HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48921Keywords:
Perkembangan Anak, Pola Asuh Orang Tua, Usia PrasekolahAbstract
Usia prasekolah (3–6 tahun) merupakan masa emas perkembangan anak yang mencakup aspek motorik, bahasa, dan sosial, sehingga peran pola asuh orang tua sangat penting dalam mengoptimalkan stimulasi serta mencegah keterlambatan perkembangan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan pada anak usia prasekolah (3-6 tahun). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional yang dilaksanakan di Kota Manado pada bulan Maret hingga Mei 2025. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner PSDQ (Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version) untuk mengukur pola asuh orang tua dan KPSP (Kuesioner Perkembangan Skrining Prasekolah) untuk menilai perkembangan anak. Sampel dalam penelitian pada anak prasekolah 3-6 tahun ini berjumlah 85 responden yang ditentukan dengan rumus Yamane dan menggunakan teknik purposive sampling. Analis data menggunakan uji Spearman’ rho. Hasil analisis menggunakan uji Spearman’s rho diperoleh nilai p=0.000<0,05 sehingga terdapat hubungan positif dan signifikan dengan kekuatan sedang antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak (r= 0.456). Dalam penelitian ini didapati terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia prasekolah 3-6 tahun. Oleh karena itu diharapkan orang tua perlu menerapkan pola asuh demokratis dan rutin memantau perkembangan anak melalui layanan kesehatan agar sesuai dengan tahap usianya.References
Ahzani, Y., Erika, K. A., Arbianingsih, Rokhayah, Y., Gantini, D., & Sari, P. P. (2024). Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak. Nuansa Fajar Cemerlang.
Amelindha, N. F., & Pratama, R. S. (2020). Pola Asuh Permisif Terhadap Perkembangan: Kajian Literatur Pada Anak Usia Emas. Mutiara: Jurnal Penelitian.
Fauziah, A., & Damayanti, A. (2024). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Pagedangan. November 2024, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Hayati, F., & Yusra, M. (2017). Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 45–53.
Hasanah, J., Achdiani, Y., & Widiaty, I. (2018). Upaya ibu dalam menstimulasi keterampilan sosial anak usia sekolah di Kelurahan Kebon Lega Kota Bandung. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 103–112.
Hockenberry, M. &Wilson, D. (2018). Wong’s nursing care of infants and children (11th ed.). St. Louis: Mosby, Inc
Tharida, M., Iskandar, & Erisma, E. (2023). Analisis Perbedaan Status Sosial Ekonomi Dan Pola Asuh Pada Balita Gizi. Journal of Health, Education and Literacy (J-Healt), 5(2), 104–110.
Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Alih Bahasa Istiwidayanti dkk.) Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Kalrey, F., & Hatala, T. N. (2022). Buku Ajar Keperawatan Komunitas Kesehatan Reproduksi pada Anak Usia Prasekolah. Penerbit NEM.
Karomah, N., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Anak, 10(2), 112–120.
Kemenkes, RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak.
Kemenkes, RI. (2021). Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota Tahun 2022.
Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa. Jurkessutra (Jurnal Kesehatan Surya Nusantara), 8(1), 35–44.
Lestari, N., & Aditya, R. (2021). Pola asuh demokratis dan hubungannya dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(3), 34–42.
Lestari, S., & Suryani, D. (2020). Pengaruh pendidikan ibu terhadap stimulasi perkembangan anak usia din i di rumah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 27–35.
Lubis, R., Fitriani, A., Salsabila, N., Shabilla, N. A., & Ningtyas, I. C. (2024). Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun. 06(3), 55–71.
Mansur, A. R. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. In Andalas University Pres (Vol. 1, Issue 1). Andalas University Press.
Mayasari, N., Ramadhani, R., & Putri, S. (2021). Pola asuh demokratis dan perkembangan sosial-emosional anak usia 4–6 tahun. Jurnal Ilmiah Psikologi Anak, 4(2), 67–75.
Mohzana, H., Fitria, D., & Syafitri, W. (2024). Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap pola asuh anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 12–19.
Notoadmojo, Soekidjo. (2018). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis, Jakarta, Salemba Medika.
Prastiwi, M. H. (2019). Overview of Growth and Development in Children Age 3-6 Years. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 242–249. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162
Purwaningrum, A. (2024). Kontribusi pola asuh terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5–6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 11(1), 55–63.
Safitri, N., & Anggito, A. (2021). Pengaruh status ekonomi keluarga terhadap pola asuh orang tua pada anak usia prasekolah. Jurnal Pendidikan dan Kesejahteraan Keluarga, 9(2), 101–110.
Saragih, B. D., & Fuadah, F. (2024). The Influence of Parenting Styles on Early Childhood Development at TK Kasih Mulia Cimahi. International Journal of Pharmaceutical and Bio‑Medical Science.
Suryameng, S., & Nadila, M. N. (2022). Hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5–6 tahun di TK Sinar Mentari tahun pelajaran 2021/2022. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2)
SKI (2023). Laporan Survei Kesehatan Indonesia 2023. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/ski-2023-dalam-angka/
Sukmandari, N. M. A. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah Di TK Negeri Tabanan Di Kerambitan. Jurnal Medika Usada, 3(2), 1–4. https://doi.org/10.54107/medikausada.v3i2.68
Soliha, S. M. A., Apriningtyas, G., & Suryati, S. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pra Sekolah (3-6 Tahun). Jurnal Keperawatan Akper Yky Yogyakarta, 12(3), 123-130
UNICEF Indonesia. (2021). Anak-anak di Indonesia. Retrieved February 12, 2025, from https://www.unicef.org/indonesia/id/anak-anak-di-indonesia
WHO. (2017). Early Child Development. Retrieved from https://www.tandfonline.com/loi/gecd20?open=187&year=2017&repitition=0#vol187_2017
The Guardian. (2024, December 23). Middle children are more cooperative than their siblings, study suggests. https://www.theguardian.com/science/2024/dec/23/middle-children-are-more-cooperative-than-their-siblings-study-suggests
Santrock, J. W. (2021). Child Development. McGraw-Hill Education. https://archive.org/details/adolescence-by-santrock-johnw./page/n13/mode/2up
Reski, A., & Rukiyah. (2024). Hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan motorik halus anak usia 5–6 tahun di TK Izzatin Talang Jawa Kabupaten Lahat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45–53.
Purwaningrum, M. (2024). Analisis Dampak Pola Asuh Demokratis Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5–6 Tahun. RAJULA: Journal of Early Childhood Education Studies, 1(1), 54–64.
University of Tulsa. (2023, May 17). What Is Roy’s Adaptation Model of Nursing? TU Online Blog. Retrieved July 7, 2025, from https://online.utulsa.edu/blog/roys-adaptation-model/
Husnaini, N. (2024). Peran Pola Asuh Demokratis Dalam Membangun Karakter Positif Pada Anak Usia Dini. JURNAL, 4(2), 559–567.
Rani, A. H., Budiyati, D., & P, N. H. (2024). Aplikasi Model Adaptasi Roy pada Anak dengan Gangguan Keseimbangan Nutrisi. Malahayati Nursing Journal, 6(11), 4710–4718. https://doi.org/10.33024/mnj.v6i11.17173
Rangkuti, S. (2023). Hubungan antara stimulasi ibu dan perkembangan anak usia 4–5 tahun di PAUD Al Jannah Pematang Sei Baru. Science Midwifery, 11(2).
Yang, Q., Yang, J., Zheng, L., Song, W., & Yi, L. (2021). Impact of Home Parenting Environment on Cognitive and Psychomotor Development in Children Under 5 Years Old: A Meta Analysis. Frontiers in Pediatrics, 9, 658094. https://doi.org/10.3389/fped.2021.658094
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Valentina Malonda, Lenny Gannika, Sefti Rompas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


