HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MUTU JASA PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS POIGAR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48548Keywords:
Kepuasan Pasien, Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan, PersepsiAbstract
Kepuasan pasien dianggap sebagai tanda jika seorang pasien sudah terpenuhi harapanya, didapati layanan medis yang optimal secara memperhatikan kemampuan keluarga serta pasienya. Studi ini berjenis kuantitatif secara bermetode survey pendekatan cross sectional study. Total sampelnya mencakup 95 pasien rawat jalan yang ditentukan dari syarat eklusi serta inklusi. Lalu untuk datanya dikumpulkan dari angket yang sudah diujikan reabilitas serta validitasnya. Untuk menganalisa datanya akan memakai pengujian Chi-square berbantuan SPSS serta Microsoft Excel. Dari hasil analisa dengan mencakup lima dimensi mutu layanan kesehatan seperti, jaminan, kehandalan, empati, daya tanggap serta bukti fisik pada kepuasan pasien melalui pengujian Pearson Chi-Square dimana p value < (0,05) mengindikasikan ada kaitan antar persepsi mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Poigar Kab Bolaang Mongondow. Simpulan dari studi ini makin positifnya persepsi pasien pada mutu pelayanan yang diberi, sehingga akan meningkat juga tingkat kepuasanya. Ini mengindikasikan jika kualitas layanan yang dirasakan pasien berdampak pada kepuasanya untuk menerima layanan medis di puskesmas tersebut.References
Andi, L.P.D. dan M.A. (2019) Manajemen Pelayanan yang baik dengan Kepuasan Pasien yang Tinggi, Manajemen Pelayanan yang baik dengan Kepuasan Pasien yang Tinggi.
Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sepatan. Journal of Nursing Practice and Education, 1(2), 169-180.
Agustina, D., Arianti, A. F., Damanik, B. E. B., Rambe, I., & Sitorus, R. N. B. (2023). Kriteria Personalia Terkait Keberlangsungan Pelayanan Puskesmas. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(2), 129- 135.
Ferial, L., & Wahyuni, N. (2022). Mutu pelayanan kesehatan meningkat dengan menerapkan keselamatan pasien di puskesmas. Journal of Baja Health Science, 2(01), 36-46.
Idris, H. (2019) ‘buku mutu pelayanan kesehatan by Haerawati Idris’, p. 159. Available at: https://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41308/contents.
Komaling, M., Wowor, R.E. and Tucunan, A.A.T. (2020) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Mutu jasa pelayanan kesehatan di setiap puskesmas pasti berbeda antara satu dengan lainnya, melalui perbedaan itu kita dapat mengetahui apakah mutu jasa pelayanan kesehatan puskesmas menjadi lebih baik atau malah sebalik’, 9(4), pp. 118–124.
Kemenkes Nomor 30 Tahun (2022) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu’, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, (879), pp. 2004–2006.
Komaling, P.E., Rumayar, A.A. and Engkeng, S. (2023) ‘Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan’, KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 12(1), pp. 79–85.
Lontaan, V. et al. (2019) ‘Hubungan Antara Persepsi Pasien Terhadap Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara’, Kesmas, 7(5).
Mongdong, W.E.E., Kolibu, F.K. and Maramis, F.R.R. (2021) ‘Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kakaskasen Kota Tomohon’, Jurnal KESMAS, 10(6), pp. 72–81.
Manorek, L., Tucunan, A.A.T. and Ratag, B.T. (2020) ‘Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Puskesmas Pingkan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan’, Jurnal KESMAS, 9(2), pp. 1–6.
Meruntu, I. S. E., Wowor, R. E., & Rumayar, A. A. (2020). Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(2), 027-031.
Mundung, R., Wowor, R., & Maramis, F. R. (2019). Pengaruh Persepsi Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Motoling Barat. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 8(7).
Nisa, A. H., Hasna, H., & Yarni, L. (2023). Persepsi. KOLONI, 2(4), 213-226.
Pratiwi, C. D., Rumayar, A. A., & Mandagi, C. K. (2018). Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Mopuya Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolaang Mongondow. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(5).
Prasastin, O.V. (2025) ‘Buku Ajar : Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan I’. Available at: www.freepik.com.
Ruus, A.A.S., Tucunan, A.A.T.. and Mandagi, C.K.F. (2019) ‘Hubungan Antara Persepsi Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Gmim Siloam Sonder’, Jurnal KESMAS, 8(7), pp. 402–408.
Supriyati, K., & Kusumaningsih, I. (2023). Analisis Faktor Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(12), 2371-2380.
Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116-126.
Satrianegara, M. (2014). Organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan teori dan aplikasi dalam pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit. Jakarta: onesearch.id.
Toliaso, C. S., Mandagi, C. K., & Kolibu, F. K. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado. Kesmas, 7(4).
Tawalujan, T. W., Korompis, G. E., & Maramis, F. R. (2018). Hubungan Antara Status Akreditasi Puskesmas Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Kota Manado. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(5).
Taekab, A. H., Suryawati, C., & Kusumastuti, W. (2019). Analisis persepsi pasien terhadap mutu pelayanan Puskesmas dan hubungannya dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 31-40.
Walukow, D. N., Rumayar, A. A., & Kandou, G. D. (2019). Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 8(4).
Zulfahmidah, Z., & Rahman, R. A. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sendana. Indonesian Journal of Health, 2(01), 8-17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Murdini Potabuga, Ardiansa A. T. Tucunan, Chreisye K. F. Mandagi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


