PENERAPAN TERAPI BERMAIN MEWARNAI DENGAN PASIR WARNA TERHADAP KECEMASAN HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Authors

  • niya nurmawati Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Totok Wahyudi Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ikrima Rahmasari Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Rosalia Dian Arsyta Putri Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.48122

Keywords:

Hospitalisasi, Kecemasan, Prasekolah, Terapi Bermain

Abstract

Usia Prasekolah merupakan masa yang menyenangkan bagi anak, selain itu anak juga memiliki rasa ingin tau tinggi sehingga terkadang apabila tidak diawasi dapat melakukan tindakan berbahaya yang beresiko membahayakan diri sendiri dan anak cenderung memiliki daya tahan tubuh lemah dibanding orang dewasa sehingga mereka mudah sakit. Anak ketika sakit dan harus dirawat di rumah sakit dapat mengalami pengalaman hospitalisasi yang tidak menyenangkan, akibat hospitalisasi dapat berdampak pada sikap anak seperti cemas, takut  pada orang asing, marah, gelisah, menolak tindakan medis. Salah satu cara untuk mengurangi tingkat kecemasan ketika menjalani hospitalisasi adalah dengan terapi bermain. Tujuan Penerapan untuk mengetahui hasil implementasi terapi bermain mewarnai dengan pasir warna terhadap kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah. Metode penerapan menggunakan metode deskriptif dan studi kasus, responden dalam penerapan ini adalah 2 (dua) pasien anak usia prasekolah dengan kecemasan hospitalisasi yang akan dilakukan intervensi terapi bermain mewarnai dengan pasir warna dilakukan dalam 3 kali pertemuan selama 3 hari dengan waktu 30 menit. Penilaian dengan menggunakan lembar kuesioner Pre School Anxiety Scale. Hasil penerapan Pada An. R, setelah dilakukan intervensi terapi bermain mewarnai selama 3 hari hasil pengukuran kecemasan pada hari ke 3 didapatkan hasil skor kecemasan 26 (kecemasan ringan) sedangkan pada pasien An. S didapatkan hasil skor kecemasan 27 (kecemasan ringan). Kesimpulan setelah dilakukan intervensi 3 kali penerapan terapi bermain mewarnai efektif dalam menurunkan kecemasan yang di rasakan oleh pasien dengan menurunnya tingkat kecemasan.

References

Aurelia, G. M., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Dampak Keterampilan Sosial Emosional Rendah terhadap Komunikasi Anak Usia 5 Tahun: Studi Kasus. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 546-557.

Abdillah, M. E. I., Immawati, I., & Nurhayati, S. (2021). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah (3-5 TAHUN). Jurnal cendikia muda, 2(2), 220-226.

Aryani, D., & Zaly, N. W. (2021). Pengaruh terapi bermain mewarnai gambar terhadap kecemasan hospitaslisasi pada anak prasekolah. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 101-108.

Badan Pusat Statistik. (2020) Statistik Angka Kejadian Hospitalisasi pada Anak 2020. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Colin, V., Keraman, B., Maydinar, D. D., & Eca, E. (2020). Pengaruh terapi bermain (skill play) permainan ular tangga terhadap tingkat kooperatif selama menjalankan perawatan pada anak prasekolah (3-6 tahun) di Ruang Edelweist RSUD Dr. M Yunus Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 8(1), 111-116.

Dewanti, B. A., & Maryatun, M. (2023). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Pada Anak Prasekolah Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar. JURNAL RISET RUMPUN ILMU KESEHATAN, 2(2), 14-25.

Fajariyah, Y., Mahfudah, Y., & Yuniarsih, S. M. (2024). Terapi Bermain Dan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 15(2), 230-237.

Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Audiovisual menonton film kartun terhadap tingkat kecemasan saat prosedur injeksi pada anak prasekolah. Journal of Health Sciences, 12(02), 15-29.

Hendrita, N., & Bayuningsih, R. (2023). Pengaruh Pemberian Terapi Bermain: Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rs Rawalumbu. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 6(2), 66-73.

Hormansyah, R. D., & Karmiyati, D. (2020). Play therapy untuk meningkatkan atensi pada anak ADHD. Procedia: Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 8(2), 55-64.

Kartika, A. R., Winarsih, B. D., & Hartini, S. (2022). The influence of play therapy with coloring the picture toward the anxiety at preschool children during hospitalization. Menara Journal of Health Science, 1(2), 79-89.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Angka Kejadian Kesakitan Anak 2020. Jakarta : Kemenkes RI

Laeli, F., Irdawati, I., & Oktiva, Y. D. (2023, June). Penatalaksanaan Terapi Bermain Mewarnai terhadap Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah: A Case Study. In Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (pp. 10-19).

Pratiwi, W., Immawati, I., & Nurhayati, S. (2023). Penerapan Terapi Bermain Puzzle Pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Rsud Jend. Ahmad Yani Metro. Jurnal Cendikia Muda, 3(4), 618-627.

Rahman, Z., & Fadhilah, U. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan, 10(1), 39-47.

Risdiana, R. (2023). Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Selama Hospitalisasi di RSUD Kabupaten Bekasi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 2188-2200.

Riskesdas. (2018). Prevalensi Hospitalisasi Anak Usia Prasekola di Indonesia. Riset Kesehatan Dasar Indonesia. Jakarta : Kemenkes RI 2018

Sitepu, K., Ginting, L. R. B., Bulan, R. B., & Ginting, S. (2021). Pengaruh terapi bermain mewarnai terhadap kecemasan pada anak prasekolah dengan hospitalisasi di RS Grandmed Lubuk Pakam tahun 2020. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(2), 165-170.

Safira, N. R., Irdawati, I., & Purnamadewi, S. (2023, June). Terapi Bermain Puzzle dalam Menurunkan Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (pp. 1-9).

Samuel B, Wang H, Shi C, Pan Y, Yu Y, Zhu W, Jing Z. The effects of coloring therapy on patients with generalized anxiety disorder. Animal Model Exp Med. 2022 Dec;5(6):502-512. doi: 10.1002/ame2.12256. Epub 2022 Jul 6. PMID: 35794728; PMCID: PMC9773305.

Sari, P. I., Pordaningsih, R., Erwinsyah, E., & Prasetya, R. D. (2023). Penerapan terapi bermain mewarnai untuk menurunkan tingkat kecemasan hospitalisasi pada anak usia 3-6 tahun: studi kasus. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 4(1), 109-115.

Wahyudi, T., Rahmasari, I., & Kusumaningrum, P. N. (2024). Edukasi Konsep Bermain Pada Anak Guna Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak Di Tk Kristen Stabelan Banjarsari Surakarta. Educate: Journal of Community Service in Education, 4(2), 84-89.

Wahyudi, T., Utomo, E. K., Kartikasari, A. Y., & Savitri, D. N. S. (2022, September). Non pharmacological therapy for anxiety of a child with cancer During chemotherapy: Literatur Review. In Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology (pp. 401-406).

Wahyudi, T., Utomo, E. K., Marhamah, L., & Kartikasari, A. Y. (2024). Relationship Duration of Treatment Between Anxiety in a Child with Cancer During Chemotherapy. Nursing Genius Journal, 1(3), 108-112.

Wardani, A. B. K., & Susilowati, T. (2023). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Dengan Pasir Warna Terhadap Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah 3-5 Tahun Di RSUD Pandan Arang Boyolali. DIAGNOSA: Jurnal Ilmu Kesehatan dan Keperawatan, 1(4), 01-13.

Downloads

Published

2025-09-24