OPTIMALISASI MANAJEMEN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE PDCA DI RSUD dr. SOEDOMO TRENGGALEK

Authors

  • Retno Dwi Anggraini Institut Teknologi Sains dan Keshatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Achmad Jaelani Rusdi Institut Teknologi Sains dan Keshatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Agus Syukron Ma’ruf Institut Teknologi Sains dan Keshatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Achmad Shoim Institut Teknologi Sains dan Keshatan RS dr. Soepraoen Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.46985

Keywords:

Manajemen Pelayanan, Pendaftaran Rawat Inap, Plan-Do-Check-Action (PDCA), Rumah Sakit

Abstract

Layanan pendaftaran pasien rawat inap merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat baik dalam bentuk promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan paliatif yang berdampak pada kepuasan pasien. Namun dalam implementasi pelayanan rawat inap masih terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh rumah sakit, diantaranya yaitu keterbatasan sumber daya manusia dan ketidaksesuaian pelayanan dengan prosedur yang berlaku di rumah sakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan mengimplementasikan metode PDCA dalam hal optimalisasi manajemen pelayanan pendaftaran pasien rawat inap di RSUD dr. Soedomo Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data dilakukan dengan cara membandingkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan alur pelayanan yang telah berjalan saat ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan pendaftaran pasien rawat inap masih mengalami kendala, yaitu ditemukan adanya ketidaksesuaian pelayanan pendaftaran pasien rawat inap khususnya dari instalasi rawat jalan dengan standar operasional prosedur serta perlunya perbaikan standar operasional prosedur pendaftaran pasien rawat inap. Kesimpulan pada penelitian ini, yaitu perlunya optimalisasi manajemen pelayanan pendaftaran pasien rawat inap yang berupa perancangan standar operasional prosedur baru dan penerapan pendekatan PDCA. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran pasien rawat inap, meningkatkan kepatuhan petugas pendaftaran terhadap SOP, dan adanya perbaikan SOP lama ke SOP yang terbaru

References

Accreditation Surveyor and Patient Safety: Learning from World Patient Safety Day 2023 (Literature Review)

Agustini, S., Wahyudi, A., & Priyatno, A. D. (2024). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal'Aisyiyah Medika, 9(2).

Aini, N. D. N., Anugrahanti, W. W., & Khalifatulloh, B. D. D. (2024). Edukasi petugas pendaftaran terkait penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) sistem pendaftaran di klinik X. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 120-126.

Alfiandary, A. R., Damayanthie, N., Rooslanda, E., Aprilianti, R. C., Sartika, R. A. D., & Ayubi, D. (2024). Peningkatan Mutu Layanan Kesehatan Melalui Perbaikan Alur Pendaftaran UPTD Puskesmas Mekarsari. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 14(4), 313-321.

Ambari, A., Sunarsih, E., & Minarti, M. (2023). Studi Literatur Tentang Peningkatan Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Indonesia. Journal of Nursing and Public Health, 11(2), 318-330.

Ansari, M. R., & Noviani, N. (2024). Pendaftaran Pasien Rawat Inap Di Rekam Medis Elektronik Rumah Sakit Tk Iii Bhayangkara Banjarmasin. Jurnal Kajian Ilmiah Kesehatan dan Teknologi, 6(2).

Arifin, S., Pd, M., Fauzie Rahman, S. K. M., Pujianti, N., Farm, S., & Apt, M. K. (2024). Manajemen Mutu Organisasi Kesehatan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ariska, A., Putra, R. R., & Destriano, S. (2024). Analisis penerapan manajemen kinerja model Deming (PDCA CYCLE) Studi kasus pada apotek central care. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(06), 1309-1315.

Dewi, A. P., Nugraha, H. S., & Listyorini, S. (2014). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Pendekatan PDCA (Plan-Do-Check-Act) Berdasarkan Standar Minimal Pelayanan Rumah Sakit Pada Rsud Dr. Adhyatma Semarang (Studi Kasus Pada Instalasi Radiologi). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 216-227.

Dewi, P. K. (2015). Analisis Alur Proses Penerimaan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit “X” Tahun 2015 dengan Pendekatan Lean Hospital. Jurnal ARSI (Administrasi Rumah Sakit Indonesia), 2(1), 1.

Fauza, Q., & Kautsar, A. P. (2018). Review Artikel: Plan-Do-Check-Act (Pdca) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. Farmaka, 16(3).

Fauzy, R. F., Febridiko, E., & Purba, H. H. (2021). PDCA, Review, Institution, Effic Implementasi Metode PDCA di Berbagai Organisasi: Kajian Literatur: Implementasi Metode PDCA di Berbagai Organisasi: Kajian Literatur. Journal of Industrial and Engineering System, 2(1), 21-28.

Gustiana, S., & Savitri, F. W. (2022). Analisis Prosedur Klaim Bpjs Dan Sop Rawat Inap Guna Menunjang Efektivitas Kerja Pegawai Di Pmn Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung: Analysis Of Bpjs Claim Procedures And Inpatient Sops To Support Employee Effectiveness At Pmn Cicendo Eye Hospital Bandung. Jurnal Teras Kesehatan, 5(1), 40-46.

Jasmin Ambas, S. K. M., Rahman, E., Sos, S., Siswati, S., SH, A., Tahir, A., ... & KM, S. (2025). Manajemen Pelayanan Sektor Publik (Teori dan Praktek Layanan Publik di Rumah Sakit). MEGA PRESS NUSANTARA.

Kridawati, A., Andarusito, N., & Mailangkay, N. (2023). Pendampingan Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Poli Endokrin. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Kesehatan untuk Masyarakat, 1(1), 1-9

Mayori, E., Deharja, A., Nuraini, N., & Santi, M. W. (2021). Upaya Perbaikan Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan Pada Unit Rawat Inap Di Rsia Srikandi Ibi Jember Tahun 2019. J-REMI: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 2(4), 461-470.

Pinerdi, S., Deharja, A., & Rachmawati, E. (2020). Evaluasi Sistem Penomoran Rekam Medis Menggunakan Metode Focus PDCA di RSUP Sanglah. J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1(3), 347-356.

Pratama, T. A., & Sugiarti, I. (2022). Aspek Plan, Do, Check dan Act pada Pengendalian Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 13(4), 1092-1096.

Putri, R. N. (2018). Pengaruh pelayanan SDM terhadap tingkat kepuasan pasien di pelayanan rawat jalan RS X Jambi (Analisis perbandingan pasien umum dan BPJS). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2), 401-409.

Rahmadanti, A. S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Duplikasi Nomor Rekam Medis Menggunakan Metode FOCUS PDCA Di RSD Krmt Wongsonegoro Kota Semarang.

Ramadan, N. M., & Suryani, A. I. (2024). Tinjauan Prosedur Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Inap Di Rsud Kota Bandung. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 285-1.

Rika, P. L. (2024). Upaya Perbaikan Ketidaklengkapan Pengisian Rekam Medis Rawat Inap Dengan Pendekatan Plan, Do, Check, Action (PDCA) Di RSU Kaliwates Jember.

Setia, W., Yanuardi, A., & Nasrizal, N. (2023). Implementasi Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan (JKN) Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pada Puskesmas Mapaddegat Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Public Administration, Business and Rural Develoment Planning, 5(1), 114-128.

SETIAWAN, Y. A., & KAUTSAR, A. P. (2018). Review Artikel: Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Menggunakan Metode PDCA. Farmaka, 16(3).

Solehah, D. (2020). Upaya Perbaikan Ketidaklengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Pasien Bpjs Kesehatan Dengan Pendekatan Plan, Do, Check, Action (Pdca) Di Rsud Dr. r. Soedarsono Pasuruan Tahun 2019 (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jember).

Sylvia Anjani, S. K. M., Maulana Tomy Abiyasa, A., & PK, S. (2023). Disrupsi Digital dan Masa Depan Rekam Medis (Kajian Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Elektronik). Selat Media.

Talib, N. M. T., & MARS, S. (2022). Manajemen Rekam Medis" Si-Jantung" Rumah Sakit. CV. Azka Pustaka.

Wijaya, N. I. W. S., & Saputra, I. K. D. A. (2024). Manajemen Sumber daya Manusia Rumah Sakit. Cendekia Publisher.

Wirawan, D., & Rachman, A. (2025). Analisis Total Quality Management Di Klinik Pratama X Kota Cimahi: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4).

Downloads

Published

2025-09-29