PERAN TEKNOLOGI KESEHATAN DIGITAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Rizkha Nadha Hasrizal Putri Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Program Pascasarjana Kajian Administrasi Rumah Sakit
  • Wahyu Sulistiadi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Program Pascasarjana Kajian Administrasi Rumah Sakit

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.46467

Keywords:

digitalisasi, jangkauan pelayanan, kunjungan layanan kesehatan, strategi digital, teknologi

Abstract

Era digitalisasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk sektor kesehatan, terutama dalam pelayanan di rumah sakit. Teknologi kesehatan digital seperti sistem informasi kesehatan, telemedicine, dan inovasi digital lainnya kini memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi, akurasi, dan aksesibilitas pelayanan kesehatan. Literature review ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan program berbasis digital yang digunakan di beberapa pelayanan kesehatan dan pengaruhnya terhadap kualitas layanan kesehatan. Metode PRISMA 2020 digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi penelitian yang relevan dari 3 basis data elektronik yaitu PubMed, Science Direct dan Proquest. Pencarian artikel menggunakan kata kunci digitalization, digital product, telemedicine, healthcare services, private healthcare, public healthcare. Selanjutnya jurnal yang didapatkan discreening menggunakan critical appraisal berdasarkan kriteria JBI. Didapatkan hasil 8 jurnal yang memenuhi syarat dengan batasan diterbitkan dari tahun 2014-2024. Hasil didapatkan bahwa teknologi kesehatan digital mampu meningkatkan jangkauan pelayanan dan meningkatkan kunjungan layanan kesehatan terutama di daerah terpencil. Penggunaan teknologi kesehatan juga tidak terlepas dari berbagai keterbatasan seperti keterbatasan infrastruktur, resistensi terhadap teknologi baru, dan masalah privasi data. Dukungan lintas sektor seperti para pemangku kebijakan dan para pemangku kepentingan masih diperlukan dalam implementasinya. Dengan memahami peran dan tantangan digitalisasi dalam pelayanan rumah sakit, penelitian ini memberikan wawasan bagi manajemen rumah sakit dalam merancang strategi digital yang efektif untuk peningkatan kualitas layanan kesehatan.

References

Anstey Watkins, J. O. T., Goudge, J., Gómez-Olivé, F. X., & Griffiths, F. (2018). Mobile phone use among patients and health workers to enhance primary healthcare: A qualitative study in rural South Africa. Social Science & Medicine, 198, 139–147. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2018.01.011

Castro, P. (2021). Teleconsultations in the Brazilian Market [Theses]. Universidade Catolica Portuguesa.

Dahlgren, C. (2022). Do patients behave as expected on a healthcare market in transition? Consequences of expanding patient choice and introducing telemedicine in primary healthcare. Karolinska Institutet.

Global Strategy on Digital Health 2020-2025 (1st ed). (2021). World Health Organization.

Hampshire, K., Porter, G., Owusu, S. A., Mariwah, S., Abane, A., Robson, E., Munthali, A., DeLannoy, A., Bango, A., Gunguluza, N., & Milner, J. (2015). Informal m-health: How are young people using mobile phones to bridge healthcare gaps in Sub-Saharan Africa? Social Science & Medicine, 142, 90–99. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2015.07.033

Iyawa, G. E., Herselman, M., & Botha, A. (2016). Digital Health Innovation Ecosystems: From Systematic Literature Review to Conceptual Framework. Procedia Computer Science, 100, 244–252. https://doi.org/10.1016/j.procs.2016.09.149

Keesara, S., Jonas, A., & Schulman, K. (2020). Covid-19 and Health Care’s Digital Revolution. New England Journal of Medicine, 382(23). https://doi.org/10.1056/nejmp2005835

Kim, A. Y., & Choi, W. S. (2021). Considerations on the Implementation of the Telemedicine System Encountered with Stakeholders’ Resistance in COVID-19 Pandemic. Telemedicine and E-Health, 27(5), 475–480. https://doi.org/10.1089/tmj.2020.0293

Kruse, C. S., Krowski, N., Rodriguez, B., Tran, L., Vela, J., & Brooks, M. (2017). Telehealth and patient satisfaction: A systematic review and narrative analysis. BMJ Open, 7(8), e016242. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2017-016242

Lüchau, E. C., Atherton, H., Olesen, F., Søndergaard, J., & Assing Hvidt, E. (2023). Interpreting technology: Use and non-use of doctor-patient video consultations in Danish general practice. Social Science & Medicine, 334, 116215. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2023.116215

Madon, S., Amaguru, J. O., Malecela, M. N., & Michael, E. (2014). Can mobile phones help control neglected tropical diseases? Experiences from Tanzania. Social Science & Medicine, 102, 103–110. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2013.11.036

Petrakaki, D., Hilberg, E., & Waring, J. (2021). The Cultivation of Digital Health Citizenship. Social Science & Medicine, 270, 113675. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2021.113675

Topol, E. J. (2019). Deep medicine: How artificial intelligence can make healthcare human again (First edition). Basic Books.

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Articles