KEEFEKTIFAN SIMRS PADA PENDAFTARAN RAWAT INAP DI RSU AMINAH MENGGUNAKAN METODE EUCS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.46828Keywords:
Dimensi Eucs, Efektivitas Simrs, Kepuasan Pengguna, Pendaftaran Rawat Inap, Sistem Informasi Manajemen Rumah SakitAbstract
Penerapan teknologi informasi dalam dunia kesehatan semakin berkembang dan menjadi bagian penting dalam peningkatan kualitas layanan rumah sakit. Salah satu teknologi tersebut adalah Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), yang diharapkan mampu mendukung efisiensi administrasi pasien, termasuk dalam proses pendaftaran rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan SIMRS di RSU Aminah Kota Blitar berdasarkan perspektif pengguna langsung, yaitu petugas pendaftaran rawat inap. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam terhadap Kepala Unit Rekam Medis dan dua petugas pendaftaran rawat inap. Instrumen pengumpulan data disusun berdasarkan lima dimensi metode EUCS: content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIMRS secara umum telah efektif dalam menampilkan informasi pasien, navigasi sistem mudah digunakan, serta tampilannya cukup menarik dan mendukung proses kerja petugas. Namun, ditemukan kekurangan pada informasi ketersediaan kamar yang belum tampil langsung di halaman utama pendaftaran, sehingga memerlukan pengembangan fitur tambahan. Sebagai inovasi, disarankan penerapan Real-Time Room Availability Panel untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pendaftaran pasien.Kesimpulannya, meskipun SIMRS di RSU Aminah telah memenuhi sebagian besar indikator EUCS, masih diperlukan perbaikan pada aspek integrasi informasi ruang. Temuan ini memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sistem informasi berbasis kebutuhan pengguna di lingkungan pelayanan kesehatan.References
Febrianti, F., Ahsyar, T. K., Saputra, E., Rahmawita, M., Munzir, & Zarnelly. (2023). Analisa Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode EUCS. Repository Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, 10(1), 656–669. http://repository.uin-suska.ac.id/64836/
Fitriani, A., Zakiyah, E., Pratama, B. A., & Kurnianingsih, W. (2024). Di Puskesmas Weru Dengan Metode EUCS ( End User Computing Satisfaction ). 13(1).
Ikawati et al. (2024). Effectiveness Of Using The Self-Registration Platform Machines (Apm) At Wava Husada Kepanjen Hospital. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(7), 332–336. https://doi.org/10.62504/jimr806
Nur Mansyur, M., Iwan Kurniawan Subagja, & Azis Hakim. (2025). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Layanan Serta Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 6(5), 3112–3119. https://doi.org/10.38035/jemsi.v6i5.5090
Nurfarahin, N., Abidin, A. R., & Rachmadhina, R. (2025). Optimalisasi Pengelolaan Simrs pada Unit Nurse Station Rawat Jalan di Rumah Sakit Mata Pekanbaru Eye Center Tahun 2024. Jurnal Syntax Admiration, 6(1), 93–106. https://doi.org/10.46799/jsa.v6i1.2012
Nurul Khatimah Ismatullah. (2023). Kepuasan Pengguna SIMRS di RS X Kota Mataram dengan Metode EUCS. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(8), 1687–1694. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i8.4012
Purba, P. P. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Online di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 12(1), 44–48. https://doi.org/10.47701/infokes.v12i1.1307
Rachman, M. A., & Farasi, F. F. L. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Aplikasi Haryoto Online Dengan Menggunakan Metode Eucs. Jrmik, 5(1), 68–81. https://doi.org/10.58535/jrmik.v5i1.67
Rasyid, M., Pt, J., Teknologi, M., Jakarta, K., Id, I. R., & Aqid, B. M. (2023). Implementation of EMR System in Indonesian Health Facilities: Benefits and Constraints.
Ririen Hardani, Khusnul Diana, & Taufik, A. E. H. (2024). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan end User Computing Satisfaction di RSUD Madani Palu. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(3), 671–679. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i3.4585
Rusdi, A. J., & Suhariyono, U. S. (2024). Mortality Reporting Modeling in Healthcare Facilities in Indonesia. 6, 1–5.
Saputri, N. A. O., & Alvin. (2020). Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 154–162. https://doi.org/10.33557/journalisi.v2i1.43
Syahrullah, Ngemba, H. R., & Hendra, S. (2020). Evaluasi EMR Menggunakan Model EUCS. Yogyakarta: Semnasteknomedia, 73–78.
Windi Antika, Jason Merari Peranginangin, & Pudiastuti RSP. (2024). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Instalasi Farmasi Rsud Cilacap Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). An-Najat, 2(3), 12–26. https://doi.org/10.59841/an-najat.v2i3.1421
Wulandari, D. S., Sutrisno, T. A., & Sugiarsi, S. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Rawat Inap di RSUD Dr Moewardi. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 5(4), 307–315. https://doi.org/10.25047/j-remi.v5i4.4764
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ananda agustin margareta, Nabella Veninda, Achmad Jaelani Rusdi, Lilik Afifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


