HUBUNGAN PERSEPSI ANTARA KINERJA TENAGA KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.49011Keywords:
kepuasan pasien, kinerja tenaga kesehatan, layanan kesehatan, pelayanan rumah sakit, RSUD Kota ManadoAbstract
Kinerja tenaga kesehatan memegang peranan penting dalam menentukan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit, yang berdampak langsung pada tingkat kepuasan pasien. RSUD Kota Manado sebagai rumah sakit baru yang mulai beroperasi tahun 2022, memiliki misi peningkatan kualitas manusia Kota Manado melalui pelayanan kesehatan menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi antarakinerja tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien di RSUD Kota Manado. Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah pasien rawat jalan sebanyak 8.448 orang, dengan sampel sebanyak 100 responden yang diambil secara accidental sampling. Variabel bebas adalah kinerja tenaga kesehatan, sedangkan variabel terikat adalah kepuasan pasien. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dan analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat melalui uji chi-square. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (96%) memberikan penilaian sangat baik terhadap kinerja tenaga kesehatan, dan sebanyak 90% menyatakan sangat puas terhadap pelayanan rumah sakit. Namun, uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan persepsi antara kinerja tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien (p-value = 0,652). Meskipun persepsi terhadap kinerja tenaga kesehatan dan tingkat kepuasan pasien tergolong sangat tinggi, secara statistik tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara keduanya di RSUD Kota Manado.References
Depertemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI). (2009). libportal. Diambil kembali dari JICA: https://libportal.jica.go.jp/library/Archive/Indonesia/234i.pdf
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta: Kemenkes RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Pedoman Promosi Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manado. (2024). Profil RSUD Manado.
Journal
Andriani, A., & Supriyanto, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 120–128.
Fitriana, N., Wijaya, T., & Sari, M. (2020). Evaluasi Kinerja Tenaga Keperawatan dalam Dokumentasi Asuhan Keperawatan di RSUD Tidar Kota Magelang. Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(2), 150–158.
Hendardi, L.O., Sastrawan, Karjono. (2023). Analisis Persepsi dan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit Patuh Karya. Jurnal Ilmiah Global Education, 2499-2511.
Iqbal, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Kesehatan Aparatur Sipil Negara Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara. Media Bina Ilmiah, 16(12), 7901-7914.
Kurniawati, R., Wulandari, R. D., & Setiawan, H. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Dimensi SERVQUAL di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(2), 134-141.
Lestari, S. I., & Laksmiwati, H. (2020). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan, 15(1), 23–30.
Librianty, N. (2019). Hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Bangkinang Kota. Jurnal Ners, 3(2).
Lohige, W., Kolibu, F.K. & Rumayar, A.A. (2023). Persepsi Pasien Mengenai Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Liun Kendage Tahuna. Jurnal Lentera Sehat Indonesia, 50-52. https://ejournal.ybli.or.id/index.php/jlsi/article/view/102/100
Lumanaw, H.K.J., Mandagi, C.K.F., Wowor, R. (2021). Hubungan Persepsi Pasien Mengenai Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kawangkoan Utara Kabupaten Minahasa. Jurnal KESMAS, 10(4), 136–142.
Nurhidayat, M., & Zainaro, M. A. (2020). Pengaruh Kinerja Petugas Kesehatan Pada Tingkat Kepuasan Pasien. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(2), 187-194.
Pratiwi, S. R., & Sulistiyani, T. (2019). Empati Perawat dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 6(1), 45–52.
Rachmah, R., Lestari, F., & Yuliati, L. N. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masyarakat di Wilayah Pesisir. Jurnal Promkes, 7(1), 45–52.
Safitri, A. (2021). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Pemerintah. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 9(1), 45–52.
Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 116-126.
Sihombing, A., & Harahap, D. A. (2019). Hubungan antara Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pemerintah. Jurnal Kesehatan Holistik, 13(1), 55-63.
Sitorus, J. L. B., Chandra, P. B., & Simangunsong, P. M. J. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Jaminan Kesehatan Nasional Di Ruang Rawat Inap Puskesmas Bagan Batu Tahun 2022. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 9(2), 822-828.
Sudiadnyani, N., Sary, L., Muhani, N., Amirus, K., & Hasbie, N. F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 9(3), 1114.
Suryawati, C. (2004). Kepuasan pasien rumah sakit (tinjauan teoritis dan penerapannya pada penelitian). Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 7(04).
Widyastuti, F., & Pujilestari, A. (2024). Hubungan Persepsi Tentang Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta. Indonesian Journal of Hospital Administration, 7–12.
Wulandari, A., & Kurniawati, F. (2020). Hubungan Responsivitas Petugas dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas. Jurnal Keperawatan Soedirman, 15(2), 97–104.
Book
Calundu, R. (2018). Manajemen Kesehatan. Penerbit Sah Media.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Rezeki Nur, S.Kep., Ns., MM.Kes., M.Kep, et al. (2024). Peran manajemen keperawatan dalam mengoptimalkan kinerja tim medis di rumah sakit. CV Rey Media Grafika.
Sedarmayanti. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction (Edisi 3). Yogyakarta: Andi Publisher.
Thesis, Desertation
Mailoa, S. D. (2023). Pengaruh Kinerja Tenaga Kesehatan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rijali Kota Ambon (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin).
Mawaddah, M. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Pallangga Kabupaten Gowa (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin.
Laws, Regulations, Ministerial Decrees
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2010). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/MENKES/PER/III/2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan..
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Angeli Rahel Audrey Lumbu, Grace E.C. Korompis , Chreisye K. F. Mandagi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


