HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR, PERAN ORANGTUA DAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48541Keywords:
BBL, Peran Orangtua, Gadget, Perkembangan EmosiAbstract
Perkembangan emosi anak merupakan salah satu bentuk komunikasi sehingga anak dapat mengungkapkan segala kebutuhannya dan perasaannya kepada orang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan berat badan lahir anak, peran orangtua dan durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan emosi anak usia 4-6 Tahun di Kec. Simpang Teritip Prov. Bangka Belitung Tahun 2025. Menggunakan desain cross-sectional dengan subjek yaitu 58 anak usia 4-6 Tahun yang berdomisili di Kec. Simpang Teritip, Teknik pengambilan sampel menggunakan penarikan sampel acak terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah SDQ (Strenghts and Difficulties). Analisa data yang digunakan yaitu uji spearman rho’. Hasil uji spearman rho’ dengan nilai (r) : sebesar -0.001 dengan Sig (2-tailed) 0.994 > α (0,05) untuk berat badan lahir anak, nilai (r) = 0.393* dengan Sig (2-tailed) 0.002 < α (0,05) untuk peran orangtua, nilai (r) 0.659** dengan Sig (2-tailed) 0.000 atau lebih kecil α (0,05) untuk durasi penggunaan gadget. Tidak ada hubungan antara berat badan lahir anak terhadap perkembangan emosi anak usia 4-6 Tahun. Ada hubungan antara peran orangtua dan durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan emosi anak usia 4-6 Tahun di Kec. Simpang Teritip Prov. Bangka Belitung Tahun 2025.References
Amelia, C. (2022). Peran Orangtua dalam Pengembangan Aspek Sosial-Emosional Anak Usia Dini.
Badan Pusat Statistik. (2020). ANALISIS PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI INDONESIA 2018 Integrasi Susenas dan RIskesdas 2018.
Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat. (2023). Profil Anak Usia Dini 2023 (W. Winarsih, Ed.; Vol. 04). Badan Pusat Statistik.
GLOBAL_DATAFLOW_2015-2024. (n.d.).
Hartati, L., Uswatun, A., D3, P., & Klaten, S. M. (n.d.). INVOLUSI JurnallmuKebidanan SekolahTinggiIlmuKesehatanMuhammadiyahKlaten.
Hassen, T. A., Chojenta, C., Egan, N., & Loxton, D. (2021). The association between birth weight and proxy-reported health-related quality of life among children aged 5 − 10 years old: A linked data analysis. BMC Pediatrics, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12887-021-02882-y
Juliantika, L., Husnaini, N., Sabila, R. T., Windira, W., & Noviani, D. (2023). PERAN DAN POLA ASUH ORANG TUA PADA TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI. Jurnal I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2).
Junaidi, & Anhar, N. (2023). Hubungan Berat Badan Lahir dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Baluase. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(7), 896–700.
Kemenkes RI. (2022). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.
Kementerian Kesehatan RI. (2022). Buku Bagan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar (M. N. Sitaremi, B. W. Indraswari, R. Sutomo, N. Nurani, I. S. Hidayati, L. Hardiyanti, I. K. Wardhani, & D. A. Hapsari, Eds.). Direktorat Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes RI.
Makrufiyani, D., Arum, D. N. S., & Setiyawati, N. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Perkembangan Balita Di Sleman Yogyakarta. JURNAL NUTRISIA, 22(1), 23–31. https://doi.org/10.29238/jnutri.v22i1.106
Maula, I., Rahmayanti, S. D., & Yuswandi. (2024). HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH DI TK MURAI SEJAHTERA KABUPATEN SUMEDANG. Jurnal Kesehatan Kartika, 19(02), 91–98.
Nuraini, F., & Wardhani, J. D. (2023). Hubungan Durasi Bermain Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2245–2256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4198
Purwanza, S. W., Wardhana, A., Mufidah, A., Renggo, Y. R., Hudang, A. K., Setiawan, J., Darwin, Badi’ah, A., Sayekti, S. P., Fadlilah, M., Nugrohowardhani, R. L. K. R., Amruddin, Saloom, G., Hardiyani, T., Prisusanti, R. D., & Rasinus. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kuallitatif dan Kombinasi (A. Munandar, Ed.). CV.MEDIA SAINS INDONESIA.
Resti, E., Hayati, F., & Mutiawati, Y. (2022). ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD IBNU SINA ACEH BESAR . Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).
SDQ_Indonesian_pt4-17single. (n.d.).
Šimić, G., Tkalčić, M., Vukić, V., Mulc, D., Španić, E., Šagud, M., Olucha-Bordonau, F. E., Vukšić, M., & Hof, P. R. (2021). Understanding emotions: Origins and roles of the amygdala. In Biomolecules (Vol. 11, Issue 6). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/biom11060823
Siregar, K. Z. S., & Sit, M. (2024). The Role of Parents in Early Childhood Social Emotional Development. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(2), 143–150. https://doi.org/10.51178/ce.v5i2.1904
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Sutinah, Arri Handayani, & Dini Rakhmawati. (2023). Meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 Tahun melalui bermain peran. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05).
Švandová, L., Ptáček, R., Vňuková, M., Ptáčková, H., Anders, M., Bob, P., Weissenberger, S., Marková, D., Sebalo, I., Raboch, J., & Goetz, M. (2022). Cognitive and Socioemotional Development at 5 and 9 Years of Age of Children Born with Very Low Birth Weight and Extremely Low Birth Weight in the Czech Republic. Medical Science Monitor, 28. https://doi.org/10.12659/MSM.935784
Unicef. (2023). Low Birth Weight.
Wijayanto, A. (2020). DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gira Menzi, Ernita Prima Noviyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


