PENGARUH EDUKASI VIDEO ANIMASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DAN KEBAKARAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.46901Keywords:
Edukasi Video Animasi, Mitigasi Bencana, Gempa Bumi, Kebakaran, Kesiapsiagaan, Pendidikan Bencana, Anak SDAbstract
Indonesia merupakan negara dengan tingkat kerawanan bencana tertinggi di dunia, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) termasuk wilayah yang sangat rentan terhadap bencana gempa bumi dan kebakaran. Tingginya angka korban jiwa saat bencana gempa dan kebakaran di lingkungan sekolah sering kali disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan siswa mengenai cara penyelamatan diri serta sikap panik yang mengakibatkan kurangnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Permasalahan ini menekankan urgensi upaya peningkatan kesiapsiagaan di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi video animasi terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi dan kebakaran di Sekolah Dasar Muhammadiyah Pendowoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan variabel independen edukasi video animasi dan variabel terikat kesiapsiagaan bencana. Populasi penelitian ini melibatkan 70 siswa yang terdiri dari 37 siswa kelas IV dan 33 siswa kelas V di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Analisis bivariat dilakukan menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh edukasi video animasi mitigasi bencana gempa bumi dan kebakaran terhadap kesiapsiagaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan edukasi video animasi terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana di SD Muhammadiyah Pendowoharjo, dengan nilai p-value = 0,000 dari uji Wilcoxon. Kesimpulan dari penelitian ini adalah edukasi video animasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana. Disarankan agar metode atau media lain yang lebih menarik dapat dikembangkan untuk edukasi kebencanaan guna lebih meningkatkan kesiapsiagaan di sekolah.References
Ernawati, R., Dirdjo, M. M., & Wahyuni, M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana di SD Muhammadiyah 4 Samarinda. Journal of Community Engagement in …, 4(2), 393–399.
Fisu, A. A., & Didiharyono, D. (2019). Penandaan Batas Area Perhutanan Sosial Dengan Pendekatan Partisipatif Pada Desa Ilanbatu Uru Kabupaten Luwu. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1. https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i2.220
Indryastuti, H. N., Amalia, R., Santjoko, H., & Sudaryanto, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Busy Board Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Promosi Kesehatan Mandiri, 3(2).
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Meta-analysis study of the effect of learning videos on student learning outcomes. Journal of Biological Education and Research, 2(1), 158.
Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
Kusumawadi, A., & Sulastri, M. R. (2020). Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi pada Siswa SDN 1 Batu Nampar Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.31
Lismawati, W. T. M., Setyaningrum, N., & Darmawan, A. I. (2023). Pengaruh Video Edukasi Bencana Gempa Bumi Terhadap Sikap Siswa Sekolah Dasar Tentang Bencana Gempa Bumi Di SDN 1 Pundong Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masa Depan, 2(2), 103–112.
Manik, A., Maya, D., Siregar, S., Gaol, L. L., & Manurung, R. G. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi di SMP Negeri 27 Medan. 2(3), 33–38. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx
Naibaho, R. M., Silaban, J., & Hutagalung, P. M. A. (2024). Hubungan Mitigasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Alam Angin Putting Beliung Di Smk Swasta Anugerah Sidikalang Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 3176–3185.
Narayanan, S. P., Rath, H., Mahapatra, S., & Mahaku, M. (2023). Preparedness toward participation in disaster management: An online survey among dental practitioners in a disaster‑prone region of Eastern India. Journal of Education and Health Promotion |, January, 1–6. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp
Nurdin, N. (2021). Dampak Sosial dan Ekonomi Pasca Gempa Bumi di Kecamatan Pemenang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 515–525. https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2309
Pooley, K., Nunez, S., & Whybro, M. (2021). Evidence-based practices of effective fire safety education programming for children. Australian Journal of Emergency Management, 36(2), 34–41. https://doi.org/10.47389/36.2.34
Qodir, A., Alfianto, A. G., Wulandari, A. T., & Prastyo, D. (2023). Peningkatan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Sekolah Dasar Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 2051–2057. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3510
Rahman, F. A., Permadi, A., & Hasrian, H. (2024). Meningkatkan Kesiapsiagaan Warga Sekolah dalam Menghadapi Bencana Gempabumi dan Kebakaran di SDN Petukangan Utara 10. REDI: Jurnal Relawan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(4), 113–124.
Rahmawati, I. (2023). Kesiapsiagaan Anak dalam Meningkatkan Resiliensi terhadap Bencana. Jurnal Keperawatan Vol.21 No.2 September, 2(1), 196–200.
Rismayanti, Fatimah, F. S., Sarwadharmana, R. J., Dami, N. A., Muhajir, M. A., Prasetyaningrum, L., Oktasania, N., & Saputri, M. A. (2023). Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di SD Negeri Krajan. Borobudur Nursing Review, 03(02), 69–79. https://doi.org/10.31603/bnur.10648
Ruspandi, S., & Nurrohmah, A. (2022). Hubungan Pengetahuan Siswa Tentang Bencana Kebakaran Dengan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Kebakaran Di Sman 3 Sragen. OVUM : Journal of Midwifery and Health Sciences, 2(2), 95–101. https://doi.org/10.47701/ovum.v2i2.2367
Sari, L. P. (2025). Pembangunan Sekolah Pasca Gempa (p. 1). Wawancara Pribadi.
Septikasari, Z., Retnowati, H., & Wilujeng, I. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(1), 120. https://doi.org/10.22146/jkn.74412
Suciana, F., & Permatasari, D. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual Dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Holistic Nursing Science, 6(2), 44–51. https://doi.org/10.31603/nursing.v6i2.2543
Uparengga, aida calista, Sari, nanda puspita, Fitri, B. najwa raissa, Al Faritzi, qorni syihab, & Wijaya, O. (2024). Edukasi Mitigasi Bencana Melalui Media Nalaria Gameboard Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik Siswa SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 5(2), 175–188.
Wijayanti, Saparwati, M., & Trimarwati. (2020). Peningkatan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Dengan Video Animasi Pada Anak Usia Sekolah. | Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 23–28.
Wulandari, E. T., & Rianto, D. (2024). Pengaruh Simulasi Penatalaksanaan Bencana Kebakaran Dengan Kesiapsiagaan Di SMK Muhammadiyah, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Mitra Sehat, 14(November), 633–639.
Zain, H. M., Jannah, D. Al, Padmi, M. M., Hakim, M. L., Zakiyah, U., Ramadhan, M., & Basir, S. N. L. (2023). Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan di SMA N 41 Jakarta Utara. PANDAWA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–22.
Zidan, M. H., & Wulandari, E. T. (2025). Pengaruh Pemberian Edukasi Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Pada Mahasiswa Asrama Unisa Yogyakarta. Indonesian Journal of Environment and Disaster (IJED), xx(x).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lusi Permata sari, Astika Nur Rohmah, Heri Puspito

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


