PENGARUH EDUKASI PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT: SEBUAH SCOPING REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.47279Keywords:
Efektivitas, Edukasi Pasien, Kepuasan Pasien, Rumah SakitAbstract
Kepuasan pasien merupakan indikator utama dalam menilai kualitas layanan rumah sakit, karena mencerminkan persepsi pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Salah satu faktor penting yang terbukti memengaruhi tingkat kepuasan pasien adalah edukasi kesehatan yang diberikan selama proses perawatan. Edukasi yang efektif memungkinkan pasien memahami kondisi medis, prosedur yang akan dijalani, serta tindakan lanjutan yang perlu dilakukan. Pemahaman ini berdampak pada meningkatnya kepercayaan, keterlibatan, dan kenyamanan pasien dalam menerima layanan kesehatan. Scoping review ini bertujuan untuk menelaah efektivitas edukasi pasien terhadap kepuasan pasien di rumah sakit. Metode yang digunakan adalah telaah literatur dengan pencarian artikel pada empat basis data elektronik—PubMed, Scopus, ScienceDirect, dan ProQuest—dalam rentang waktu 2019 hingga 2024. Penelitian dibatasi pada desain Randomized Controlled Trial (RCT). Dari total 1821 artikel yang ditemukan, sebanyak tujuh artikel memenuhi kriteria kelayakan dan inklusi. Hasil telaah menunjukkan bahwa intervensi edukasi pasien yang dilakukan dengan berbagai metode, seperti video edukasi, aplikasi smartphone, brosur cetak, hingga media cetak 3D, secara konsisten meningkatkan tingkat kepuasan pasien dibandingkan metode edukasi konvensional. Metode berbasis teknologi, khususnya media visual interaktif, terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman pasien. Selain itu, preferensi individu juga berkontribusi terhadap efektivitas edukasi, seperti perbedaan preferensi media antara pasien pria dan wanita. Simpulan dari kajian ini menunjukkan bahwa edukasi yang tepat, interaktif, dan dipersonalisasi dapat menjadi strategi penting untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pasien di rumah sakit.References
Akcelik, O. B., Ayhan, H., & Tastan, S. (2023). Comparison of the effects of body mechanics education methods on pain, disability, and quality of life: a randomized controlled study. Pain Management Nursing, 24(6), e152-e159.
Barmaki, R. L., Kim, K., Guo, Z., Wang, Q., Yu, K., Pearlman, R., & Navab, N. (2023). A large-scale feasibility study of screen-based 3D visualization and augmented reality tools for human anatomy education: exploring gender perspectives in learning experience. arXiv preprint arXiv:2307.14383.
Bidmon, S., & Terlutter, R. (2015). Gender Differences in Searching for Health Information on the Internet and the Virtual Patient-Physician Relationship in Germany: Exploratory Results on How Men and Women Differ and Why. J Med Internet Res, 17(6), e156. https://doi.org/10.2196/jmir.4127
Fitriani, A. D., & Nyorong, M. (2024). Hubungan antara kepuasan pasien dengan kegiatan edukasi kesehatan dan pelayanan di rumah sakit islam Ibnu Sina Pekanbaru. Majalah Kesehatan, 11(00), 108. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/majalahkesehatan.2024.011.02.4
Kapikiran, G., Bulbuloglu, S., & Saritas, S. (2022). The effect of video training before organ transplant surgery on patient satisfaction and anxiety: head mounted display effect. Clinical Simulation in Nursing, 62, 99-106.
Kiernan, A., Boland, F., Naughton, P., Moneley, D., Doyle, F., & Harkin, D. W. (2024). Varicose vein education and informed consent (VVEIN) study: a randomized controlled pilot feasibility study. Annals of Vascular Surgery.
Lintang, K., & Triana, Y. (2021). Perlindungan Hukum terhadap Hak Privasi dan Rekam Medis Pasien pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Hukum Lex Generalis, 2(10), 913-927.
Maisaroh, D., Rahmah, N. M., Puspitasari, I., & Wada, F. H. (2022). Hubungan pelayanan edukasi dengan tingkat kepuasan pasien hipertensi. Jurnal Ilmu Keperawatan, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.51771/jintan.v2i1.205
Mulyono, S. (2022). Potensi 3D printing sebagai media edukasi dalam pendidikan keperawatan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 895-908. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i5.1142
Mutiarasari, N. P., Sangkot, H. S., Dewiyani, A. I. C., Dewi, E. S., & Wijaya, A. (2022). Pengaruh video animasi terhadap pengetahuan pasien tentang alur pendaftaran di rsia Husada Bunda. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(1), 167-174.
Nasution, S. S., & Nasution, M. L. (2020). Pengaruh program edukasi pasien dan keluarga terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap rumah sakit Sarah Medan Universitas Sumatera Utara].
Nikraftar, F., Heshmati Nabavi, F., Dastani, M., Mazlom, S. R., & Mirhosseini, S. (2022). Acceptability, feasibility, and effectiveness of smartphone‐based delivery of written educational materials in Iranian patients with coronary artery disease: a randomized control trial study. Health Science Reports, 5(5), e801. (Original work published Health Science Reports)
Ozden, E., Iyigun, E., & Bedir, S. (2024). The effect of different education methods before invasive urodynamics on patients’ anxiety, pain, readiness and satisfaction levels: randomized controlled clinical trial. Pain Management Nursing, 25(5), e346-e354.
Rahmawati, I. N., Putra, K. R., & Noviyanti, L. W. (2024). Penerapan Aplikasi e-Health Education untuk Meningkatkan Pengetahuan, Perawatan Diri Pasien, dan Kesiapan Keluarga dalam Merawat Pasien dengan Penyakit Kronis di Rumah. Tri Dharma Mandiri, 4(1), 22-32. https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2024.004.01.22
Rahmawati, T. A., Mamlukah, M., & Iswarawanti, D. N. (2024). Pengaruh penyuluhan kesehatan dengan media video dan booklet terhadap pengetahuan ibu baduta dalam pencegahan stunting. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 15(02), 511-520. https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1455
Shah, H. A., O'Donnell, D. B., Galvez, R., Reed, M. E., Ghosh, D., Katz, R. R.,…D'Amico, R. S. (2024). Digital health technology utilization is associated with enhanced patient perspectives of care. Clin Neurol Neurosurg, 239, 108218. https://doi.org/10.1016/j.clineuro.2024.108218
Silalahi, V., Lismidiati, W., Hakimi, M., Keperawatan, B., Kedokteran, F., Obstetri, B., & Kedokteran, F. (2018). Efektivitas audiovisual dan booklet sebagai media edukasi untuk meningkatkan perilaku skrining iva. J Media Kesehat Masy Indonesia, 14(3), 304-315. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v14i3.4494
Topan, H., Mucuk, S., & Yontar, Y. (2022). The effect of patient education prior to rhinoplasty surgery on anxiety, pain, and satisfaction levels. Journal of PeriAnesthesia Nursing, 37(3), 374-379.
Yanti, F., Nuryani, D. D., & Yanti, D. E. (2022). Peningkatan pengetahuan dengan menggunakan media video dan booklet pada klien yang menjalani kemoterapi. Holistik Jurnal Kesehatan, 16(3), 204-214. https://doi.org/10.33024/hjk.v16i3.7279
Zhuang, Y.-d., Zhou, M.-c., Liu, S.-c., Wu, J.-f., Wang, R., & Chen, C.-m. (2019). Effectiveness of personalized 3D printed models for patient education in degenerative lumbar disease. Patient Education and Counseling, 102(10), 1875-1881.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmiati Rahmiati, Purnawan Junadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


