PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DENGAN PEER TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN PENGISIAN PARTOGRAF MAHASISWI KEBIDANAN

Authors

  • Wulan Wulan Universitas Karya Persada Muna
  • Bety Anisa Wulandari Universitas Karya Persada Muna
  • Ikhsan Dwianto Universitas Karya Persada Muna

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.46814

Keywords:

keterampilan pengisian partograf, mahasiswa kebidanan, metode demonstrasi, peer teaching, pendidikan kebidanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas metode demonstrasi dengan peer teaching  dalam meningkatkan keterampilan pengisian partograf pada mahasiswi kebidanan. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 20 mahasiswi yang dibagi menjadi dua kelompok pembelajaran. Data keterampilan dikumpulkan menggunakan lembar observasi valid dan dianalisis menggunakan uji Chi-square untuk menguji perbedaan efektivitas kedua metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode sama-sama efektif dalam meningkatkan keterampilan pengisian partograf, dengan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p > 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa metode demonstrasi dengan peer teaching  dapat digunakan secara efektif sebagai strategi pembelajaran dalam pendidikan kebidanan. Implikasi penelitian ini mendukung penerapan kedua metode secara terpadu untuk meningkatkan kompetensi klinis mahasiswa kebidanan.  

References

Anggarini Parwatiningsih, S., & Dewi Kartikasari, Mn. (n.d.). Januari 2020 (90-97) Pengaruh Metode Pembelajaran Paktikum Peer teaching Terhadap Praktik Vulva Hygiene Pada Mahasiswa DIII Kebidanan Fakultas. In Jurnal Kebidanan Indonesia (Vol. 11, Issue 1).

Ayele, M., Lake, E. S., Yilak, G., Kumie, G., Abate, B. B., Zemariam, A. B., & Tilahun, B. D. (2025). Utilization of partograph and associated factors among obstetric caregivers in Ethiopia : a systematic review and meta-analysis. Frontiers in Global Women’s Health, 6. https://doi.org/10.3389/fgwh.2025.1339685

Bau, W. A., Ahmad, M., Hafsa, A. M., Usman, A. N., Djafar, N., & Nontji, W. (2022). The influence of student teams achievement division learning method toward the accuracy of partograph documentation on students in diploma study program of midwifery. International Journal of Health Sciences, 193–200. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns3.5245

Desnita, R., & Surya, D. O. (2020). Effectiveness of Peer-Assisted Learning in Nursing Student Knowledge and Compliance in the Application of Standard Precautions. Jurnal Keperawatan Indonesia, 23(3), 162–169. https://doi.org/10.7454/jki.v23i3.1233

Kanrak, M., Lau, Y. Y., Zhou, J., Ge, J., & Traiyarach, S. (2023). Empirical Analysis of the Cruise Shipping Network in Asia. Sustainability (Switzerland), 15(3). https://doi.org/10.3390/su15032010

N, J., & Thayumanavan, M. (2023). Utilization of Partograph for Labor Management Among Healthcare Providers in Healthcare Facilities in India: A Systematic Review. Cureus. https://doi.org/10.7759/cureus.44242

Putri, S. T., Sumartini, S., & Rahmi, U. (n.d.). Perspektif Mahasiswa Keperawatan Terhadap Capaian Pembelajaran Klinik Dengan Metode Peer Learning. http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/JVK

Setiawan, I. M. D. S. (2023). Efektivitas Metode Peer teaching berbantuan Software Statistika dengan Mengontrol Kemampuan Numerik pada Mahasiswa Teknik Informatika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(3), 398–407. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.3.398-407

Setiawati, I., & Nikmah, N. (2023). Partograph pocketbook application specifically for midwifery students in filling out partographs. International Journal of Health Science and Technology, 5(1). https://doi.org/10.31101/ijhst.v5i1.3034

Siswosuharjo, P., & Fathiyati, F. (2023). Learning About Partographs For Fifth Semester Students Of Stikes Salsabila. Journal Educational Of Nursing(JEN), 6(2), 95–103. https://doi.org/10.37430/jen.v6i2.164

Sunarti, S., Borneo, H. K., Muspitha, F. D., & Marjuannah. (2023). Perbandingan Efektivitas Metode Video Dan Demonstrasi Tatap Muka Dalam Praktikum Pemasangan Infus. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 6(2), 45–50. https://doi.org/10.47539/jktp.v6i2.359

Ujoh, F., Dzunic-Wachilonga, A., Noor, R., Gusa, V., Ape-aii, R., Ohene, I., Bola, R., Christilaw, J., Hodgins, S., & Lett, R. (2024). Digital vs. conventional instructor-led midwifery training in Benue State, Nigeria: a randomized non-inferiority trial. Frontiers in Education, 9. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1470075

Wibowo, S. S., & Kusumawati, N. (2023). Efektivitas Pelatihan Asuhan Persalinan Normal terhadap Kelengkapan Pencatatan Rekam Medis Persalinan: Penelitian Kuasi Eksperimen. Health Information : Jurnal Penelitian, 15(2), 172–179. https://doi.org/10.36990/hijp.v15i2.836

Yeni Rahmawati, V., Rosliany, N., Silalahi, M., Yesayas, F., Kamal, M., Andriyani Utami, R., Tinggi Ilmu Kesehatan Husada, S. R., Pusat, J., Tinggi Ilmu Kesehatan Istara Nusantara, S., & Selatan, J. (n.d.). Pelatihan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Sebagai Upaya Peningkatan Kesiapan Program Exit-Exam Mahasiswa Keperawatan (Vol. 3, Issue 1).

Downloads

Published

2025-06-21

Issue

Section

Articles