KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP FITUR PENDAFTARAN ONLINE APLIKASI MOBILE JKN DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURABAYA

Authors

  • Silvi Oktalia Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Adi Husada, Surabaya
  • Silvia Haniwijaya Tjokro Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Adi Husada, Surabaya
  • Afif Kurniawan Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Adi Husada, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49198

Keywords:

Kepuasan, timeliness, Mobile JKN, Teori EUCS, Pendaftaran Online

Abstract

Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN bagi pasien BPJS Kesehatan yang akan mendapat pelayanan rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surabaya. Dalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala akses sistem, ketidaksesuaian data, serta masalah teknis yang menghambat proses pendaftaran online. Penelitian ini bertujuan menilai hubungan antara penggunaan Mobile JKN dan tingkat kepuasan pasien, dengan pendekatan EUCS. Penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi adalah pasien yang mendaftar lewat Aplikasi Mobile JKN, dengan minimum sampel 83 individu berusia 18 tahun ke atas, didapat melalui teknik consecutive sampling. Variabel penelitian ini meliputi content, accuracy, format, ease of use, timeliness. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis kertas dan Google Form yang mengukur 5 dimensi EUCS. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman. Seluruh dimensi EUCS memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pasien (p < 0,05) berdasarkan uji korelasi Spearman. Dimensi content (r = 0,526), format (r = 0,497), dan ease of use (r = 0,410) memiliki korelasi sedang, sedangkan accuracy (r = 0,247) menunjukkan korelasi lemah. Dimensi timeliness memiliki tingkat korelasi paling kuat (r = 0,596), menegaskan pentingnya ketepatan waktu dalam layanan digital kesehatan. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas aplikasi Mobile JKN dari aspek content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien rawat jalan. Peningkatan kelima dimensi EUCS perlu menjadi fokus pengembangan untuk mendukung layanan digital yang lebih optimal.

References

Ananda, A. R., Ikawati, F. R., & Ma’ruf, A. S. (2025). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Dalam Penggunaan

Aplikasi Mobile JKN RS Lavalette Malang. Jurnal Kesehatan Tambusai, 6(1), 3322–3339.

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42576

Indriani, N., Duana, M., & Murdani, I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pendaftaran Online Pada BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN. An Idea Health Journal,

4(3), 161–167.

Ismatullah, N. K. (2023). Kepuasan Pengguna SIMRS di RS X Kota Mataram dengan Metode EUCS.

Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(8), 1687–1694.

https://doi.org/10.56338/mppki.v6i8.4012

Istianah, E., & Yustanti, W. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan

Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna.

JEISBI: Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(4), 36–44.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47882

Lambe, H. G., Widyarini, M., & Grahadian, K. (2025). Pengaruh Sistem Registrasi Online (Mobile JKN)

Terhadap Kepuasan Pasien Pada Manajemen Sistem Janji Temu. Jurnal Ilmiah Manajemen,

Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1041–1056. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5070

Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada

Masyarakat. KOHESI: Jurnal Multidisplin Saintek, 1(12), 1–13.

Nurapriani, S., Karmanto, B., Mohammad Ismail, M., & Khasanah, L. (2025). Evaluation of the Use of

the JKN Mobile Application Using the EUCS Method at Watubelah Health Center , Cirebon

District. Jurnal Kesehatan, Sains, Dan Teknologi (JAKASAKTI), 4(1), 157–172.

Nurul Jannah, A., Susanto, I., Putra Rakhmadani, D., & Korespondensi, P. (2023). Analisis Penggunaan

Aplikasi Mobile JKN dengan Metode EUCS. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika

Komputer, 7(3), 1491–1502. http://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12826

Selfiana Bancin, Y., Nabela, D., Faidul Jihad, F., Studi Kesehatan Masyarakat, P., Kesehatan Masyarakat,

F., Teuku Umar, U., & Barat, A. (2023). Hubungan Kualitas Informasi Mobile Jkn Dengan

Kepuasan Pengguna Pada Tenaga Kerja Puskesmas Meureubo Aceh Barat. PREPOTIF : Jurnal

Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1132–1138.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/14075

Sholihah, M. N., & Meisari, W. A. (2024). Gambaran Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN Dengan

Metode Analisis E-Servqual. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 2(3),

161–174.

Sonya Oagay, M. L., Nurvita, S., & Noor Chotimah, S. (2024). Gambaran Kepuasan Masyarakat Tentang

Aplikasi SATUSEHAT di Wilayah Kelurahan Nyatnyono Ungaran Barat. Jurnal Rekam Medis &

Manajemen Infomasi Kesehatan, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.53416/jurmik.v4i1.236

Wigatie, R. A., & Zainafree, I. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN di

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Magelang. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile

JKN Di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar, 15(2), 1–7. https://repository.pnb.ac.id/7328/

Zebua, J. F., Hutahean, M., & Tobing, A. L. (2024). Implementasi Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan

Nasional (JKN) BPJS Kesehatan Kota Medan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research,

4(2), 4735–4744.

Downloads

Published

2025-09-27