HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN TINGKAT ANSIETAS PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48808Keywords:
Kata kunci: Ansietas, dukungan teman sebaya, mahasiswa tingkat pertama, perguruan tinggiAbstract
Pendahuluan: Mahasiswa pada jenjang awal perkuliahan sedang berada dalam fase peralihan dari pendidikan menengah menuju perguruan tinggi, yang kerap menimbulkan tekanan psikologis. Adaptasi terhadap lingkungan akademik dan sosial yang baru dapat menimbulkan kecemasan atau ansietas. Salah satu bentuk dukungan yang dianggap mampu mereduksi tingkat ansietas tersebut adalah dukungan dari teman sebaya. Penelitian ini dilakukan guna mengidentifikasi adanya hubungan antara dukungan teman sebaya dan tingkat ansietas pada mahasiswa tingkat pertama di STIKes RS Husada. Metode: Penelitian ini dirancang dengan desain kuantitatif melalui pendekatan potong lintang (cross-sectional). Penelitian ini melibatkan populasi seluruh mahasiswa tingkat pertama yang berjumlah 114 orang. Pemilihan sampel dilakukan melalui teknik simple random sampling dan diperoleh sebanyak 101 responden. Penelitian ini menetapkan dukungan teman sebaya sebagai variabel independen, dan tingkat ansietas sebagai variabel dependen. Instrumen pengumpulan data menggunakan dua jenis kuesioner, yaitu kuesioner dukungan teman sebaya dan kuesioner tingkat ansietas. Data yang terkumpul dianalisis melalui uji korelasi Spearman. Hasil: Temuan penelitian ini mengindikasikan adanya korelasi yang bermakna secara statistik antara dukungan teman sebaya dan tingkat ansietas (p < 0,001), dengan koefisien korelasi senilai r = -0,610. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin besar dukungan emosional yang berasal dari teman sebaya, maka kecenderungan mengalami ansietas menjadi lebih rendah. Simpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan dari teman sebaya berperan signifikan dalam membantu mahasiswa menghadapi ansietas pada awal masa perkuliahan. Meningkatkan kualitas interaksi sosial yang positif antar mahasiswa dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam menunjang kesehatan mental mahasiswa baru.References
Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955
Arif, R., Safuwan, Musni, R., & Pratama, M. F. J. (2024). perbedaan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa rantau dan lokal di universitas malikussaleh. Jurnal Penelitian Psikologi, 2(3), 649–658. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6179
Choirunisak, I., & Rohmatun. (2024). hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa rantau fakultas ekonomi dan bisnis prodi manajemen universitas dian nuswantoro. Jurnal Takaya, 1(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/article/view/43948/12134
Fadhilah, A. A. N., Nasichah, Alviyanti, D., & Husny, M. R. R. (2023). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa BPI UIN Jakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 174–178. https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/
Fahrianti, F., & nurmina. (2021). Perbedaan kecemasan mahasiswa baru ditinjau dari jenis kelamin pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1297–1302. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1101/984/
Fasda, B., Romadhon, Y. A., Candrasari, A., & Herawati, E. (2021). Pengaruh tempat tinggal dan indeks massa tubuh terhadap tingkat kecemasan remaja di era pandemi COVID-19. https://www.repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1529/1495
Fauzia, D., & Pebriani, L. V. (2024). Peran Perceived Social Support terhadap Academic Anxiety: Studi pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Sains & Profesi, 8(2), 83–95. https://jurnal.unpad.ac.id/jpsp/
Fauzia, N., Asmaran, & Komalasari, S. (2020). Dinamika Kemandirian Mahasiswa Perantauan. Jurnal Al Husna, 1(3), 167–181. https://doi.org/10.1234/jah.v1i3.3918
Fauziah, T. D., Aryenti, Maulana, A. Y., & Syam, E. (2024). Pengaruh dukungan teman sebaya dan body image terhadap kepercayan diri pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas yarsi 2020 dan tinjauannya menurut islam. Junior Medical Journal, 2(6). https://doi.org/https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/jmj/article/view/4339
Fitria, A., Rahma, E. A., & Aini, D. K. (2024). Dukungan teman sebaya dan self -regulated learning pada mahasiswa perantau. Jurnal PSHIMPONI, 5(1), 2775–1805. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v5i1.22450
Harahap, M., Sulardiono, B., & Suprapto, D. (2018). Analisis tingkat kematangan gonad teripang keling (Holothuria atra) di perairan menjangan kecil, Karimunjawa. JOURNAL OF MAQUARES, 7(3), 263–269. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/marj.v7i3.22550
Insyra, A. R., Afrinis, N., & Erlinawati. (2024). Hubungan efikasi diri dan dukungan teman sebaya dengan tingkat ansietas dalam menyusun skripsi mahasiswa S1 Keperawatan semester VIII Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Kesehatan Paripurna, 1(1), 24–31. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/plenaryhealth.v1i1.319
Kemenkes. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2020 (B. Hardhana & F. Sibuea, Eds.). Kementrian Keseahatan Republik Indonesia. https://kemkes.go.id/id/profil-kesehatan-indonesia-2020
Lenny. (2024). Difficulties Faced by the Students of English Education Study Program in Learning Present Perfect Tense. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(6). https://doi.org/10.56338/jks.v4i7.1934
lestari, baiq safitri, & purnamasari, alfi. (2022). dukungan sosial teman sebaya dan problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 4(1), 56. https://doi.org/10.26555/jptp.v3i2.21893
Melangi, S. (2020). Klasifikasi usia berdasarkan citra wajah menggunakan algoritma artificial neural network dan Gabor Filter. Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering (JJEEE), 2(2), 60–67. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKBJexgW5o_AEAFX3LQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzYEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1753282225/RO=10/RU=https%3a%2f%2fejurnal.ung.ac.id%2findex.php%2fjjeee%2farticle%2fdownload%2f6956%2f2152/RK=2/RS=5aAJpuPg7M.42n0F2fdSJRdFpaE-
Muhammad, D. M., Nafila, H. R., Arista, A. S., Khairunnisa, N. H., Rahmawati, B. D. Z., Khatimah, W. H., Apriyani, P., Andriani, A. P. D. A., Widyastuti, P. A., Suryani, D. S., Azizah, P. F. S. N., & Yuniasih, D. (2021). Anxiety of final semester students: mini review. Ahmad Dahlan Medical Journal, 2(2), 85–92. http://http://journal2.uad.ac.id/index.php/admj
Novel, S., & monika. (2022). Hubungan kecemasan dengan coping strategy pada mahasiswa baru di jakarta (studi pada masa pandemi covid-19). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaira, Dan Seni, 6(3), 713–722. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i3.19139
Nufiar. (2021). Pengaruh teman sebaya terhadap perilaku peserta didik. Jurnal Azkia, 16(1). http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/azkia/article/download/31/32/118
Nugroho, V. H. (2018). Skripsi tingkat kecemasan dalam penyesuaian diri mahasiswa baru program studi bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. https://core.ac.uk/download/153436707.pdf
Pande, N. L. P. I. P., Wulandari, N. P. D., & Wijaya, I. P. A. (2024). Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Tingkat Kecemasan, Stres, dan Depresi Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Abiansemal. Journal Nursing Research Publication Media (NURSEPEDIA), 3(1), 1–11. https://doi.org/10.55887/nrpm.v3i1.48
Pane, J., Sigalingging, V., Sidabalok, samfriati sinuriat darmauli, & martini, yosepin. (2023). Gambaran kecemasan mahasiswa diploma keperawatan dalam menghadapi pandemi covid-19 di Stikes santa elisabteh medan tahun 2021. Jurnal Sahabat Keperawatan, 5(1), 2023. https://jurnal.unimor.ac.id/JShttps://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JSK/article/view/4020
Prayoga, F., Engkartini, & Sutarno. (2024). Hubungan kecerdasan emosional dan tingkat stres dengan kesehatan mental mahasiswa tingkat pertama Prodi Keperawatan. Jurnal Masker Medika, 12(2), 1–7. https://doi.org/10.52523/maskermedika.v12i1.556
Purna, R. S., Hidayati, I., Rahman, A., Sartika, P. D., & Angraini, F. (2023). Peer acceptance of female students in private schools: study of differences in peer acceptance by gender. Jurnal Psikologi Tabularasa, 18(1), 25–33. https://doi.org/10.26905/jpt.v18i1.10125
Putri, N. Z. C., Priasmoro, D. P., & Patria, D. K. (2025). Gambaran tipe Kepribadian Mahasiswa DIII Keperawatan. Nursing Information Journal, 4(2). https://doi.org/10.54832/nij.v4i2.929
Rahardiansyah, M. R., & Chusairi, A. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Tingkat Stres Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1290–1297. https://e-journal.unair.ac.id/BRPKM/article/view/29077
Rahmadani, A., & Rahmawati, Y. M. (2020). Adaptasi akademik, sosial, personal, dan institusional : studi college adjustment terhadap mahasiswa tingkat pertama. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 159. https://doi.org/10.29210/145700
Rahmawati, V. Y., Puspasari, J., & Fitria, D. (2024). Model dukungan dalam menurunkan kecemasan ibu hamil menghadapi persalinan: A Scoping Review Support model in reducing pregnant women’s anxiety facing childhood: A scope review. Jurnal Dunia Kesmas, 13(3), 159–168. https://www.ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/duniakesmas/article/view/15664/pdf
Saputri, H., Fitriani, D. R., & Damaiyanti, M. (2024). Efikasi Diri Dampak pada Ansietas Mahasiswa Baru. Jurnal Keperawatan Cikini, 5(2), 283–291. https://jurnal.akperrscikini.ac.id/index.php/JKC
Sari, I. P., & Rusli, D. (2025). Gambaran kecemasan akademik pada mahasiswa baru universitas negri padang berdasarkan faktor sosiodemografi. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(4), 3472–3483. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i4.6357
Setyaningsih, T. (2017). Efektifitas tehnik hipnotik lima jari terhadap tingkat ansietas pasien yang dirawat di Rumah Sakit Husada Jakarta. Jurnal Kesehatan Holistic, 1(1). https://ejournal.stikesrshusada.ac.id/inde x.php/jkh/issue/view/7
Suryana, E., Wulandari, S., Sagita, E., & Harto, K. (2022). Perkembangan masa remaja akhir (tugas, fisik, intelektual, emosi, sosial dan agama) dan implikasinya pada pendidikan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 2614–8854. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Tim Riskesdas 2018. (2019). Laporan Riskesdas 2018 Nasional. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB). https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514/
Wabia, Y., Martina, & Alfiandi, R. (2024). Tingkat ansietas mahasiswa Fakultas Keperawatan dalam mengikuti ujian praktik laboratorium. Jurnal Ilmu Keperawatan, 12(2), 65–72. https://jurnal.usk.ac. id/JIK/article/download
Wahdi, A. E., Setyawan, A., Putri, Y. A., Wilopo, S. A., Erskine, H. E., Wallis, K., McGrath, C., Blondell, S. J., Whiteford, H. A., & Scott, J. G. (2022). I-NAMHS: Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (D. A. Nadhira, Trans.; 1st ed.). Pusat Kesehatan Reproduksi. https://qcmhr.org/outputs/reports/12-i-namhs-report-bahasa-indonesia
WHO. (2019). Anxiety disorders. https://doi.org/https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-disorders
Widyastuti, C., Saptrians, R., & Ulumiyah, N. miftahul. (2021). panic attack akibat covid 19 (sebuah studi pada mahasiswa uin sunan kalijaga yogyakarta). Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 18(01), 81–91. https://doi.org/10.14421/hisbah.2021.181-07
Windari, S. G., aziz, A. R., & Indriati, G. (2023). The Relationship Between Peer Social Support and Anxiety in Facing Nursing Student Skill Laboratory Examinations. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health E-ISSN, 2(2). https://www.rayyanjurnal.com/index.php/jetish/article/view/888
Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Remaja dan konformi (N. Hidayanti, Ed.; 1st ed.). Ahlimedia press (Anggota IKAPI: 264/JTI/2020.
Yunitasari, N. I. (2022). Skripsi hubungan dukungan teman sebaya dengan tingkat stres mahasiswa dalam menyusun skripsi. https://repository.stikes-bhm.ac.id/1676/1/201802118.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ananda Melia Putri, Dian Fitria, Tri Setyaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


