HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN ORANG TUA DI RUANG RAWAT INAP ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49136Keywords:
Caring Perawat, Kepuasan Orang tuaAbstract
Caring yang ditunjukkan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan secara tulus dan penuh kepedulian dapat meningkatkan sikap manusiawi terhadap pasien, memperlakukan pasien dengan sepenuh hati, serta menciptakan kepuasan orang tua sebagai cerminan kualitas pelayanan di ruang rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan orang tua di ruang rawat inap anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional yang dilaksanakan di Kota Manado pada bulan Maret hingga Juli 2025. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner perilaku caring perawat untuk menilai perilaku caring perawat dan Pediatric Quality of Life Inventory - Healthcare Satisfaction Generic Module 3.0 untuk menilai kepuasaan orang tua. Sampel dalam penelitian pada orang tua pasien anak dengan jumlah 71 responden orang tua pasien anak yang ditentukan dengan rumus Yamane dan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan kekuatan sedang (r=0,577; p=0,000) antara perilaku caring perawat dan tingkat kepuasan orang tua. Dalam penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan orang tua di ruang rawat inap anak Rumah Sakit Bhayangkara TK.III Manado, dimana semakin baik perilaku caring perawat maka semakin tinggi pula kepuasan yang dirasakan oleh orang tua pasien diruang rawat inap anak.References
Afriliana, L., Keperawatan, C. S.-J., & 2022, Undefined. (N.D.). Kepuasan Pasien Terhadap Perilaku Caring Perawat Di Indonesia: Tinjauan Literatur. Journal2.Stikeskendal.Ac.Id. Retrieved February 12, 2025, From Http://Journal2.Stikeskendal.Ac.Id/Index.Php/Keperawatan/Article/View/554
Babaii, A., Mohammadi, E., & Sadooghiasl, A. (2021). The meaning of the empathetic nurse–patient communication: A qualitative study. Journal of Patient Experience, 8, Article 23743735211056432.
Choerunisa, T., Netra Wirakhmi, I., & Suryani, R. L. (2022). Gambaran Tingkat Kecemasan Orang Tua Terhadap Hospitalisasi Anak Di Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, 1(5), 40–48.
Ernawati, N., Aprillia, C. D., Supono, & Sulastyawati. (2022). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kecemasan anak saat hospitalisasi [Literature review]. Jurnal Penelitian Ilmu Kesehatan
Estebsari, F., Ebadi, A., Hosseini, M., & Vanaki, Z. (2021). The educational needs of family of patients discharged from the intensive care units: The viewpoints of nurses and the patients' families. International Journal of Community Based Nursing and Midwifery, 9(2), 134–142.
Fathi, M., Rahimi, A., & Hosseini, S. (2021). The impact of nurse caring behaviors on family satisfaction in pediatric wards. Journal of Pediatric Nursing, 58, 112–118.
Fatimah, F. (2022). Hubungan Perilaku Caring Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit (Doctoral Dissertation, Universitas Dr. SOEBANDI).
Handayani, S., Nugroho, D., & Putri, L. (2023). Pengaruh pelatihan psikososial terhadap kepuasan keluarga pasien anak di ruang rawat inap. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(2), 115–124.
Hansson, P., Friberg, F., Sunnegårdh-Grönberg, K., & Wigert, H. (2020). Needs and preferences for emotional support in neonatal intensive care: A qualitative study of parents of preterm infants. Journal of Perinatal & Neonatal Nursing, 34(4), 345–355.
Hayat, N., Rahmadeni, A. S., & Marzuki, M. (2020). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 283–288. Https://Doi.Org/10.30651/Jkm.V5i1.4918
Kurniawan, R., & Susanto, T. (2023). Effects of patient and family-centered care on quality of care in pediatric patients: A systematic review. Nurse Media Journal of Nursing, 13(1), 34–45.
Kusnanto. (2019). Perilaku Caring Perawat Profesional. 1st Ed. Surabaya: Pusat Penerbitan Dan Percetakan Universitas Airlangga
Kosassy, S. M., Mulya, A. P., & Yasmeardi, F. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Tenaga Kesehatan Dalam Memberikan Layanan Di Puskesmas Mandiangin Kota Bukittinggi. Jurnal Public Administration, Business And Rural Develoment Planning, 2(1), 1-10.
Langingi, A. (2022). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasaan Pasien. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 1(2), 46-51.
Lestari, T., Wijaya, F., & Pratama, D. (2022). Determinants of patient satisfaction in inpatient care: A systematic literature review. Journal of Health Services Research and Policy, 27(3), 174–183.
Mannarino, C., Michelson, K. N., & McBride, M. E. (2020). Post-operative discharge education for parent caregivers of children with congenital heart disease: A needs assessment. Cardiology in the Young, 30(12), 1896–1902.
Nurmaliyati, N., Anwar, S., & Chairani, R. (2022). Analisis hubungan empati, caring, dan komunikasi perawat dengan kepuasan keluarga terhadap pelayanan keperawatan anak thalassemia di wilayah Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(1).
Pragholapati, A., & Gusraeni, S. A. D. (2021). Gambaran Perilaku Caring Perawat Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 8(1), 42-55.
Pratiwi, S. M., & Basuki, D. (2022). Analisa Kepuasan Keluarga Pasien Berdasarkan Fasilitas Pelayanan Di Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang (Doctoral Dissertation, Perpustakaan Universitas Bina Sehat PPNI).
Pratama Legiyanti Pratiwi, E., Umar, E., & Mulyanasari, F. (2024). Hubungan usia, jenis kelamin, pendidikan, dan LOS dengan persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUD dr. Adjidarmo. Jawara: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(2).
Putri, L. P., Nauli, F. A., & Aulia, N. (2023). Hubungan penerapan komunikasi terapeutik perawat pada keluarga pasien dengan kepuasan terhadap pelayanan kesehatan di ruang rawat inap anak. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 7(3), 45–53.
Ramadyta, A. D., & Hadithya, R. (2024). Analisis Kepuasaan Keluarga Pasien Pada Puskesmas Lembang Kab. Bandung Barat. 6681(7), 1231–1240.
Riandini, Saragih, A. H., & Salianto. (2024). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien : Literature Review Jurnal Kesehatan Dan Teknologi Medis ( JKTM ). 06(03), 434–454.
Roufuddin, R., Mannan, A., Kaonang, M. P., & Widoyanti, V. (2021). Hubungan Prilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Orang Tua Di Ruang Rawat Inap Anak. Indonesian Journal Of Professional Nursing, 2(2), 77-85.
Sandiyah, C. D., & Mustriwi, M. (2021). Sikap Caring Perawat Terhadap Pasien Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 9(2), 81-89.
Saragih, S. L. N. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Implementasi Keperawatan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Dirumah Sakit. OSF Preprints, 2009.
Seniwati, T., Rustina, Y., Nurhaeni, N., & Wanda, D. (2023). Patient and family‑centered care for children: A concept analysis. Belitung Nursing Journal, 9(1), 17–24.
Sillén, C., & Ahlgren, E. (2020). Parents’ and nurses’ ideal collaboration in treatment-centered and home-like care of hospitalized preschool children: a qualitative study. BMC Nursing, 19, 91.
Simpson-Collins, A., Ormsby, J., Chang, A., & Chuan, A. (2024). Parents’ and nurses’ perceptions and behaviours of family-centred care during periods of busyness. Journal of Clinical Nursing, 33(7–8), 1500–1513.
Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551. Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V10i2.645
Souza FM, Molina J, Terreri MT, Hilário MO, Len CA. Reliability of the Pediatric Quality of Life Inventory - Healthcare Satisfaction Generic Module 3.0 version for the assessment of the quality of care of children with chronic diseases. J Pediatr (Rio J). 2012 Jan-Feb;88(1):54-60. doi: 10.2223/JPED.2152. PMID: 22344588.
Syaiful, N., Alwi, M. K., Safruddin, & Padhila, N. I. (2023). Penerapan Family Centered Care dengan tingkat kepuasan keluarga selama hospitalisasi anak. Window of Nursing Journal, 5(1), 1–11.
Watson, J. (2008). Nursing: The Philosophy and Science of Caring. In The American Journal of Nursing (Vol. 79, Issue 11). University problemPress of Colorado. https://doi.org/10.2307/3424554
Zuliansyah, A. (2023). Komunikasi terapeutik perawat dalam menunjang kesembuhan pasien anak di Rumah Sakit Bhakti Medicare Cicurug. Jurnalika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 70–84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tiara Elshaday Waladow, Lenny Ganika, Ferlan Ansye Pondaag

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


