fatimah, S., Sumarno, A., & Noviyanti. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Penyakit Diare Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Lubang Buaya 03 Jakarta. Afiat, 10(2), 43–62. https://doi.org/10.34005/afiat.v10i2.4320

Nurfaizal Rahmadi M. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Vidio Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Mencegah Penyakit Diare Di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Ilmiah Multidisipliner, 8.

Putri, A., Mahirawatie, I. C., & Larasati, R. (2023). Efektivitas Media Flash Card Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Kebersihan Gigi Dan Mulut. E-Indonesian Journal of Health and Medical, 3(4), 113–123. http://ijohm.rcipublisher.org/index.php/ijohm

Putri Nurhani F., W., Palin, Y., & Chifdillah, N. A. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media PuzzleTerhadap PengetahuanTentang Karies Pada Siswa SDN 002 Samarinda. Jurnal Ayurveda Medistra, 6(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.51690/medistra-jurnal123.v6i1.114

Rahayu, A., Sapto Pramono, J., & Palin, Y. (2024). Perbandingan Keefektifan Media Dire Game (Diarrhea Prevention Game) Dengan Media Powerpoint Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pencegahan Diare Pada Siswa SD Negeri 006 Loa Janan Ilir Tahun 2024. Zahra: Journal Of Health And Medical Research, 4, 623–645.

Ratri, N. P., Masitoh, S., & Batlajeri, J. (2024). Efektivitas Metode Game Based Learning Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa kelas V Dalam Pencegahan Penyakit Diare Di SDN Malaka Jaya 08 & SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur Tahun 2024. Jurnal Promosi Kesehatan Mandiri, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33761/jpkm.v3i2.1756

Risky, S., Jayadipraja, E. A., Hadju, L., & Lisnawati. (2022). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Buzz Group Discussion di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5782–5789. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3037

Romlah, S. N., Ratih Puspita, R., & Ratnasari, D. (2020). Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Mempengaruhi Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pencegahan Penyakit Diare. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 2(1), 118. https://doi.org/http://www.doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss3.870

Saputri Nada A., & Prasetyarini A. (2024). Teaching Vocabulary Using Flashcards In Efl Classroom In Indonesia And Malaysia. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.24239/pdg.vol13.iss1.487

Sari Aprilia Della, Hajron Hisnan Kun, & Mardiana, T. (2024). Pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berbantuan media kartu pernafasan pencernaan dan pertumbuhan (KP-ING 3) terhadap keaktifan siswa kelas V SDN Nguwet. Borobudur Educational Review, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.31603/bedr.11656

Sidabukke Nadyana Putri F, Chifdillah, N. A., & Palin, Y. (2024). Flashcard Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Tentang Cuci Tangan Sabun Pada Anak-Anak Di Samarinda. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jiik.v3i1.38935

Sinum, M. B. A. (2021). Hubungan Program Open Defecation Free (ODF) Oleh Pemerintah Dengan Kejadian Diare. Jurnal Medika Hutama, 2(3), 928–933. http://jurnalmedikahutama.com

Susanti, N., Lismareni, N., Erviana, R., & Pagaralam, S. M. (2022). Penerapan Metode Buzz Group Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi di SMP Negeri 6 Pagaralam. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 60–66. https://doi.org/https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.205

WHO. (2024). Diarrhoeal disease. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/diarrhoeal-disease

World Health Organization. (2019). Diarrhoea. https://www.who.int/health-topics/diarrhoea#tab=tab_1

Yanti, L., Mahchmud, R., & Fajriah, L. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Buzz Group Terhadap Perilaku Ibu Tentang Pencegahan Pneumonia Pada Balita. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 9(1), 1. https://doi.org/10.20527/dk.v9i1.8759

Downloads

Published

2025-09-17