PENGARUH ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KESIAPAN DAN KETERAMPILAN PEMBERIAN PERTOLONGAN PERTAMA SYNCOPE PADA ANGGOTA PMR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.46356Keywords:
kesiapan, keterampilan, metode active knowledge sharing, palang merah remajaAbstract
Syncope dapat terjadi pada semua rentang usia, remaja tidak lepas dari keadaan mengancam yang diakibatkan oleh syncope. Kejadian syncope biasanya sering dialami oleh siswa sekolah yang sedang mengikuti kegiatan rutin sekolah seperti upacara bendera, olahraga dan kegiatan ekstrakulikuler lainnya. Syncope pada remaja umumnya terjadi 15-50%, hal ini terjadi karena perubahan hormon yang belum stabil sehingga dapat memberikan dampak perubahan pada fisik. Kehilangan kesadaran sementara akibat syncope harus segera dilakukan pertolongan pertama dalam rentang golden period. PMR menjadi tim penolong yang tepat yang harus memiliki kesiapan dan keterampilan dalam memberikan pertolongan pertama syncope. Active knowledge sharing menjadi salah satu bentuk metode pembelajaran yang akan membantu dalam menyiapkan anggota PMR untuk memberikan pertolongan pertama syncope. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Active knowledge sharing terhadap tingkat keterampilan dalam pemberian pertolongan pertama syncope bagi anggota PMR. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain quasy eksperimental dengan rancangan pre test-post test with control group design kepada 70 responden dengan Teknik total sampling yang merupakan anggota PMR di SMA yang kemudian terbagi menjadi kelompok intervensi sejumlah 35 responden dan kelompok kontrol 35 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat deskriptif serta analisis bivariat dengan uji beda berpasangan menggunakan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value atau nilai Asymp sig (2-tailed) 0.000, dimana nilai p-value < 0.05. Terdapat pengaruh metode pembelajaran Active knowledge sharing terhadap kesiapan dan keterampilan pemberian pertolongan pertama syncope pada anggota PMR.References
Ainun, S. (2017). Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Brainstorming (CEBRA) terhadap Tingkat Pengetahuan dan SIkap Penanganan Dysmenorrhea pada Remaja Putri Kelas XII di Madrasah Aliyan Nergeri Surabaya. https://repository.unair.ac.id/77544/2/full%20text.pdf
Awaluddin, R., Wahyu Setiyadi, M., Sang Putra, M., Hidayah, J., Suherman, S., Biologi, P., Al Amin Dompu, S., & Guru Sekolah Dasar, P. (2023). Pengaruh Strategi Active knowledge sharing Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. 6(2), 252–261. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Claudia, J. (2023). Hubungan Pengetahuan Dengan Kesiapan Anggota Pmr Dalam Memberikan Pertolongan Pertama (Fisrt Aid) Pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Man 2 Banjarmasin. http://repository.unism.ac.id/id/eprint/2806
Fatmawatri Negeri, L. S., & Suruh, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Organ Gerak Manusia Melalui Metode Active Knowledge Sharing.
Hanafi, A. A., Lailatul Maghfiro, I., Ulfiatin, E., Keperawatan, S., & Lamongan, U.M. (2022). Pengaruh Demonstrasi Terhadap Keterampilan Pertolongan Pertama Syncope Pada Anggota Palang Merah Remaja (PMR) Di Mtsi Attanwir Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. In JOHC (Vol. 3).
Hapsari, Y. D., Rahmawati, S. A., Sani, F. A., Baskoro, A. P., Lestari, R., & Nadia, S. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktek dan Ceramah pada Pembelajaran Seni Kelas III SD 6 BulungKulon. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 4(2), 137–145. https://doi.org/10.30738/jipg.vol4.no2.a15396
Kenny, R. A., & McNicholas, T. (2016). The management of vasovagal syncope. In QJM: An International Journal of Medicine (Vol. 109, Issue 12, pp. 767–773). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/qjmed/hcw089
Lee, H. E., & Lee, D. W. (2022). Vasovagal syncope with mild versus moderate autonomic dysfunction: a 13-year single-center experience. Clinical and Experimental Pediatrics, 65(1), 47–52. https://doi.org/10.3345/cep.2021.00052
Ling, L., Feng, T., Xue, X., & Ling, Z. (2021). Etiology, risk factors, and prognosis of patients with syncope: A single-center analysis. Annals of Noninvasive Electrocardiology, 26(6). Https://doi.org/10.1111/anec.12891
Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal, 2(2), 193. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014
Maharani Swastika, G., & Prastuti, E. (2021). Perbedaan Regulasi Emosi Berdasarkan Jenis Kelamin dan Rentang Usia pada Remaja dengan Orangtua Bercerai. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 26(1), 19–34. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art2
Mayasari, N., Amin, A. K., & Rofiqoh, L. (2019). Peningkatan pemahaman konsep matematik mahasiswa melalui model pembelajaran active knowledge sharing. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2),140–152. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13513
Nuari, N. A., & Ishariani, L. (2023). Syncope Management Simulation Sebagai Upaya Optimalisasi Peran Kader Siswa Pmr Dalam Penanganan Syncope. 3(1). https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php
Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Active knowledge sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1). https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1327
Pratama, D., & Sari, Y. P. (2021). Karakteristik Perkembangan Remaja | Jurnal Edukasimu. Edukasimu.Org, 1(3), 1–9. http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/49
Rahayu Aisyah, F., & Anshari, D. (2022). Pengaruh Usia, Jenis Kelamin, Teman, Dan Orang Tua Terhadap Kesepian Pada Remaja Dan Di Indonesia (Analisis Data Gshs Tahun 2015). Jurnal Medika Hutama, 3(02), 2348–2355. https://www.cdc.gov/gshs/countries/seasian/indonesia
Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SETELAH DITERAPKAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING KETIKA PEMBELAJARAN DARING. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Syamsuddin, T. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Active knowledge sharing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Belajar Siswa Kelas VI di SDN Inpres Cenggu Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1640
Uppoor, R. B., & Patel, K. (2022). Syncope: Diagnostic Yield of Various Clinical Investigations. Cureus. https://doi.org/10.7759/cureus.23596
Yulianto Prabowo, dkk. (2019). Tim Penyusun Pembina Penanggung Jawab. www.dinkesjatengprov.go.id.
Yunus, P., Damansyah, H., Talib, N. M., Karim, A. R., Djarumia, F., & Mutoneng, O. (2022). Knowledge Level of Adolescent Red Cross Students in First Aid for Syncope Handling. Journal La Medihealtico, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.37899/journallamedihealtico.v3i1.624
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Wisnu Kanita, Novita Kurnia Wulandari, Tri Sakti Widyaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


