PENGARUH ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KESIAPAN DAN KETERAMPILAN PEMBERIAN PERTOLONGAN PERTAMA SYNCOPE PADA ANGGOTA PMR

Authors

  • Maria Wisnu Kanita Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Novita Kurnia Wulandari Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Tri Sakti Widyaningsih Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.46356

Keywords:

kesiapan, keterampilan, metode active knowledge sharing, palang merah remaja

Abstract

Syncope dapat terjadi pada semua rentang usia, remaja tidak lepas dari keadaan mengancam yang diakibatkan oleh syncope. Kejadian syncope biasanya sering dialami oleh siswa sekolah yang sedang mengikuti kegiatan rutin sekolah seperti upacara bendera, olahraga dan kegiatan ekstrakulikuler lainnya. Syncope pada remaja umumnya terjadi 15-50%, hal ini terjadi karena perubahan hormon yang belum stabil sehingga dapat memberikan dampak perubahan pada fisik. Kehilangan kesadaran sementara akibat syncope harus segera dilakukan pertolongan pertama dalam rentang golden period. PMR menjadi tim penolong yang tepat yang harus memiliki kesiapan dan keterampilan dalam memberikan pertolongan pertama syncope. Active knowledge sharing menjadi salah satu bentuk metode pembelajaran yang akan membantu dalam menyiapkan anggota PMR untuk memberikan pertolongan pertama syncope. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Active knowledge sharing terhadap tingkat keterampilan dalam pemberian pertolongan pertama syncope bagi anggota PMR. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain quasy eksperimental dengan rancangan pre test-post test with control group design kepada 70 responden dengan Teknik total sampling yang merupakan anggota PMR di SMA yang kemudian terbagi menjadi kelompok intervensi sejumlah 35 responden dan kelompok kontrol 35 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat deskriptif serta analisis bivariat dengan uji beda berpasangan menggunakan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value atau nilai Asymp sig (2-tailed) 0.000, dimana nilai p-value  < 0.05. Terdapat pengaruh metode pembelajaran Active knowledge sharing terhadap kesiapan dan keterampilan pemberian pertolongan pertama syncope pada anggota PMR.

References

Ainun, S. (2017). Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Brainstorming (CEBRA) terhadap Tingkat Pengetahuan dan SIkap Penanganan Dysmenorrhea pada Remaja Putri Kelas XII di Madrasah Aliyan Nergeri Surabaya. https://repository.unair.ac.id/77544/2/full%20text.pdf

Awaluddin, R., Wahyu Setiyadi, M., Sang Putra, M., Hidayah, J., Suherman, S., Biologi, P., Al Amin Dompu, S., & Guru Sekolah Dasar, P. (2023). Pengaruh Strategi Active knowledge sharing Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. 6(2), 252–261. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ

Claudia, J. (2023). Hubungan Pengetahuan Dengan Kesiapan Anggota Pmr Dalam Memberikan Pertolongan Pertama (Fisrt Aid) Pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Man 2 Banjarmasin. http://repository.unism.ac.id/id/eprint/2806

Fatmawatri Negeri, L. S., & Suruh, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Organ Gerak Manusia Melalui Metode Active Knowledge Sharing.

Hanafi, A. A., Lailatul Maghfiro, I., Ulfiatin, E., Keperawatan, S., & Lamongan, U.M. (2022). Pengaruh Demonstrasi Terhadap Keterampilan Pertolongan Pertama Syncope Pada Anggota Palang Merah Remaja (PMR) Di Mtsi Attanwir Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. In JOHC (Vol. 3).

Hapsari, Y. D., Rahmawati, S. A., Sani, F. A., Baskoro, A. P., Lestari, R., & Nadia, S. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktek dan Ceramah pada Pembelajaran Seni Kelas III SD 6 BulungKulon. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 4(2), 137–145. https://doi.org/10.30738/jipg.vol4.no2.a15396

Kenny, R. A., & McNicholas, T. (2016). The management of vasovagal syncope. In QJM: An International Journal of Medicine (Vol. 109, Issue 12, pp. 767–773). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/qjmed/hcw089

Lee, H. E., & Lee, D. W. (2022). Vasovagal syncope with mild versus moderate autonomic dysfunction: a 13-year single-center experience. Clinical and Experimental Pediatrics, 65(1), 47–52. https://doi.org/10.3345/cep.2021.00052

Ling, L., Feng, T., Xue, X., & Ling, Z. (2021). Etiology, risk factors, and prognosis of patients with syncope: A single-center analysis. Annals of Noninvasive Electrocardiology, 26(6). Https://doi.org/10.1111/anec.12891

Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal, 2(2), 193. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014

Maharani Swastika, G., & Prastuti, E. (2021). Perbedaan Regulasi Emosi Berdasarkan Jenis Kelamin dan Rentang Usia pada Remaja dengan Orangtua Bercerai. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 26(1), 19–34. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art2

Mayasari, N., Amin, A. K., & Rofiqoh, L. (2019). Peningkatan pemahaman konsep matematik mahasiswa melalui model pembelajaran active knowledge sharing. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2),140–152. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13513

Nuari, N. A., & Ishariani, L. (2023). Syncope Management Simulation Sebagai Upaya Optimalisasi Peran Kader Siswa Pmr Dalam Penanganan Syncope. 3(1). https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php

Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Active knowledge sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1). https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1327

Pratama, D., & Sari, Y. P. (2021). Karakteristik Perkembangan Remaja | Jurnal Edukasimu. Edukasimu.Org, 1(3), 1–9. http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/49

Rahayu Aisyah, F., & Anshari, D. (2022). Pengaruh Usia, Jenis Kelamin, Teman, Dan Orang Tua Terhadap Kesepian Pada Remaja Dan Di Indonesia (Analisis Data Gshs Tahun 2015). Jurnal Medika Hutama, 3(02), 2348–2355. https://www.cdc.gov/gshs/countries/seasian/indonesia

Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SETELAH DITERAPKAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING KETIKA PEMBELAJARAN DARING. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Syamsuddin, T. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Active knowledge sharing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Belajar Siswa Kelas VI di SDN Inpres Cenggu Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1640

Uppoor, R. B., & Patel, K. (2022). Syncope: Diagnostic Yield of Various Clinical Investigations. Cureus. https://doi.org/10.7759/cureus.23596

Yulianto Prabowo, dkk. (2019). Tim Penyusun Pembina Penanggung Jawab. www.dinkesjatengprov.go.id.

Yunus, P., Damansyah, H., Talib, N. M., Karim, A. R., Djarumia, F., & Mutoneng, O. (2022). Knowledge Level of Adolescent Red Cross Students in First Aid for Syncope Handling. Journal La Medihealtico, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.37899/journallamedihealtico.v3i1.624

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles