EVALUASI DAN INTERVENSI PROGRAM PENYAKIT HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH KOTA BANDA ACEH

Authors

  • M. Dharma Nauval Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh
  • Susi Sugisni Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh
  • Syarifah Sulfira Mulia Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh
  • Farrah Fahdhienie Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh
  • Maidar Maidar Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.47969

Keywords:

Hipertensi, program pengendalian PTM, evaluasi, Puskesmas Batoh, kesadaran masyarakat

Abstract

Tujuan evaluasi ini adalah menilai efektivitas Program PTM Hipertensi di Puskesmas Batoh, Kota Banda Aceh, melalui analisis peningkatan cakupan pemeriksaan, kesadaran masyarakat, dan kepatuhan terapi pasien. Penelitian evaluasi formatif deskriptif ini dilakukan di Puskesmas Batoh, Kota Banda Aceh, pada bulan mei 2025. Subjek evaluasi adalah 4 tenaga kesehatan kunci (Kepala Puskesmas, petugas PTM, pelaksana program, dan bendahara). Data kuantitatif program hipertensi dikumpulkan dari dokumen rekapan, sementara data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam dengan subjek. Data dianalisis secara deskriptif (kuantitatif) dan tematik (kualitatif), kemudian diinterpretasikan untuk menilai aspek input, proses, output, outcome, dan impact program. Evaluasi menunjukkan program pengendalian hipertensi di Puskesmas Batoh memiliki input yang memadai (SDM, sarana, obat) dan proses pelaksanaan yang efektif, tercermin dari peningkatan cakupan layanan, frekuensi edukasi, dan kepatuhan petugas. Program ini menghasilkan luaran signifikan seperti volume pasien yang dilayani dan teredukasi, serta outcome positif teramati seperti perbaikan kontrol tekanan darah dan kepuasan pasien. Meskipun demikian, keterbatasan data kuantitatif untuk pengukuran luaran dan dampak jangka panjang menjadi tantangan. Secara keseluruhan, program berjalan baik dengan fondasi kuat dan proses efektif, namun perlu penguatan sistem pencatatan data dan peningkatan kepatuhan pasien berkelanjutan. Secara umum, program pengendalian hipertensi di Puskesmas Batoh telah berjalan dengan baik dan menunjukkan potensi besar dalam upaya penanggulangan hipertensi di tingkat komunitas.

References

Andini, N. Z., Dewi, M. S., & Prakoso, A. D. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Dalam Menggunakan Obat Hipertensi Di Puskesmas Cikarang. Cakrawala Medika: Journal of Health Sciences, 3(1), 239-246.

Anwar, C., Asyura, F., & Mauliza, P. (2024). Deteksi Dini dan Upaya Peningkatan Kesadaran Diri Penderita Hipertensi Untuk Memanfaatkan Layanan Kesehatan Komunitas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kesehatan, 6(2), 39-43.

Aryanti, R., & Asyari, D. P. (2024). Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Hipertensi Di Puskesmas Anak Air Kota Padang Tahun 2024. JUKEJ: Jurnal Kesehatan Jompa, 3(2), 6-13.

Awosika, A., Adabanya, U., Millis, R. M., Omole, A. E., & Moon, J. H. (2023). Postprandial Hypotension: An Underreported Silent Killer in the Aged. Cureus, 15(2), e35411. https://doi.org/10.7759/cureus.35411

Del Rio, A. I., Moreno Velásquez, I., Roa, R., Montenegro Mendoza, R., Motta, J., & Quintana, H. K. (2022). Prevalence of hypertension and possible risk factors of hypertension unawareness among individuals aged 30-75 years from two Panamanian provinces: Results from population-based cross-sectional studies, 2010 and 2019. PLoS ONE, 17(11), e0276222. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0276222

Devina, T., Tasalim, R., & Basit, M. (2024). Hubungan Peran Caring Kader Terhadap Tingkat Kepatuhan Minum Obat Hipertensi Pada Lansia. Nursing Science Journal (NSJ), 5(2), 238-245.

Dinkes Aceh. (2022). Profil Kesehatan Aceh 2022. D. K. Aceh.

Fadila, Z. (2024). Gambaran Peran Perawat dan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi di Puskesmas Abeli Kota Kendari. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 4(2), 56-61.

Firdaus, O. H., Fatmawati, A., Syabariyah, S., Yualita, P., & Yuliani, A. (2024). Tekanan Darah Terkontrol dengan Rutin Pemeriksaan pada Program International Partnership Real Work College di Kampung Pandan Malaysia. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 36-40. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i1.5804

Firmansyah, A., & Herlina, S. (2024). Kepatuhan Pengobatan Dan Dukungan Keluarga Dengan Risiko Gagal Ginjal Kronik Pada Pasien Hipertensi. Indonesian Journal of Health Development, 6(2), 69-83.

Firmansyah, K. P., & Iqbal, M. (2025). Pemberdayaan Kader Posbindu Dalam Pencegahan Hipertensi Melalui Program Hipertensi No!(No Over Pressure) Di Dusun Rowosari, Desa Meteseh. PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(01), 557-565.

Fridalni, N., Ilahi, R. K., & Pratiwi, W. (2025). Hubungan Antara Gaya Hidup dan Hipertensi Pada Masyarakat: Studi Cross-Sectional Di Puskesmas Belimbing. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 8(1), 299-306.

Fritz, M., Grimm, M., Hanh, H. T. M., Koot, J. A. R., Nguyen, G. H., Nguyen, T.-P.-L.,…Lensink, R. (2024). Effectiveness of community-based diabetes and hypertension prevention and management programmes in Indonesia and Viet Nam: a quasi-experimental study. BMJ Glob Health, 9(5).

Karo, D. A. B., Elna, N. P., & Novita, M. (2025). Analisis Kolaborasi Perawat dan Kader Kesehatan dalam Peningkatan Manajemen Kasus Hipertensi di Desa Pulo Kemiri Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Kesehatan Nurul Hasanah, 1(1), 1-5.

Kemenkes RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 Dalam Angka. B. P. K. Kesehatan.

Kemenkes RI. (2024). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2023. Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2025). Pemerintah Perkuat Kebijakan GGL untuk Kendalikan Penyakit Tidak Menular. Kemenkes BKPK. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/pemerintah-perkuat-kebijakan-ggl-untuk-kendalikan-penyakit-tidak-menular/

Lewa, A. M. A., & Razak, A. (2025). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Turikale Kabupaten Maros. Hasanuddin Journal of Public Health, 6(2).

Lince, E. N., Sinaga, M., Gustam, T. Y. P., & Mado, F. G. (2025). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan pada penderita hipertensi di Puskesmas Oesao. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 4(1), 9-17.

Noor, A., Frianti, N., & Hamid, N. (2025). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Prolanis Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Wajo Baubau Tahun 2024. JUKEJ: Jurnal Kesehatan Jompa, 4(1), 289-297.

Putri, V. D., Febtrina, R., Fitri, R. P., Andarista, D., & Juliyanti, M. (2024). Education and Training on Making Anti-Hypertensive Basil Jelly in The Area of Health Centre Rawat Inap Karya Wanita of Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 1086-1092.

Ritonga, E. P., Silaban, N. Y., & Sagala, D. S. P. (2024). Edukasi tentang hipertensi kepada masyarakat di Kelurahan Payah Pasir Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (Ji-SOMBA), 3(2), 82-87.

WHO. (2023). Hipertensi. World Health Organization. Retrieved 02 from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension

Downloads

Published

2025-09-24