PERAN BRAND AWARENESS DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH LAYANAN RAWAT INAP KANDUNGAN DAN KEBIDANAN DI RUMAH SAKIT ADI HUSADA KAPASARI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49221Keywords:
Brand Awareness, Keputusan Penggunaan Layanan, Rumah SakitAbstract
Persaingan antar rumah sakit semakin tinggi seiring bertambahnya fasilitas kesehatan di Indonesia, khususnya rumah sakit swasta. Salah satu strategi penting yang dapat mempengaruhi keputusan pasien adalah brand awareness. Dalam situasi ini, rumah sakit dituntut tidak hanya memberikan layanan bermutu, tetapi membangun kesadaran merek yang kuat agar dapat dikenal dan dipilih oleh masyarakat.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap keputusan penggunaan layanan rawat inap kandungan dan kebidanan di Rumah Sakit Adi Husada Kapasari Surabaya. Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel terdiri dari 50 responden rawat jalan klinik spesialis obgyn yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data dilakukan dengan uji regresi logistic. Penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh indikator brand awareness yaitu unware of brand, brand recognition, brand recall, dan top of mind berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan layanan rawat inap kandungan dan kebidanan di Rumah Sakit Adi Husada Kapasari (p-value=0,000). Hasil regresi logistic menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1 poin pada masing-masing indikator meningkatkan peluang sebesar 32,9%-38%. Brand Awareness memiliki peranan penting dalam mempengaruhi keputusan pasien untuk menggunakan layanan rawat inap kandungan dan kebidanan. Rumah sakit dengan tingkat pengenalan merek yang tinggi, mudah diingat dan menjadi pilihan utama dalam benak masyarakat cenderung lebih dipilih oleh pasien. Hasil ini menekankan pentingnya strategi pembangunan merek dalam pelayanan kesehatan, khusunya layanan yang menyentuh aspek emosional seoerti perawatan ibu dan bayi.References
Adani, H. (2024). Influence of brand awareness on new patient visits: A study at Bhayangkara Anton Soedjarwo Pontianak Hospital. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(4), 232.
Aprianti, K. (2022). Pengaruh harga , kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian Influence of price , product quality and location on the decision. Jurnal Manajemen, 14(2), 487–494.
Ernawaty. (2022). Brand Equity Analysis to Increase Health Care Utilization. Journal of Public Health Research, 9(2), 133–136.
Kemenenterian Kesehatan. (2023). Profil Kesehatan Indonesia 2023 (F. Sibuea (ed.)). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kristianawati, S. (2023). Strategi Pemasaran Digital Marketing Melalui Brand Awareness Dan Kepercayaan Dalam Mempengaruhi Keputusan Kunjungan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Indriati Boyolali. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 10(2), 301–314.
Sekar, E., Jayadipraja, N., Ode, W., & Nurzalmariah, S. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2019. Indonesian Journal Of Health and Medical, 1(2), 305–318.
Suciawan, C. C., & Melinda, T. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Niat Beli Konsumen Baticue. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7(4). https://doi.org/10.37715/jp.v7i4.2009
Syahrian, F. (2024). Brand Awareness dan Perceived Quality Mempengaruhi Loyalitas Pasien pada Rumah Sakit Khusus Mata Prima Vision Medan. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 2(1), 280–291. https://doi.org/10.55606/termometer.v2i1.2918
Wardhana. (2022). Brand Marketing: the Art of Branding. In Cv. Media Sains Indonesia (Issue January).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Herdiana, Hermanto Wijaya, Afif Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


