HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI REMAJA DI SMA NEGERI 1 LANGOWAN

Authors

  • christine mawu Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Maureen I. Punuh Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Afnal Asrifuddin Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48509

Keywords:

gizi seimbang, pengetahuan, remaja, status gizi

Abstract

Remaja merupakan kelompok usia yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan pesat sehingga memerlukan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Pengetahuan remaja tentang pengetahuan gizi adalah pemahaman seseorang tentang ilmu gizi, zat gizi, serta interaksi antara zat gizi terhadap status gizi dan kesehatan. Pengetahuan gizi yang kurang dapat dapat berdampak pada pola makan yang tidak tepat dan berujung pada masalah gizi seperti gizi kurang, gizi lebih, maupun obesitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisubungan antara pengetahuan gizi seimbang dan status gizi pada remaja di SMA Negeri 1 Langowan. Melalui pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling, data dikumpulkan dari 110 responden yang terdiri dari siswa kelas X dan XI. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner pengetahuan gizi seimbang serta pengukuran antropometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki pengetahuan gizi seimbang yang kurang (62,7%) dan status gizi yang baik (64,5%), meskipun terdapat terdapat status gizi tidak baik sebanyak (34,5%). Analisis menggunakan uji Chi-Square diperoleh nilai p-value = 0,022. Karena nilai p< 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan gizi berperan dalam memengaruhi status gizi remaja. Semakin baik pengetahuan seseorang tentang gizi seimbang, maka semakin besar kemungkinan individu tersebut memiliki kebiasaan makan yang sehat, sehingga status gizinya cenderung baik. Dari hasil penelitian ini, disarankan agar sekolah meningkatkan program penyuluhan gizi. Selain itu, perlu adanya kerja sama dengan kantin untuk menyediakan pilihan makanan sehat dan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi status gizi remaja. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan gizi seimbang dan memperbaiki status gizi remaja secara keseluruhan.

References

Agustin, D., Andini, R.F. And Arianti, D. (2022) ‘hubungan pola makan dengan status

anemia pada remaja putri kelas xii sman 1 kedungwaringin the relationship of dietary

patterns with anemia status in adolescent woment class xii of sma n 1 kedungwaringin

volume 08 no 02 2022’, 08(02), pp. 23–31.

Anggraini, R. and Dewi, G.K. (2022) ‘Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang Dan Gaya

Hidup Dengan Status Gizi Remaja Di Sma Muhammadiyah Cileungsi’, Jurnal

Pangan Kesehatan dan Gizi Universitas Binawan, 2(2), pp. 1–11. Available at:

https://doi.org/10.54771/jakagi.v2i2.311.

Anwar, F., Sari, N. P., & Rahman, M. F. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi

pada Remaja di Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 14(1), 45–53.

https://doi.org/10.25077/jkma.14.1.45-53.2020

Ariaini, S., Nisa, A., Yulianti, Y., & Solechah, S. A. (2022). Hubungan pengetahuan gizi dan

aktivitas fisik dengan status gizi remaja perempuan di smp negeri 1 banjarbaru.

Jurnal kesehatan indonesia, 13(1), 1–5.

Aulia, N. R. (2021). Peran pengetahuan gizi terhadap asupan energi, status gizi dan sikap

tentang gizi remaja. Jurnal ilmiah gizi dan kesehatan (jigk), 2(02), 31–35.

Febrianty, H. (2023). Hubungan kejadian diare, pengetahuan gizi seimbang dan tingkat

kecukupan zat gizi makro terhadap status gizi pada remaja putri di pondok pesantren

darud da’wah wal irsyad mangkoso kabupaten barru sulawesi selatan (skripsi,

universitas islam negeri walisongo

https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22553/

Handayani, A. D., dkk. (2022). Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dan Gaya Hidup

dengan Status Gizi Remaja di SMA Muhammadiyah Cileungsi. Jurnal Akademika

Gizi, 2(2), 173-182. https://doi.org/10.54771/jakagi.v2i2.311

Hasanah, M. D. (2023). Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Status

Siswa SMP Negeri 1 Salo.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Peraturan menteri kesehatan

republik indonesia nomor 41 tahun 2014 tentang pedoman gizi seimbang.

Jakarta: kementerian kesehatan RI.

Gizi pada

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan menteri kesehatan

republik indonesia nomor 2 tahun 2020 tentang standar antropometri anak.

Jakarta: kementerian kesehatan RI

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Rilis Hasil Survei Status Gizi Indonesia

2022. Diakses dari Kemenkes.

Notoatmodjo, S. (2007). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: rineka cipta.

Nurmalita, S. (2024). Studi Korelasi Pengetahuan Gizi dan Praktek Gizi Seimbang dengan

Status Gizi Remaja Putri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(1), 257-263.

Putri, T. P., Sitorus, R. J., & Rahmiwati, A. (2023). Hubungan pengetahuan tentang gizi

seimbang dengan status gizi pada remaja di kabupaten musi rawas. Jurnal ners, 7(2),

952–957. Https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.15646

Rahmawati, D. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Gizi Seimbang, Citra Tubuh, Tingkat

Kecukupan Energi dan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi pada Siswa SMA Negeri

86 Jakarta.

Suryawati, A., Kisnawaty, S.W. dan Setiyaningrum, Z. (2024) ‘hubungan pengetahuan

pedoman gizi seimbang terhadap status gizi remaja di smp muhammadiyah 1 gatak’,

7(1), pp. 1–6.

Tatontos, A., Musa, E. dan Punuh, M.I. (2024) ‘hubungan antara pengetahuan gizi seimbang

dengan status gizi pada siswa di sma negeri 7 manado’, jurnal bios logos, 13(3), pp.

309–315.

Widyastuti, N., Dieny, F., & Fitranti, D. Y. (2016). Asupan lemak jenuh dan serat pada

remaja obesitas kaitannya dengan sindrom metabolik. Jurnal gizi klinik indonesia,

12(4), 131–137.

Winarni, P., Pranoto, H., & Afriani, l. D. (2019). Hubungan antara pengetahuan tentang gizi

seimbang dengan perilaku pemenuhan gizi seimbang pada siswa kelas xi sma negeri 1

ungaran. Jurnal gizi dan kesehatan, 7(15), 1–8. Https://doi.org/10.35473/jgk.v7i15.8

Downloads

Published

2025-09-24