HUBUNGAN ANTARA STATUS KEPESERTAAN BPJS DENGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48638Keywords:
BPJS, jaminan kesehatan nasional, mutu pelayanan kesehatan, non-PBI, PBI, persepsi pasienAbstract
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan bertujuan memberikan jaminan kesehatan menyeluruh bagi seluruh masyarakat Indonesia. Peserta JKN terdiri dari Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Non-PBI. Meskipun kepesertaan meningkat, kepuasan atas mutu pelayanan kesehatan masih menjadi isu, khususnya pada kelompok peserta JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status kepesertaan BPJS (PBI dan Non-PBI) dengan persepsi mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pasien BPJS (PBI dan Non-PBI) yang berkunjung ke RSUD Kota Manado dengan total populasi 4.509 pasien. Sampel berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan teknik quota sampling, masing-masing 50 dari kelompok PBI dan 50 dari kelompok Non-PBI. Variabel independen adalah status kepesertaan BPJS dan variabel dependen adalah persepsi mutu pelayanan kesehatan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden (87%) memiliki persepsi pelayanan yang sangat baik. Namun, hasil uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status kepesertaan BPJS dengan persepsi mutu pelayanan kesehatan (p = 0,058). meskipun persepsi mutu pelayanan dinilai sangat baik oleh mayoritas pasien, status kepesertaan BPJS tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi tersebut.References
A jrini, F., Latifah, N., Hermansyah, D., & Firda, N. (2021). Studi ketidakpatuhan membayar iuran BPJS kesehatan peserta non PBI bukan penerima upah di Kelurahan Cempaka Putih tahun 2018. Muhammadiyah Public Health Journal, 1(2). Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MPHJ/
Ambat, M. P., Pangemanan, M., & Mamuaja, P. (2020). Hubungan mutu pelayanan BPJS Kesehatan dengan kepuasan pasien peserta JKN di RSUD Biak. Jurnal Kesehatan Masyarakat UNIMA, 1(4), 25–29.
Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., & Putri, A. O. (2019). Hubungan usia, tingkat pendidikan, fasilitas kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(2), 40– 46.
Arifin, S., Rahman, F., & Pujianti, N. (2024). Manajemen mutu organisasi kesehatan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) . 2024 .Hak Cipta © 2024 BPJS Kesehatan. Https://Www.Bpjs-Kesehatan.Go.Id/#/Profil?Tab= Tugas-D an-Fungsi
BPJS Kesehatan. 2017. Laporan Pengelolaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Sulawesi Selatan: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan
Cahyani, W., & Nursalam. (2020). Perbedaan Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan antara Peserta JKN PBI dan Non-PBI di RSUD Ibnu Sina Gresik. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 8(1), 55-62.
Faradila, M. D., Rukmana, N. M., & Putri, D. U. P. (2024). Hubungan mutu pelayanan terhadap kunjungan ulang pasien BPJS rawat jalan di UPTD Puskesmas Kedondong. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 13(2), 142–151.
Febriyani, R., Meirawan, R. F., & Syafei, A. (2023). Pengaruh unit pelayanan, jenis kelamin dan metode pembayaran terhadap kepuasan pasien rumah sakit. Dohara Publisher Open Access Journal, 3(4), 140–149.
Fildzah, S., (2016). Wilingnes To Pay Fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Kota Banda Aceh. Universitas Syah Kuala, Banda Aceh.
Hakim, F. A., & Suryawati, C. (2019). Analisis hubungan karakteristik pasien peserta BPJS dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat inap di RSU Darul Istiqomah Kendal. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(3), 157–162.
Kementerian Kesehatan RI. (2023). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2022.
Korompis, G. E. C. (2021). Jaminan Kesehatan Nasional. CV. Patra Media Grafindo Bandung. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Kurniasih, D., Widagdo, L., & Yulia, D. (2019). Pengaruh Jaminan Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 22(3), 150–158.
Lestari, D. A., Ramadhan, D., & Susanti, A. (2020). Hubungan Antara Keandalan Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 14(2), 90–97.
Marfuah, F. F., Wariyanti, A. S. and Sutrisno, T. A. 2023. „Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Non BPJS Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di RSU Indo Sehat Kebakkramat‟, Indonesian Journal of Health Information Management (IJHIM) Vol., 3(1), pp. 1–5.
Nugroho, D. P., Handayani, P. W., & Saraswati, L. D. (2018). Pengaruh Bukti Fisik Pelayanan terhadap Persepsi Mutu di Rumah Sakit Pemerintah. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(1), 20–27.
Pohan, I. S. (2007). Jaminan mutu layanan kesehatan. ISBN 9789794487273, 9794487279 Penerbit:Egc
Putri Nia Riski, Guspianto, & Hubaybah. (2022). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ).
Putri, E.A., 2014. Paham JKN Jaminan Kesehatan Nasional. Kota terbit : CV Komunitas Pejaten Mediatama
Putri, N. L., & Wulandari, F. (2021). Responsiveness Tenaga Kesehatan dan Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(3), 184–191.
RSUD Manado. (2024). Profil RSUD Manado. Retrieved from https://rsudmanado.manadokota.go.id/
Samosir, N. R. 2023. „Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Bpjs Dan Umum Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Jambi‟. Universitas Jambi.
Saraswati, L. D., Pradipta, R., & Hadi, S. (2021). Analisis Kepuasan Peserta BPJS PBI dan Non-PBI terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 17(1), 45–53.
Sari, Y. R., Nuraini, T., & Wibowo, T. (2022). Empati Tenaga Medis sebagai Faktor Penentu Persepsi Mutu Pelayanan Pasien. Jurnal Pelayanan Kesehatan, 10(1), 65–72.
Setyawan, F. E. B. dan Supriyanto, S. (2020) Manajemen Rumah Sakit. Zifatama Jawara. ISBN 9786025815508.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)
Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit
Widayanti, H., & Kurniawati, R. (2020). Perbandingan Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan antara Peserta BPJS PBI dan Non-PBI di Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 8(2), 89–96
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhea Pricilya Lamongi, Grace E.C. Korompis, Chreisye K. F. Mandagi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


