KONSEP PASAR DAN PASAR LAYANAN KESEHATAN: TRANSFORMASI DIGITAL DAN STRATEGI PEMASARAN LAYANAN KESEHATAN

Authors

  • Yan Hadi Kustomo Program Studi Magister, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Darmawati Sahafi Program Studi Magister, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Budi Hartono Program Studi Magister, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Alfani Ghutsa Daud Program Studi Magister, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.47223

Keywords:

keterlibatan pasien, strategi pemasaran layanan kesehatan, teknologi digital, telemedicine, transformasi digital

Abstract

Transformasi digital telah secara signifikan mengubah lanskap layanan kesehatan, khususnya dalam cara pemasaran dan penyampaian layanan dilakukan. Tujuan untuk mengeksplorasi dampak transformasi digital terhadap strategi pemasaran layanan kesehatan serta menganalisis bagaimana teknologi digital dimanfaatkan untuk meningkatkan keterlibatan pasien, efisiensi layanan, dan daya saing organisasi. Prosedur penelitian ini menerapkan metode tinjauan literatur sistematis dengan mengikuti pedoman PRISMA. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi seperti telemedicine, rekam medis elektronik (RME), aplikasi kesehatan berbasis mobile, dan pemasaran melalui media sosial memungkinkan institusi kesehatan menjangkau audiens yang lebih luas, mempersonalisasi layanan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pasien. Strategi pemasaran berbasis data yang didukung oleh kecerdasan buatan juga meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang masih dihadapi, seperti kesenjangan literasi digital, masalah privasi data, dan resistensi terhadap adopsi teknologi. Kesimpulan integrasi transformasi digital ke dalam strategi pemasaran layanan kesehatan merupakan peluang penting untuk pertumbuhan berkelanjutan dan peningkatan akses layanan kesehatan.

References

Ainun Nadiyah, S. N., & Prayoga, D. (2024). Transformasi Digital Sebagai Bagian dari Strategi Pemasaran Rumah Sakit: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), 265–272. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4283

Anggraini, D., Paramarta, V., & Yuliaty, F. (2025). Analisis Strategi Pemasaran Layanan Kesehatan di Puskesmas Sekincau untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pasien. 10(1), 63–72.

Bawazier, N. A., Sulistiadi, W., & Indonesia, U. (2023). Digital Transformation Challenges Of Emerging Hospitals In Digital Disruption (2nd ed.).

Budiyatno, K. C. (2023). Transformasi Digital Sebagai Bagian Dari Strategi Pemasaran Di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya Tahun 2020. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.7454/arsi.v8i2.5547

Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Rumah Sakit. Branding: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17202

Dameria, K., & Jane, O. (2025). Konteks Transformasi Digital di Sektor Usaha Kesehatan. 5(1), 75–87.

Dwi, W., Sari, C., & Purba, S. H. (2024). Transformasi Digital dalam Kesehatan : Tinjauan Literatur tentang Inovasi , Tantangan , dan Dampak Teknologi Kesehatan Digital. 8, 45195–45201.

Holilah, H. (2024). Pemasaran Layanan Kesehatan Digital : Mengatasi Hamabatan Dan Meningkatkan Kepuasan Pasien Di RSUD. 3(2), 56–69.

Kraus, S., Jones, P., Kailer, N., Weinmann, A., Chaparro-Banegas, N., & Roig-Tierno, N. (2021). Digital Transformation: An Overview of the Current State of the Art of Research. SAGE Open, 11(3). https://doi.org/10.1177/21582440211047576

Kraus, S., Schiavone, F., Pluzhnikova, A., & Invernizzi, A. C. (2021). Digital transformation in healthcare: Analyzing the current state-of-research. Journal of Business Research, 123, 557–567. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.030

Masita, D. A., Asumta, M. Z., Mawarti, H., & Zakaria, A. (2019). Digital Transformation As Part Of Hospital Marketing Strategy: Literature Review. Indonesian Journal of Global Health Research, 2(4), 77–86. https://doi.org/10.37287/ijghr.v2i4.250

Mutiarahati, N. L. A. C., Wijaya, I. W. S., & Rosita, N. P. I. (2022). Penggunaan Strategi Digital dalam Layanan Kesehatan Rumah Sakit. Journal of Health Research, 5(1), 38–43.

Overdijkink, S. B., Velu, A. V., Rosman, A. N., van Beukering, M. D. M., Kok, M., & Steegers-Theunissen, R. P. M. (2018). The usability and effectiveness of mobile health technology–based lifestyle and medical intervention apps supporting health care during pregnancy: Systematic review. JMIR MHealth and UHealth, 6(4). https://doi.org/10.2196/mhealth.8834

Persi. (2020). White Paper: Kesiapan Rumah Sakit Menghadapi Era Digitalisasi Menuju Smart Hospital 4.0. https://persi.or.id/whitepaper-kesiapan-rumah-sakit-menghadapiera-digitalisasi-menuju-smart-hospital-4-0

Ravi, S., & Rajasekaran, S. R. C. (2023). a Perspective of Digital Marketing in Rural Areas: a Literature Review. International Journal of Professional Business Review, 8(4), 1–16. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i4.1388

Rosa, V. M. da, Saurin, T. A., B, G. L. T., Fogliatto, F. S., Tonetto, L. M., & Samson, D. (2021). Digital technologies: An exploratory study of their role in the resilience of healthcare services. Applied Ergonomics, 97.

Wulandari, M., Novriyanti, T., Purwadhi, & Widjaja, Y. R. (2025). Implementasi Strategi Transformasi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit : Studi Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5, 1415–1427.

Downloads

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles