KEEFEKTIFAN SIMRS PADA PENDAFTARAN RAWAT INAP DI RSU AMINAH MENGGUNAKAN METODE EUCS

Authors

  • ananda agustin margareta Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brawijaya Malang
  • Nabella Veninda Unit Rekam Medis RSU Aminah Blitar
  • Achmad Jaelani Rusdi Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brawijaya Malang
  • Lilik Afifah Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brawijaya Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.46828

Keywords:

Dimensi Eucs, Efektivitas Simrs, Kepuasan Pengguna, Pendaftaran Rawat Inap, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Abstract

Penerapan teknologi informasi dalam dunia kesehatan semakin berkembang dan menjadi bagian penting dalam peningkatan kualitas layanan rumah sakit. Salah satu teknologi tersebut adalah Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), yang diharapkan mampu mendukung efisiensi administrasi pasien, termasuk dalam proses pendaftaran rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan SIMRS di RSU Aminah Kota Blitar berdasarkan perspektif pengguna langsung, yaitu petugas pendaftaran rawat inap. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam terhadap Kepala Unit Rekam Medis dan dua petugas pendaftaran rawat inap. Instrumen pengumpulan data disusun berdasarkan lima dimensi metode EUCS: content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIMRS secara umum telah efektif dalam menampilkan informasi pasien, navigasi sistem mudah digunakan, serta tampilannya cukup menarik dan mendukung proses kerja petugas. Namun, ditemukan kekurangan pada informasi ketersediaan kamar yang belum tampil langsung di halaman utama pendaftaran, sehingga memerlukan pengembangan fitur tambahan. Sebagai inovasi, disarankan penerapan Real-Time Room Availability Panel untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pendaftaran pasien.Kesimpulannya, meskipun SIMRS di RSU Aminah telah memenuhi sebagian besar indikator EUCS, masih diperlukan perbaikan pada aspek integrasi informasi ruang. Temuan ini memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sistem informasi berbasis kebutuhan pengguna di lingkungan pelayanan kesehatan.

References

Febrianti, F., Ahsyar, T. K., Saputra, E., Rahmawita, M., Munzir, & Zarnelly. (2023). Analisa Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode EUCS. Repository Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, 10(1), 656–669. http://repository.uin-suska.ac.id/64836/

Fitriani, A., Zakiyah, E., Pratama, B. A., & Kurnianingsih, W. (2024). Di Puskesmas Weru Dengan Metode EUCS ( End User Computing Satisfaction ). 13(1).

Ikawati et al. (2024). Effectiveness Of Using The Self-Registration Platform Machines (Apm) At Wava Husada Kepanjen Hospital. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(7), 332–336. https://doi.org/10.62504/jimr806

Nur Mansyur, M., Iwan Kurniawan Subagja, & Azis Hakim. (2025). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Layanan Serta Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 6(5), 3112–3119. https://doi.org/10.38035/jemsi.v6i5.5090

Nurfarahin, N., Abidin, A. R., & Rachmadhina, R. (2025). Optimalisasi Pengelolaan Simrs pada Unit Nurse Station Rawat Jalan di Rumah Sakit Mata Pekanbaru Eye Center Tahun 2024. Jurnal Syntax Admiration, 6(1), 93–106. https://doi.org/10.46799/jsa.v6i1.2012

Nurul Khatimah Ismatullah. (2023). Kepuasan Pengguna SIMRS di RS X Kota Mataram dengan Metode EUCS. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(8), 1687–1694. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i8.4012

Purba, P. P. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Online di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 12(1), 44–48. https://doi.org/10.47701/infokes.v12i1.1307

Rachman, M. A., & Farasi, F. F. L. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Aplikasi Haryoto Online Dengan Menggunakan Metode Eucs. Jrmik, 5(1), 68–81. https://doi.org/10.58535/jrmik.v5i1.67

Rasyid, M., Pt, J., Teknologi, M., Jakarta, K., Id, I. R., & Aqid, B. M. (2023). Implementation of EMR System in Indonesian Health Facilities: Benefits and Constraints.

Ririen Hardani, Khusnul Diana, & Taufik, A. E. H. (2024). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan end User Computing Satisfaction di RSUD Madani Palu. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(3), 671–679. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i3.4585

Rusdi, A. J., & Suhariyono, U. S. (2024). Mortality Reporting Modeling in Healthcare Facilities in Indonesia. 6, 1–5.

Saputri, N. A. O., & Alvin. (2020). Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 154–162. https://doi.org/10.33557/journalisi.v2i1.43

Syahrullah, Ngemba, H. R., & Hendra, S. (2020). Evaluasi EMR Menggunakan Model EUCS. Yogyakarta: Semnasteknomedia, 73–78.

Windi Antika, Jason Merari Peranginangin, & Pudiastuti RSP. (2024). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Instalasi Farmasi Rsud Cilacap Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). An-Najat, 2(3), 12–26. https://doi.org/10.59841/an-najat.v2i3.1421

Wulandari, D. S., Sutrisno, T. A., & Sugiarsi, S. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Rawat Inap di RSUD Dr Moewardi. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 5(4), 307–315. https://doi.org/10.25047/j-remi.v5i4.4764

Downloads

Published

2025-09-30