KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP FITUR PENDAFTARAN ONLINE APLIKASI MOBILE JKN DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49198Keywords:
Kepuasan, timeliness, Mobile JKN, Teori EUCS, Pendaftaran OnlineAbstract
Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN bagi pasien BPJS Kesehatan yang akan mendapat pelayanan rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surabaya. Dalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala akses sistem, ketidaksesuaian data, serta masalah teknis yang menghambat proses pendaftaran online. Penelitian ini bertujuan menilai hubungan antara penggunaan Mobile JKN dan tingkat kepuasan pasien, dengan pendekatan EUCS. Penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi adalah pasien yang mendaftar lewat Aplikasi Mobile JKN, dengan minimum sampel 83 individu berusia 18 tahun ke atas, didapat melalui teknik consecutive sampling. Variabel penelitian ini meliputi content, accuracy, format, ease of use, timeliness. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis kertas dan Google Form yang mengukur 5 dimensi EUCS. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman. Seluruh dimensi EUCS memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pasien (p < 0,05) berdasarkan uji korelasi Spearman. Dimensi content (r = 0,526), format (r = 0,497), dan ease of use (r = 0,410) memiliki korelasi sedang, sedangkan accuracy (r = 0,247) menunjukkan korelasi lemah. Dimensi timeliness memiliki tingkat korelasi paling kuat (r = 0,596), menegaskan pentingnya ketepatan waktu dalam layanan digital kesehatan. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas aplikasi Mobile JKN dari aspek content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien rawat jalan. Peningkatan kelima dimensi EUCS perlu menjadi fokus pengembangan untuk mendukung layanan digital yang lebih optimal.References
Ananda, A. R., Ikawati, F. R., & Ma’ruf, A. S. (2025). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Dalam Penggunaan
Aplikasi Mobile JKN RS Lavalette Malang. Jurnal Kesehatan Tambusai, 6(1), 3322–3339.
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42576
Indriani, N., Duana, M., & Murdani, I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pendaftaran Online Pada BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN. An Idea Health Journal,
4(3), 161–167.
Ismatullah, N. K. (2023). Kepuasan Pengguna SIMRS di RS X Kota Mataram dengan Metode EUCS.
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(8), 1687–1694.
https://doi.org/10.56338/mppki.v6i8.4012
Istianah, E., & Yustanti, W. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan
Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna.
JEISBI: Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(4), 36–44.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47882
Lambe, H. G., Widyarini, M., & Grahadian, K. (2025). Pengaruh Sistem Registrasi Online (Mobile JKN)
Terhadap Kepuasan Pasien Pada Manajemen Sistem Janji Temu. Jurnal Ilmiah Manajemen,
Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1041–1056. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5070
Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada
Masyarakat. KOHESI: Jurnal Multidisplin Saintek, 1(12), 1–13.
Nurapriani, S., Karmanto, B., Mohammad Ismail, M., & Khasanah, L. (2025). Evaluation of the Use of
the JKN Mobile Application Using the EUCS Method at Watubelah Health Center , Cirebon
District. Jurnal Kesehatan, Sains, Dan Teknologi (JAKASAKTI), 4(1), 157–172.
Nurul Jannah, A., Susanto, I., Putra Rakhmadani, D., & Korespondensi, P. (2023). Analisis Penggunaan
Aplikasi Mobile JKN dengan Metode EUCS. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika
Komputer, 7(3), 1491–1502. http://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12826
Selfiana Bancin, Y., Nabela, D., Faidul Jihad, F., Studi Kesehatan Masyarakat, P., Kesehatan Masyarakat,
F., Teuku Umar, U., & Barat, A. (2023). Hubungan Kualitas Informasi Mobile Jkn Dengan
Kepuasan Pengguna Pada Tenaga Kerja Puskesmas Meureubo Aceh Barat. PREPOTIF : Jurnal
Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1132–1138.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/14075
Sholihah, M. N., & Meisari, W. A. (2024). Gambaran Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN Dengan
Metode Analisis E-Servqual. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 2(3),
161–174.
Sonya Oagay, M. L., Nurvita, S., & Noor Chotimah, S. (2024). Gambaran Kepuasan Masyarakat Tentang
Aplikasi SATUSEHAT di Wilayah Kelurahan Nyatnyono Ungaran Barat. Jurnal Rekam Medis &
Manajemen Infomasi Kesehatan, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.53416/jurmik.v4i1.236
Wigatie, R. A., & Zainafree, I. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN di
BPJS Kesehatan Kantor Cabang Magelang. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile
JKN Di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar, 15(2), 1–7. https://repository.pnb.ac.id/7328/
Zebua, J. F., Hutahean, M., & Tobing, A. L. (2024). Implementasi Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan
Nasional (JKN) BPJS Kesehatan Kota Medan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research,
4(2), 4735–4744.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvi Oktalia, Silvia Haniwijaya Tjokro, Afif Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


