KARAKTERISTIK DEMOGRAFI DAN KINERJA KARYAWAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT X

Authors

  • Rilya Tesalonika Gambeh Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Adi Husada, Surabaya
  • Rukmini Rukmini Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Adi Husada, Surabaya
  • Afif Kurniawan Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Adi Husada, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49331

Keywords:

instalasi farmasi, karakteristik demografi, kinerja karyawan, mutu pelayanan

Abstract

Instalasi farmasi sebagai bagian penting dari rumah sakit memiliki peran besar dalam memastikan ketersediaan obat serta mendukung mutu pelayanan sehingga dapat menciptakan pelayanan yang optimal. Namun, saat ini masih terdapat kendala dalam pelaksanaan yang belum sepenuhnya memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terutama terkait dengan waktu tunggu pelayanan resep obat yang masih belum memenuhi standar. Selain itu, tenaga kerja yang tersedia sebagian masih berlatar belakang pendidikan SMK (Farmasi) yang dalam beberapa aspek memerlukan peningkatan kompetensi untuk memenuhi standar pelayanan yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan instalasi farmasi di Rumah Sakit X dengan meninjau kualifikasi dan kinerja karyawan, serta waktu tunggu pelayanan resep obat, dengan mempertimbangkan kondisi tenaga kerja yang sebagian memiliki latar belakang pendidikan SMK (Farmasi). Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan instalasi farmasi di Rumah Sakit X, dengan jumlah total sebanyak 9 responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah karakteristik demografi, sedangkan variabel dependen adalah kinerja karyawan. Karakteristik demografi dan kinerja karyawan disajikan melalui analisis deskriptif. Data ini menggambarkan adanya variasi kinerja karyawan di antara berbagai kategori karakteristik demografi. Namun, penelitian ini tidak melakukan analisis statistik inferensial untuk menguji hubungan atau pengaruh antara variabel-variabel tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa karakteristik demografi tidak memiliki hubungan  dengan kinerja karyawan. Oleh karena itu, peningkatan kinerja karyawan di instalasi farmasi Rumah Sakit X perlu difokuskan juga pada aspek lain yaitu pelatihan berkelanjutan, motivasi kerja, serta manajemen pelayanan yang efektif guna mendukung mutu pelayanan dan kepuasan pasien.

References

Afiya, N., Permadi, Y. W., Rahmatullah, S., & Ningrum, W. A. (2022). Analisis Pengelolaan Manajemen Logistik Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Qim Batang Tahun 2021. Jurnal Ilmiah JOPHUS : Journal Of Pharmacy UMUS, 3(02), 138–145. https://doi.org/10.46772/jophus.v3i02.521

Ananda, W., Kristiana, A., Khojin, N., & Iskandar, K. (2023). Pengaruh Kerja Sama Tim dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Departemen Produksi Plant Assembly PT Bintang Indokarya Gemilang Kabupaten Brebes. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(3), 124–136.

Frisilia, N. V., & Whisnu, A. (2024). Perbandingan Waktu Tunggu Pelayanan Resep Di Poliklinik Anak Sebelum Dan Setelah Diterapkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Jurnal Kesehatan, 11(1), 137–144.

Kemenkes. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Kementrian kesehatan republik indonesia.

Kurniawati, R., & Kusumawardhani, O. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Petugas dalam Pelayanan Waktu Tunggu Pasien di Rumah Sakit. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas), 44, 125–136.

Nawangwulan, M. R. D., Ardiansyah, F., & ... (2025). Adversity Quotient dan Kinerja Karyawan Ditinjau dari Jenis Kelamin di Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong. J-CEKI: Jurnal …, 4(2), 1349–1360.

Prasetyo, R. A. (2024). Korelasi Antara Umur, Masa Kerja Dan Pendidikan Dengan Capaian Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Puskesmas Jambukulon). Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 1523–1529. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10421

Redho Syahwaldi Putra, Dori Mittra Candana, & Bayu Pratama Azka. (2024). Analisis Pengaruh Motivasi dan Lama Kerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Puskesmas Batipuh. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4), 145–154. https://doi.org/10.58192/profit.v3i4.2549

Salami, M. M., Kencana, P. N., Apriansyah, M., Irawati, L., & Pamulang, U. (2020). Pengembangan SDM Rumah Sakit Dalam Menghadapai Era Globalisasi Dan Persaingan Bebas. 1(3), 68–72.

Saputri, R. (2024). Pengaruh Kerjasama Tim, Komunikasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 3(1), 266–277. https://doi.org/10.21776/jki.2024.03.1.21

Sudarman, H. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Kantor Dinas Transmigrasi dan Dinas Tenaga Kerja Kota Palopo). Jenius, 5(3), 650–659.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI 1 (2023).

Utami, S. P., Adji Kusuma, K., Maya, H., Sari, K., & Sidoarjo, U. M. (2024). The Influence of Employee Engagement, Leadership and Welfare on the Performance of Employees at the Nala Husada Dental and Oral Educational Hospital (RSGMP) Surabaya Pengaruh Employee Engagement, Kepemimpinan dan Kesejahteraan terhadap Kinerja Karyawan Ru. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4803–4818.

Utomo, A. Y. S., Bagoes Widjanarko, & Zahroh Shaluhiyah. (2023). Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(9), 1708–1714.

Utomo, A. Y. S., Widjanarko, B., & Shaluhiyah, Z. (2023). Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(9), 1708–1714.

Weni, M. E., Obon, W., & Transilvanus, V. E. (2023). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sikka. Jurnal Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 81–91.

Downloads

Published

2025-09-30