HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI REMAJA DI SMA NEGERI 1 LANGOWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48509Keywords:
gizi seimbang, pengetahuan, remaja, status giziAbstract
Remaja merupakan kelompok usia yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan pesat sehingga memerlukan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Pengetahuan remaja tentang pengetahuan gizi adalah pemahaman seseorang tentang ilmu gizi, zat gizi, serta interaksi antara zat gizi terhadap status gizi dan kesehatan. Pengetahuan gizi yang kurang dapat dapat berdampak pada pola makan yang tidak tepat dan berujung pada masalah gizi seperti gizi kurang, gizi lebih, maupun obesitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisubungan antara pengetahuan gizi seimbang dan status gizi pada remaja di SMA Negeri 1 Langowan. Melalui pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling, data dikumpulkan dari 110 responden yang terdiri dari siswa kelas X dan XI. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner pengetahuan gizi seimbang serta pengukuran antropometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki pengetahuan gizi seimbang yang kurang (62,7%) dan status gizi yang baik (64,5%), meskipun terdapat terdapat status gizi tidak baik sebanyak (34,5%). Analisis menggunakan uji Chi-Square diperoleh nilai p-value = 0,022. Karena nilai p< 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan gizi berperan dalam memengaruhi status gizi remaja. Semakin baik pengetahuan seseorang tentang gizi seimbang, maka semakin besar kemungkinan individu tersebut memiliki kebiasaan makan yang sehat, sehingga status gizinya cenderung baik. Dari hasil penelitian ini, disarankan agar sekolah meningkatkan program penyuluhan gizi. Selain itu, perlu adanya kerja sama dengan kantin untuk menyediakan pilihan makanan sehat dan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi status gizi remaja. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan gizi seimbang dan memperbaiki status gizi remaja secara keseluruhan.References
Agustin, D., Andini, R.F. And Arianti, D. (2022) ‘hubungan pola makan dengan status
anemia pada remaja putri kelas xii sman 1 kedungwaringin the relationship of dietary
patterns with anemia status in adolescent woment class xii of sma n 1 kedungwaringin
volume 08 no 02 2022’, 08(02), pp. 23–31.
Anggraini, R. and Dewi, G.K. (2022) ‘Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang Dan Gaya
Hidup Dengan Status Gizi Remaja Di Sma Muhammadiyah Cileungsi’, Jurnal
Pangan Kesehatan dan Gizi Universitas Binawan, 2(2), pp. 1–11. Available at:
https://doi.org/10.54771/jakagi.v2i2.311.
Anwar, F., Sari, N. P., & Rahman, M. F. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi
pada Remaja di Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 14(1), 45–53.
https://doi.org/10.25077/jkma.14.1.45-53.2020
Ariaini, S., Nisa, A., Yulianti, Y., & Solechah, S. A. (2022). Hubungan pengetahuan gizi dan
aktivitas fisik dengan status gizi remaja perempuan di smp negeri 1 banjarbaru.
Jurnal kesehatan indonesia, 13(1), 1–5.
Aulia, N. R. (2021). Peran pengetahuan gizi terhadap asupan energi, status gizi dan sikap
tentang gizi remaja. Jurnal ilmiah gizi dan kesehatan (jigk), 2(02), 31–35.
Febrianty, H. (2023). Hubungan kejadian diare, pengetahuan gizi seimbang dan tingkat
kecukupan zat gizi makro terhadap status gizi pada remaja putri di pondok pesantren
darud da’wah wal irsyad mangkoso kabupaten barru sulawesi selatan (skripsi,
universitas islam negeri walisongo
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22553/
Handayani, A. D., dkk. (2022). Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dan Gaya Hidup
dengan Status Gizi Remaja di SMA Muhammadiyah Cileungsi. Jurnal Akademika
Gizi, 2(2), 173-182. https://doi.org/10.54771/jakagi.v2i2.311
Hasanah, M. D. (2023). Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Status
Siswa SMP Negeri 1 Salo.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Peraturan menteri kesehatan
republik indonesia nomor 41 tahun 2014 tentang pedoman gizi seimbang.
Jakarta: kementerian kesehatan RI.
Gizi pada
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan menteri kesehatan
republik indonesia nomor 2 tahun 2020 tentang standar antropometri anak.
Jakarta: kementerian kesehatan RI
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Rilis Hasil Survei Status Gizi Indonesia
2022. Diakses dari Kemenkes.
Notoatmodjo, S. (2007). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: rineka cipta.
Nurmalita, S. (2024). Studi Korelasi Pengetahuan Gizi dan Praktek Gizi Seimbang dengan
Status Gizi Remaja Putri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(1), 257-263.
Putri, T. P., Sitorus, R. J., & Rahmiwati, A. (2023). Hubungan pengetahuan tentang gizi
seimbang dengan status gizi pada remaja di kabupaten musi rawas. Jurnal ners, 7(2),
952–957. Https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.15646
Rahmawati, D. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Gizi Seimbang, Citra Tubuh, Tingkat
Kecukupan Energi dan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi pada Siswa SMA Negeri
86 Jakarta.
Suryawati, A., Kisnawaty, S.W. dan Setiyaningrum, Z. (2024) ‘hubungan pengetahuan
pedoman gizi seimbang terhadap status gizi remaja di smp muhammadiyah 1 gatak’,
7(1), pp. 1–6.
Tatontos, A., Musa, E. dan Punuh, M.I. (2024) ‘hubungan antara pengetahuan gizi seimbang
dengan status gizi pada siswa di sma negeri 7 manado’, jurnal bios logos, 13(3), pp.
309–315.
Widyastuti, N., Dieny, F., & Fitranti, D. Y. (2016). Asupan lemak jenuh dan serat pada
remaja obesitas kaitannya dengan sindrom metabolik. Jurnal gizi klinik indonesia,
12(4), 131–137.
Winarni, P., Pranoto, H., & Afriani, l. D. (2019). Hubungan antara pengetahuan tentang gizi
seimbang dengan perilaku pemenuhan gizi seimbang pada siswa kelas xi sma negeri 1
ungaran. Jurnal gizi dan kesehatan, 7(15), 1–8. Https://doi.org/10.35473/jgk.v7i15.8
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 christine mawu, Maureen I. Punuh, Afnal Asrifuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


