PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA ORIENTASI PASIEN BARU TERHADAP KEPUASAN PASIEN

Authors

  • Syakila Zaini Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Andriani Mei Astuti Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Agus Setyawan Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48623

Keywords:

kepuasan pasien, komunikasi efektif, orientasi pasien baru

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting dalam menilai kualitas pelayanan rumah sakit. Komunikasi efektif menjadi kunci dalam menciptakan hubungan yang baik antara tenaga kesehatan dan pasien, terutama pada tahap orientasi pasien baru. Orientasi ini memiliki peran penting dalam memberikan informasi awal, membangun rasa percaya, dan menciptakan kesan pertama terhadap pelayanan rumah sakit. Pelayanan orientasi yang dilakukan secara komunikatif dan profesional akan menciptakan pengalaman positif yang berdampak pada peningkatan kepuasan serta loyalitas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan komunikasi efektif pada orientasi pasien baru terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Indriati Solo Baru. Penelitian ini menggunakan observasional dengan desain studi kasus pada dua responden pasien baru rawat inap di salah satu bangsal rumah sakit. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara setelah pelaksanaan orientasi pasien baru oleh perawat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi yang jelas, empatik, dan informatif oleh perawat berdampak positif terhadap kepuasan pasien. Kedua responden menyatakan puas terhadap proses orientasi yang dilakukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan komunikasi efektif saat orientasi dengan tingkat kepuasan pasien. Pasien dan keluarga merasa lebih dihargai, dipahami, dan memiliki kepercayaan lebih terhadap layanan yang diberikan. Oleh karena itu, penerapan komunikasi efektif dalam proses orientasi perlu menjadi perhatian utama untuk mendukung peningkatan mutu pelayanan keperawatan.

References

Alfanika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama

Amalina, N. R., Latifah, L., Setiawati, N. 2021. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Covid-19 Dengan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Saat Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Purwokerto Selatan. Skripsi. http://repository.unsoed.ac.id/

Andhita Sari, A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Deepublish.

Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Burgess, A., van Diggele, C., Roberts, C., & Mellis, C. (2020). The Effect Of Sbar Communication On Nurse Attitude In Increasing Patient Safety In Krmt Wongsonegoro Hospital, Semarang. In BMC Medical Education (Vol. 20). BioMed Central Ltd.https://doi.org/10.1186/s12909-020-02285-0

Damanik, M. (2019) ‘No Title’, Jurnal Kesehatan Andalas, 8 (4). doi: DOI: 10.25077/jka.v8i4.1131

Evisusanti, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 3, 56 – 99

Fajriyah, N., Wijaya, H., Mamesah, M., Marga, I. (2023). Strategi Meningkatkan Komunikasi Efektif dan Keselamatan Pasien dengan SBAR diantara Tim Kesehatan di Rumah Sakit: Tinjauan Sistematis. Jurnal of Health Management Research, 2(1), 8.

Fanny, dkk. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Model Praktik Keperawatan Profesional Terhadap Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap Rs Marinir. Malahayati Health Student Journal, Vol.2, No.3, 598-610.

Firnanda, F., Puspitasari, S. C., & Arwani, M. (2022). Hubungan Komunikasi yang Efektif dengan Kepuasan Pasien Instalasi Jalan di UPTD Puskesmas Pandaan. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 10(2), 82–90. https://doi.org/10.47794/jkhws.v10i2.444

Handayani, I. T. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Pelaksanaan Orientasi Pasien Baru dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Anton Soedjarwo Bhayangkara. Jurnal Keperawatan Untan

Istiana, M. N., Ahmad, L. O. A. I., & Liaran, R. D.(2019). Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Kesehatan Masyarakat Celebes, 01(02), 24–31. http://jkmc.or.id/ojs/index.php/jkmc/article/view/23

I. Wayan Sudarta Dkk, 2019. Manajemen Keperawatan : Teori & Aplikasi Praktik keperawatan. Cetakan I. Gosyen Publishing: Jakarta

Kemenkes RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia

Maame Kissiwaa Amoah, V., Anokye, R., Boakye, D. S., & Gyamfi, N. (2018). Perceived barriers to effective therapeutic communication among nurses and patients at Kumasi South Hospital. Cogent Medicine, 5(1), 1459341. https://doi.org/10.1080/2331205x.2018.1459341

Moslehpour, M., Shalehah, A., Rahman, F. F., & Lin, K. H. (2022). The Effect of Physician Communication on Inpatient Satisfaction. In Healthcare(Switzerland)(Vol.10,Issue3).MDPI.https://doi.org/10.3390/healthcare100 3046

Mukin, F. A. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pertolongan Pertama Di Unit Gawat Darurat Di RSUD DR.TC.HILLERS. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 7(1)

Müller, M., Jürgens, J., Redaèlli, M., Klingberg, K., Hautz, W. E., & Stock, S. (2018). Impact of the communication and patient hand-off tool SBAR on patient safety: A systematic review. In BMJ Open (Vol. 8, Issue 8). BMJ Publishing Group. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2018-022202

Mustikasari, M., Hanim, W., Mardiana, S., Haryadi, Y., Nurrahman, A., Kirana, L. C., & Shafwan, A. Z. (2023). Analisis Kepuasan Mustahik Terhadap Pelayanan Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung. Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(2), 179–192.

Nur Hidayah. Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (Makp) Tim Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit 2020 nursalam, Pelaksanaan Standar Ketepatan Identifikasi Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Sinar Husni Medan Tahun 2018.

Pohan, I. S. (2021). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Ratna Sari, D., Kartikasari, D., & Herya Ulfah, N. (2021). Impact of Effective Communication on the Quality of Excellent Service and Patient Satisfaction in the Outpatient Department. KnE Life Sciences. https://doi.org/10.18502/kls.v0i0.8883

Simamora (2019). The Influence of Traning Handover Based SBAR communication for improving Patients Safety .Indian Journal of Public Health Research & Development

Simanjuntak, Y. T. (2019). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Kemoterapi One Day Care Rumah Sakit Murni Teguh Memorial Hospital Medan . Jurnal Online Keperawatan Indonesia Vol. 2 No. 1

Solehati, T., Sriati, A., & Kosasih, C. E. (2020). Intervention To Reduce Post- Partum Depression

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645

Tirta, Sinta Dewi, dkk. 2022. Tingkat Kepuasan Pasien Berdasarkan Komunikasi Interpersonal Petugas Pendaftaran di RS Khusus Bedah Hasta Husada. Journal Health Care Media. Vol. 6 No. 1 April 2022 ISSN : 2089-4228. Halaman 51-57

Downloads

Published

2025-09-27