ALUR PELAYANAN RESUME MEDIS SEBAGAI PENDUKUNG KLAIM ASURANSI DI RUMAH SAKIT DAERAH DR SOEBANDI JEMBER

Authors

  • Arnoldus Anugerah Agung Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Achmad Jaelani Rusdi Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Untung Slamet Suhariyono Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Happy Eprilia Maharani Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember
  • Devi Maharani Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember
  • Widdy Mawadda Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49019

Keywords:

Alur Pelayanan, klaim asuransi, resume medis

Abstract

Resume medis merupakan bagian penting dari rekam medis pasien yang berfungsi sebagai ringkasan riwayat pelayanan medis selama masa perawatan di fasilitas kesehatan. Dokumen ini memiliki peran strategis tidak hanya dalam menjamin kesinambungan asuhan medis, tetapi juga sebagai persyaratan administratif dalam proses klaim asuransi, surat keterangan dokter, serta keperluan legal lainnya. Di Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember, tingginya permintaan resume medis dari pasien dan pihak ketiga belum diimbangi dengan adanya sistem alur pelayanan yang tertulis dan sistematis. Kondisi ini menimbulkan kebingungan di kalangan masyarakat dan keterlambatan dalam pelayanan administratif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alur pelayanan resume medis yang efektif, efisien, serta mudah dipahami oleh pasien dan petugas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi di unit korespondensi dan tempat pelayanan umum (TPU). Hasil penelitian menunjukkan belum tersedianya standar operasional prosedur (SOP) yang terdokumentasi terkait proses permintaan resume medis. Sebagai solusi, peneliti merancang diagram alur pelayanan serta media edukatif berupa poster visual untuk menjelaskan proses permintaan resume medis secara ringkas dan informatif. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa penyusunan alur pelayanan resume medis yang terstruktur dapat meningkatkan kecepatan, transparansi, dan pemahaman masyarakat dalam mengakses hak administratif mereka, serta memperkuat integrasi pelayanan publik berbasis sistem informasi kesehatan di rumah sakit.

References

A DEZA, F. A. R. I. S. T. A. (2021). ANALISIS DETERMINAN KELENGKAPAN PENGISIAN RESUME MEDIS OLEH DOKTER DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PESAWARAN (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MITRA INDONESIA).

AL-ASWAD, A. M., BROWNSELL, S., PALMER, R., & NICHOL, J. P. (2013). A review paper of the current status of electronic health records adoption worldwide: the gap between developed and developing countries. Journal of Health Informatics in Developing Countries, 7(2).

Alfitri, N. A., Rahmawati, R., & Firmansyah, F. (2024). Perlindungan Terhadap Data Pribadi di Era Digital Berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022. Journal Social Society, 4(2), 92-111.

Budi, S. C., Fatmah, F., & Salim, M. F. (2020). Peran Perekam Medis Dalam Mendukung Keselamatan Pasien. Prosiding" Standar Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 Terkait Rekam Medis" Yogyakarta Tahun 2018.

Hadi, I. L. M. (2024). ANALISIS HUKUM DOKUMEN REKAM MEDIS TERHADAP PERLINDUNGAN HAK-HAK PASIEN (Studi Kasus: RSUD Dr. Loekmono Hadi Kudus) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Indonesia, R. (2009). Undang-undang Republik Indonesia nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta Republik Indones.

Indonesia, R., & Nomor, U. U. (27). Tahun 2022 Tentang Pelindungan Data Pribadi. 2022. Accessed: Aug. 13, 2024.

Nur'Aeni, N., & Subiyanto, T. (2024). Hubungan Kelengkapan Resume Medis Dengan Ketepatan Waktu Pengembalian Rekam Medis Rawat Inap di Rsud Arjawinangun Tahun 2024. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 12(2).

Pardede, R. (2020). Kelengkapan Resume Medis Dan Keakuratan Kode Diagnosis Klaim BPJS Rawat Inap Di RSUP Dr. M. Djamil Padang, Indonesia. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2), 300-309.

Prisusanti, R. D., Rusdi, A. J., Suhariyono, U. S., Ikawati, F. R., Afifah, L., Ningsih, D. D. M., & Putri, S. I. (2024). Implementasi Resum Medis Pelaporan Register Khohort Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Ardimulyo Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 114-121.

Salsabila, N. (2022). Analisis Perilaku Organisasi Rumah Sakit Dalam Penerapan Sistem Informasi Manajemen (Sim Rs) Di Rs Cut Meutia Langsa (Doctoral dissertation, Institut Kesehatan Helvetia Medan).

Sofia, E. A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Rekam Medis Rawat Inap Di Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jember).

Wibowo, K. T., SH, M., Dj, M. A., MH, D. A. K., ST, M., Abdul Karim, S. H., ... & MH, D. H. M. HUKUM DIGITAL DAN PRIVASI DATA.

World Health Organization. (2016). World Health Statistics 2016 [OP]: monitoring health for the sustainable development goals (SDGs). World Health Organization.

Yunisca, F., Chalimah, E., & Sitanggang, L. O. A. (2022). Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 tentang rekam medis terhadap hasil pemantauan kesehatan pekerja radiasi di kawasan nuklir serpong. Reaktor: Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir, 19(2), 34-41.

Downloads

Published

2025-09-27