GAMBARAN PENGGUNAAN SISTEM E-PUSKESMAS DENGAN METODE PIECES DI PUSKESMAS TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Nofanrawati Bahu Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Bakti Nusantara Gorontalo
  • Merlin Abd. Rahman Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Bakti Nusantara Gorontalo
  • Moh. Ichsan A. Antu Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Bakti Nusantara Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48861

Keywords:

e-Puskesmas, Metode PIECES, sistem informasi kesehatan

Abstract

Penerapan sistem informasi kesehatan berbasis digital menjadi strategi utama dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan primer di Indonesia. Salah satu bentuk implementasi transformasi digital tersebut adalah sistem e-Puskesmas, yang bertujuan mendukung efisiensi, keamanan, dan akuntabilitas dalam pencatatan serta pelaporan data kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan sistem e-Puskesmas di Puskesmas Telaga Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan pendekatan metode PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service), yang difokuskan pada tiga aspek utama: ekonomi, kontrol, dan efisiensi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala puskesmas, petugas layanan kesehatan, dan operator sistem. Analisis dilakukan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-Puskesmas memberikan dampak positif dalam penghematan kertas dan efisiensi pencatatan. Namun, tantangan masih ditemukan, seperti biaya operasional tinggi, keterbatasan akses jaringan internet, dan lemahnya kontrol akun pengguna. Sistem juga belum sepenuhnya efisien karena petugas masih melakukan pencatatan ganda saat sistem mengalami gangguan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem e-Puskesmas sudah cukup mendukung pelayanan, tetapi masih perlu ditingkatkan dalam aspek infrastruktur, keamanan, dan integrasi sistem. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan untuk pengembangan sistem informasi kesehatan yang lebih baik.

References

Haniasti, S., Happy Putra, D., Indawati, L., & Rosmala Dewi, D. (2023). Gambaran Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Dengan Metode Pieces di Puskesmas Kunciran. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.690

Hazni, Hayati, F., & Mutiawati, Y. (2023). Analisis Kegiatan Main Peran Makro Untuk Menstimulasi Percaya Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–10.

Kemenkes RI. (2022). Permenkes 18. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Satu Data Bidang Kesehatan Melalui Sistem Informasi Kesehatan, 848, 1–11.

Kesuma, S. I. (2023). Rekam Medis Elektronik Pada Pelayanan Rumah Sakit Di Indonesia: Aspek Hukum Dan Implementasi. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 195–205.

Muliansah, R., & Budihartanti, C. (2020). Analisa Pemanfaatan e-Puskesmas di Loket Pendaftaran pada Puskesmas Kecamatan Pademangan dengan Metode PIECES. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 1(1), 17–29. https://doi.org/10.36596/jcse.v1i1.22

Permenkes. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022, 151(2), 1–19.

Permenkes (2024). Peraturan menteri kesehatan republik indonesia No 19 tahun 2024 tentang penyelenggaraan pusat kesehatan masyarakat. 15(1), 37–48.

Ricardo, R., Ridianto, R., & Solichin, S. (2024). Efektivitas Pelayanan Puskesmas Terhadap Kesehatan Masyarakat di Kecamatan Ilir Talo( Studi kasus Pelayanan Kesehatan Puskesmas Ilir Talo ). Jurnal STIA Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 10(2), 183–196. https://doi.org/10.56135/jsb.v10i2.178

Safira Armah, & Rayyan Firdaus. (2024). Konsep Dan Penerapan Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis Dan Digital, 1(3), 50–56. https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v1i3.192

Satriadi, H., & Septi, D. (2021). Penerapan E-puskesmas pada puskesmas tanjungpinang. 4.

Septiani, D., Ruhama, S., & Astuti, I. (2023). Implementasi Metode Pieces Untuk Menganalisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Peduli Lindungi. JIKI (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 4(1), 53–64.

Siti Nurhayati, Agun Guntara, & Irfan Fadil. (2024). Kepuasan Pengguna Fitur Medis ePuskesmas dengan Model EUCS dan DeLone & McLean di Sumedang. Nuansa Informatika, 18(2), 209–219. https://doi.org/10.25134/ilkom.v18i2.216

Wahyuni, & Annisa. (2023). Evaluasi Penggunaan Sistem e-Puskesmas Melalui Pendekatan PIECES Untuk Menilai Kepuasan Petugas. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 9(1), 58. https://doi.org/10.29241/jmk.v9i1.1309

Wahyuni, N., Ambarwati, R., & Syamiyah, N. (2022). Sistem Informasi Kesehatan (Sik) Terkait Alur Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rs Bhayangkara Polda Banten. Journal of Baja Health Science, 2(02), 102–109. https://doi.org/10.47080/joubahs.v2i02.1929

Downloads

Published

2025-09-16