POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU TANTRUM PADA ANAK DI TK PUTRA I KEUTAPANG ACEH BESAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49202Keywords:
Pola Asuh, Perilaku, TantrumAbstract
Pola asuh orang tua dapat mempengaruhi perkembangan emosional dan perilaku anak, termasuk kecenderungan mereka untuk mengalami tantrum. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap perilaku tantrum pada anak di TK Putra I Keutapang Aceh Besar. Desain penelitian yang digunakan Deskriptif Korelatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi adalah murid TK Putra I Lambheu sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 97 murid TK. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 April sampai dengan 09 Mei tahun 2025 di TK Putra I Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pola asuh orang tua (P value =0,007 ; OR = 3,250), pola asuh otoriter (P value =0,023; OR = 2,715), pola asuh permisif (P value =0,018; OR = 2,803), pola asuh demokratis (P value =0,000; OR = 5,303) dengan perilaku tantrum pada anak di TK Putra I Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2025. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah jenis pola asuh demokratis lebih beresiko dalam mempengaruhi perilaku tantrum pada anak disebabkan ketika orang tua tidak memiliki komunikasi yang baik dengan anak, anak merasa diabaikan sehingga muncul perilaku tantrum pada anak.References
Andreas. (2021). Mengenal Tantrum Pada Anak. Elex Media Komputindo.
Budi. (2015). Daily Parenting: Menjadikan Orangtua Pendidik Yg Luar Biasa. Elex Media Komputindo.
Dahniar. R. Masthura. S. & Nursa’adah. N. A. (2025). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Sejak Dini terhadap Perkembangan Bicara dan Bahasa pada Balita. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 8(2), 298-308.
Desmariani.E. (2020). Buku Ajar Metode Perkembangan Fisik Anak Usia Dini. Pustaka Galeri Mandiri.
Djali. (2015). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Effendy. H. V. & Sari. S. M. (2022). Efektifitas Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Journals of Ners Community, 13(1), 18-26.
Farida. (2017). Anti Stres Hadapi Tantrum Pada Anak. Bumi Aksara.
Fatnilinisa. (2017). Bunga Rampai Psikologi Perkembangan: Memahami Dinamika Perkembangan Anak. Grafindo.
Gasril. P. & Yarnita. Y. (2021). Deskripsi Pola Asuh Orang Tua Yang Menyebabkan Temper Tantrum Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 18-20.
Hayes. (2017). Tantrum: panduan memahami dan mengatasi ledakan emosi anak. Elex Media Komputindo.
Herlina. L. Kurniasih. U. Triwahyuni. N. Sutarna. A. Herlina. N. & Yunita. I. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Pra Sekolah Di Paud Nurul Islam Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2674-2681.
Hidayati. B. M. R. & Janah. R. (2021). Tipe Pola Asuh Orang tua Dengan Anak Temper Tantrum Di Di SDI Al-Huda Kota Kediri. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 23-32.
Ismyama. (2021). Anti Stres Hadapi Tantrum Pada Anak. PT.Huta Parhapuran.
Jasrin. F. Oktaviyana. C. Sartika. D. & Iqbal. M. (2023). Hubungan pola asuh orang tua dengan masalah perilaku dan emosional pada anak di SDN Kandang Cut Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Medika Nusantara, 1(3), 213-232.
Kartono. (2016). Peranan Keluarga Memandu Anak. Salemba Medika.
Liani. A. W. & Fauziyah. N. (2023). Pola Asuh Orang Tua Milenial Dalam Mengatasi Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini. Proceeding of The Progressive and Fun Education International Conference, 8 (1), 172–178.
Mardhatillah. M. Wardiati. W. & Agustina. A. (2022). Determinan Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah Di Desa Gegerung Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Tahun 2022. Journal of Health and Medical Science, 82-92.
Masthura. S. Iqbal. M. & Renila. A. S. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah di SDNegeri 1 Kota Banda Aceh. Jurnal Aceh Medika, 2(1), 171-175.
Mawaddah. K. A. & Widayati. S. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Temper Tantrum Anak Usia Dini. Jurnal Cikal Cendekia, 2(1).
Novika. N. N. A. Hamidi. M. N. S. & Puteri. A. D. (2025). HUBUNGAN JENIS POLA ASUH DENGAN PERILAKU TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK KHADIJAH AL KUBRO KECAMATAN BANGKINANG KOTA TAHUN 2022. Jurnal Inovasi Kesehatan Dan Keperawatan, 1(1), 49-55.
Santy. W. H. & Irtanti. T. A. (2019). Pola asuh orang tua mempengaruhi temper tantrum pada anak usia 2-4 tahun di paud darun najah desa gading, jatirejo, mojokerto. Journal of Health Sciences, 7(1).
Susanto.A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.
Utami.R. B. Dani. O. M. R. & Suhudi. M. (2022). Analisis Pola Asuh Ibu Dengan Temper Tantrum Pada Anak Prasekolah Di Kelompok Bermain Dharma Wanita Desa Sukorejo Kecamatan Rejoso Kab Nganjuk. Edu Masda Journal, 6(1), 46-53.
Widya. R. Rozana S. Ependi. R. & Zahrita. Z. (2024). PSIKOLOGI PERILAKU ANAK USIA DINI: Mengatasi Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wiyono. (2016). Keperawatan Tumbuh Kembang Anak. UNIMAL PRESS.
Wulandari. P. & Tambunan. D. M. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Pra Sekolah di Paud Serba Ceria Serdang Bedagai. Indonesian Trust Nursing Journal, 2(1), 8-15.
Zavier. (2018). Mengenali dan Memahami Tumbuh Kembang Anak. Kata Hati.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmadani Fitri, Cut Oktaviyana, Dewi Sartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


