PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA ORIENTASI PASIEN BARU TERHADAP KEPUASAN PASIEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48623Keywords:
kepuasan pasien, komunikasi efektif, orientasi pasien baruAbstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting dalam menilai kualitas pelayanan rumah sakit. Komunikasi efektif menjadi kunci dalam menciptakan hubungan yang baik antara tenaga kesehatan dan pasien, terutama pada tahap orientasi pasien baru. Orientasi ini memiliki peran penting dalam memberikan informasi awal, membangun rasa percaya, dan menciptakan kesan pertama terhadap pelayanan rumah sakit. Pelayanan orientasi yang dilakukan secara komunikatif dan profesional akan menciptakan pengalaman positif yang berdampak pada peningkatan kepuasan serta loyalitas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan komunikasi efektif pada orientasi pasien baru terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Indriati Solo Baru. Penelitian ini menggunakan observasional dengan desain studi kasus pada dua responden pasien baru rawat inap di salah satu bangsal rumah sakit. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara setelah pelaksanaan orientasi pasien baru oleh perawat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi yang jelas, empatik, dan informatif oleh perawat berdampak positif terhadap kepuasan pasien. Kedua responden menyatakan puas terhadap proses orientasi yang dilakukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan komunikasi efektif saat orientasi dengan tingkat kepuasan pasien. Pasien dan keluarga merasa lebih dihargai, dipahami, dan memiliki kepercayaan lebih terhadap layanan yang diberikan. Oleh karena itu, penerapan komunikasi efektif dalam proses orientasi perlu menjadi perhatian utama untuk mendukung peningkatan mutu pelayanan keperawatan.References
Alfanika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama
Amalina, N. R., Latifah, L., Setiawati, N. 2021. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Covid-19 Dengan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Saat Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Purwokerto Selatan. Skripsi. http://repository.unsoed.ac.id/
Andhita Sari, A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Deepublish.
Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Burgess, A., van Diggele, C., Roberts, C., & Mellis, C. (2020). The Effect Of Sbar Communication On Nurse Attitude In Increasing Patient Safety In Krmt Wongsonegoro Hospital, Semarang. In BMC Medical Education (Vol. 20). BioMed Central Ltd.https://doi.org/10.1186/s12909-020-02285-0
Damanik, M. (2019) ‘No Title’, Jurnal Kesehatan Andalas, 8 (4). doi: DOI: 10.25077/jka.v8i4.1131
Evisusanti, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 3, 56 – 99
Fajriyah, N., Wijaya, H., Mamesah, M., Marga, I. (2023). Strategi Meningkatkan Komunikasi Efektif dan Keselamatan Pasien dengan SBAR diantara Tim Kesehatan di Rumah Sakit: Tinjauan Sistematis. Jurnal of Health Management Research, 2(1), 8.
Fanny, dkk. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Model Praktik Keperawatan Profesional Terhadap Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap Rs Marinir. Malahayati Health Student Journal, Vol.2, No.3, 598-610.
Firnanda, F., Puspitasari, S. C., & Arwani, M. (2022). Hubungan Komunikasi yang Efektif dengan Kepuasan Pasien Instalasi Jalan di UPTD Puskesmas Pandaan. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 10(2), 82–90. https://doi.org/10.47794/jkhws.v10i2.444
Handayani, I. T. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Pelaksanaan Orientasi Pasien Baru dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Anton Soedjarwo Bhayangkara. Jurnal Keperawatan Untan
Istiana, M. N., Ahmad, L. O. A. I., & Liaran, R. D.(2019). Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Kesehatan Masyarakat Celebes, 01(02), 24–31. http://jkmc.or.id/ojs/index.php/jkmc/article/view/23
I. Wayan Sudarta Dkk, 2019. Manajemen Keperawatan : Teori & Aplikasi Praktik keperawatan. Cetakan I. Gosyen Publishing: Jakarta
Kemenkes RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia
Maame Kissiwaa Amoah, V., Anokye, R., Boakye, D. S., & Gyamfi, N. (2018). Perceived barriers to effective therapeutic communication among nurses and patients at Kumasi South Hospital. Cogent Medicine, 5(1), 1459341. https://doi.org/10.1080/2331205x.2018.1459341
Moslehpour, M., Shalehah, A., Rahman, F. F., & Lin, K. H. (2022). The Effect of Physician Communication on Inpatient Satisfaction. In Healthcare(Switzerland)(Vol.10,Issue3).MDPI.https://doi.org/10.3390/healthcare100 3046
Mukin, F. A. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pertolongan Pertama Di Unit Gawat Darurat Di RSUD DR.TC.HILLERS. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 7(1)
Müller, M., Jürgens, J., Redaèlli, M., Klingberg, K., Hautz, W. E., & Stock, S. (2018). Impact of the communication and patient hand-off tool SBAR on patient safety: A systematic review. In BMJ Open (Vol. 8, Issue 8). BMJ Publishing Group. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2018-022202
Mustikasari, M., Hanim, W., Mardiana, S., Haryadi, Y., Nurrahman, A., Kirana, L. C., & Shafwan, A. Z. (2023). Analisis Kepuasan Mustahik Terhadap Pelayanan Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung. Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(2), 179–192.
Nur Hidayah. Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (Makp) Tim Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit 2020 nursalam, Pelaksanaan Standar Ketepatan Identifikasi Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Sinar Husni Medan Tahun 2018.
Pohan, I. S. (2021). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Ratna Sari, D., Kartikasari, D., & Herya Ulfah, N. (2021). Impact of Effective Communication on the Quality of Excellent Service and Patient Satisfaction in the Outpatient Department. KnE Life Sciences. https://doi.org/10.18502/kls.v0i0.8883
Simamora (2019). The Influence of Traning Handover Based SBAR communication for improving Patients Safety .Indian Journal of Public Health Research & Development
Simanjuntak, Y. T. (2019). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Kemoterapi One Day Care Rumah Sakit Murni Teguh Memorial Hospital Medan . Jurnal Online Keperawatan Indonesia Vol. 2 No. 1
Solehati, T., Sriati, A., & Kosasih, C. E. (2020). Intervention To Reduce Post- Partum Depression
Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645
Tirta, Sinta Dewi, dkk. 2022. Tingkat Kepuasan Pasien Berdasarkan Komunikasi Interpersonal Petugas Pendaftaran di RS Khusus Bedah Hasta Husada. Journal Health Care Media. Vol. 6 No. 1 April 2022 ISSN : 2089-4228. Halaman 51-57
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syakila Zaini, Andriani Mei Astuti, Agus Setyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


