ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD KUDUNGGA KAB. KUTAI TIMUR TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.47693Keywords:
Instalasi Rawat Jalan, Farmasi, RSUD Kudungga, Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Chi-Square, ServqualAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Kudungga Kab. Kutai Timur dan apakah sudah sesuai dengan waktu tunggu yang telah ditetapkan karena jika tidak sesuai maka bisa mengakibatkan penurunan pasien dan banyaknya complain yang bisa berpengaruh pada nama baik rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan variabel penelitian responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang terbagi atas analisis univariat dan bivariat yang bertujuan untuk menggambarkan data yang disajikan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Kudungga sangat berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan pasien dengan nilai Pvalue = 0,000 dimana jika Pvalue < nilai 0,05 , maka ada hubungan yang signifikan antara variabel independent dan variabel dependen.References
Apriatmo, Y., Susila, H.R., & Eriyanti. (2021). Pemanfaatn Media Pembelajaran Oleh Guru di SMP Negeri 36 OKU. Lentera Pendagogi, 5(1):7-10
Ardiansyah., Risnita,. & Jailani, M.S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Vol 1 no 2.
Asnel, R., & Pratiwi, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keluhan Musculoskeletal Disorder Pada Pekerja Laundry. PHASIJ, vol 1 no 1.
Citraningtyas, G., Jayanto, I., Nangaro, J., & Nangaro, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS X Tahuna. JMPF, 10(1), 14-25.
Fadhilah, H., Nurlita., & Listiana, I. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bhinneka Bakti Husada. Edu Masda Journal, vol 4 no 2.
Febiola, F.A., & Samanhudi, D. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Aplikasi Halodoc Dengan Menggunakan Metode Servqual. JIMEA. Vol 6 no 2.
Heryanadi, C., Hardian, E.S., & Adriansyah, M.R. (2021). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS TNI AU DR.M. Salaman. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(12), p-ISSN: 2774-6291, e-ISSN: 2774-6534.
Indonesia. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Lembaran Negara RI Tahun 2023 Nomor 105. Sekretariat Negara. Jakarta.
Kementrian Kesehatan RI. 2008. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
Komite Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional Kementerian Kesehatan RI. 2021. Pedoman Dan Standar Etik Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Nasional. Jakarta: BALITBANGKES.
Maimunah, S., Utami, F.E., Dianti, M.R., & Inayatillah, F.R. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Dinoyo Malang. J.Islamic Pharm. 7(1), p17-23.
Mahendro, J.U., Ningsih, Dwi., & Handayani, S.R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, e- ISSN: 2527-612
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Menkes RI.
Muzer, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Dan Status Perkawinan Terhadap Kepuasan Pasien Dan kepercayaan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga. (Tesis Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://eprints.ums.ac.id/87274/12/NASKAH%20PUBLIKASI%20rev.pdf. Diakses Januari 2025.Departemen Kesehatan. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kesehatan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Menkes RI.
Ramli, M. (2022). Preferensi Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Memilih Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Di Puskesmas Kassi-Kassi. Jurnal Predestination Vol 2 No.2
RSUD Kudungga Kutai Timur. (2022). Profil, Visi, Misi dan Motto. https://rsudkudungga.kutaitimurkab.go.id. Diakses 18 Mei 2024.
Sarwono, A.E., & Handayani, A. (2021). Metode Kuantitatif. Surakarta: UNISRI Press.
Setiawan, D., Ningsih, D., & Handayani, S.R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Nawangan Pacitan. Journal Of Islamic Pharmacy, 7(2), p79-85.
Swarjana, K. (2023). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Andi. Wahyuni, K.I., & Syamsudin M. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan
Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), 26-32.
Widodo, S., dkk. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. Pangkalpinang: CV Science Techno Direct.
Yuswantina, R., Dyahariesti, N., Rahmawati, N.R., & Sukma, N. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Indonesian Journal Of Pharmacy and Natural Product, 3(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sariati MZ, Muh Taufiqurrahman, Raymon Simanullang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


