ANALISIS PEMANFATAN APLIKASI MOBILE JKN SEBAGAI INOVASI PENDAFTARAN PASIEN DI RSD DR. SOEBANDI JEMBER

Authors

  • Shinta Annastasia Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Achmad Jaelani Rusdi Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Untung Slamet Suhariyono Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Mita Lailatul Qodar Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48262

Keywords:

Pendaftaran, APK Mobile JKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi Mobile JKN sebagai inovasi pendaftaran pasien di RSD dr. Soebandi Jember. Aplikasi ini merupakan salah satu terobosan digital dari BPJS Kesehatan yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan, termasuk pendaftaran kunjungan secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Mobile JKN memiliki fitur yang mendukung efisiensi pelayanan, seperti akses jadwal dokter dan pendaftaran tanpa antre, tingkat pemanfaatannya masih rendah Hal ini disebabkan oleh rendahnya literasi digital sebagian pasien, kurangnya sosialisasi dari pihak rumah sakit, serta belum optimalnya integrasi sistem antara Mobile JKN dan sistem informasi rumah sakit. Pembahasan menunjukkan bahwa pasien yang menggunakan aplikasi ini merasakan manfaatnya, namun diperlukan upaya strategis agar penggunaannya menjadi lebih luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Mobile JKN memiliki potensi besar sebagai inovasi pendaftaran pasien, namun keberhasilannya sangat bergantung pada edukasi masyarakat, peningkatan dukungan teknis, serta komitmen rumah sakit dalam mendukung transformasi digital pelayanan Kesehatan.

References

Angelita, M., Lukman, S., & Tahir, M. I. (2021). Inovasi dan efektivitas pelayanan melalui Mobile JKN pada BPJS Kesehatan di Jakarta Selatan. Medium, 9(2), 292-305.

Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(1), 78-84.

Kusumawati, R. M., Apriyani, A., Wulandari, K., & Suwignyo, S. (2024). Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Mobile JKN. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 13(1), 52-55.

Maulana, L. R., & Sari, I. (2024). Efektivitas Mobile Jkn Terhadap Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Dustira. Infokes (Informasi Kesehatan), 8(1), 44-51.

Nurhidayah, N., Purba, Q. K., Nugraha, R., & Gurning, F. P. (2024). Analisis Tingkat Pengetahuan dalam Pemanfaatan Layanan Mobile JKN. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1029-1034.

Purba, N. F., Annisa, F. S., Syafitri, A., & Purba, S. H. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dalam pelayanan kesehatan publik: Sebuah tinjauan analisis kebijakan. Jurnal Kesehatan Unggul Gemilang, 8(6).

Ramadhan, M. I. T., Susilo, K. D., & Fatah, Z. (2023). Evaluasi Inovasi Pelayanan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit William Booth Surabaya. Soetomo Administrasi Publik, 353-362.

Utami, P., Asnawi, M., & Firah, A. (2024). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Meningkatkan Pelayanan BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Bertha Kota Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 8(2), 30-37.

Wahidah, M., Syaiful, A. R., Najib, R. O., Prasetiya, I., Bakhri, A. S., Yuliana Sari, A. R., ... & Edwin Jenuar, I. G. B. (2023). Efektivitas Implementasi Monitoring Intensif Pemanfaatan Antrean Online melalui Mobile JKN di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) Champion Kantor Cabang Bulukumba Tahun 2022. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 3(1), 116-129.

Wahyuni, F. (2019). Inovasi pelayanan jaminan kesehatan berbasis teknologi melalui Mobile JKN di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bandar Lampung. Jurnal Analisis Sosial Politik, 3(2), 114-125.

Yunizar, Z., Rusnani, R., Ardian, Z., Aidilof, H. A. K., & Maulana, O. M. M. (2023). Analisis Sentimen Pada Twitter Terhadap Aplikasi Mobile Jkn Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Journal Of Informatics And Computer Science, 9(2), 103-111.

Yuliastuti, H., & Jawahir, M. (2023). Analisis Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Layanan Kesehatan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional Di Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), 28-40.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., ... & Fasa, M. I. (2021). Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing.

Downloads

Published

2025-09-30