OPTIMALISASI PENDAFTARAN RAWAT JALAN BPJS : DESAIN USER INTERFACE ANJUNGAN PENDAFTARAN MANDIRI (APM) DI RSU TRIMEDIKA KETAPANG GROBOGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.46746Keywords:
APM, BPJS, User Interface Design, Outpatient RegistrationAbstract
Kebutuhan akan sistem pendaftaran yang lebih cepat, parktis, dan mampu mengurangi antrian di loket pendaftaran, sehingga meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman pasien. Permasalahan utama yang dihadapi oleh Rumah Sakit Umum Trimedika Ketapang adalah tingginya waktu tunggu dan ketidak efisienan proses pendaftaran pasien rawat jalan, terutama dalam era transformasi digital. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengembangkan sistem pendaftaran rawat jalan mandiri berbasis digital yang memanfaatkan teknologi touchscreen, verifikasi wajah, serta pencetakan antrean secara otomatis. Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development, yang meliputi pengumpulan kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka pengguna (UI) yang ramah pengguna, uji coba, dan penyempurnaan sistem secara iteratif dengan melibatkan pengguna langsung. Selain itu, penelitian ini juga mengimplementasikan mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) yang memungkinkan pasien peserta JKN melakukan pendaftaran secara mandiri melalui langkah-langkah konfirmasi status, verifikasi identitas dan wajah, serta pemilihan poli dan dokter, diikuti pencetakan tracer antrean. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa sistem yang dirancang mampu mempercepat proses pendaftaran, mengurangi antrean panjang, dan meningkatkan efisiensi layanan rumah sakit. Penggunaan antarmuka berbasis mobile juga mendukung kemudahan akses dan kenyamanan pasien. Kesimpulannya, penerapan sistem pendaftaran mandiri berbasis digital ini dapat meningkatkan efisiensi operasional rumah sakit, mengurangi waktu tunggu, serta meningkatkan kepuasan pasien, sekaligus mendukung transformasi digital di lingkungan rumah sakit.References
Nurwalidaini, I. H., & Muchsam, Y. (2023). Tinjauan Waktu Tunggu Pendaftaran Rawat Jalan Poliklinik Penyakit dalam Guna Meningkatkan Efisiensi Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21909-21916.
Rosmawati, D. (2024). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Penggunaan Mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) di Rumah Sakit Hermina Lampung. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan, 7(2), 165-172.
Rosmawati, D. (2024). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Penggunaan Mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) di Rumah Sakit Hermina Lampung. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan, 7(2), 165-172.
Kalumata, E. M., Waleleng, G. J., & Kalangi, J. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Halodoc terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan di Kelurahan Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 3(4).
Septian, E. (2021). Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(1), 53-64.
Sugiyanto, V. S. E. (2024). Evaluasi Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) Dengan Metode EUCS Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.
Setyawati, S., Ricky, A. V., & Novratilova, S. (2024). Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Pendaftaran Online Berbasis Mobile App Menggunakan Metode Goal-Directed Design di RSAU dr. Siswanto. Journal Health Information Management Indonesian (JHIMI), 3(2), 87-92.
Suhena, I., Fitriani, A. D., & Asriwati, A. (2024). Implementasi Penggunaan Antrian Online Melalui Aplikasi Jkn Mobile Dalam Mengurangi Waktu Tunggu Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Camatha Sahidya Tahun 2024. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(4), 10658-10671.
Nugroho, D., Farhan, I. M., Fikriansyah, R. R., Hastuti, F., Aisy, H. R., & Pradipta, D. A. (2025). Virtual Reality Design of Patient Registration for Medical Record Students. Procedia of Engineering and Life Science, 7, 101-108.
Rusman, A. D. P., & Suwardoyo, U. (2022). Penerapan Sistem Informasi Berbasis IT Pengolahan Data Rekam Medis untuk Peningkatan Pelayanan di Rumah Sakit. Penerbit Nem.
Nuraini, A. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mesin Anjungan Pasien Mandiri: Apm Pada Pendaftaran Pasien Klinik Rawat Jalan Rampal Malang (Doctoral dissertation, ITSK RS dr. Soepraoen).
Adiffa, S. N., & Masturoh, I. (2022). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Penggunaan Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) Di RSU Pakuwon Sumedang Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 7(2), 144-153.
Nasution, S., & Kusumawati, R. (2023). Analisis dampak pemanfaatan inovasi digital terhadap kualitas pelayanan publik di kabupaten Bogor tahun 2022. BINA: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 126-150
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arimbi Ulfa Nazira, Achmad Jaelani Rusdi, Agus Syukron Ma’ruf, Aris Setyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


