HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RSUD D.R M.M DUNDA LIMBOTO

Authors

  • Zulkifli Nggule Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Bakti Nusantara Gorontalo
  • Moh. Ichsan A. Antu Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Bakti Nusantara Gorontalo
  • Merlin Abd. Rahman Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Bakti Nusantara Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.46250

Keywords:

kepuasan pasien, rawat jalan, waktu tunggu

Abstract

Pelayanan kesehatan yang cepat dan efisien merupakan harapan utama pasien. Salah satu indikator mutu pelayanan rumah sakit adalah waktu tunggu, yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih adanya keluhan terkait lamanya waktu tunggu rawat jalan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien di RSUD Dr. M.M. Dunda Limboto. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan, dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari waktu tunggu sebagai variabel independen dan kepuasan pasien sebagai variabel dependen. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson.  Adanya hubungan yang signifikan antara waktu tunggu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien (nilai p < 0,05), di mana semakin lama waktu tunggu yang dialami pasien maka tingkat kepuasan cenderung menurun. Ketidakpuasan pasien disebabkan oleh antrean yang belum optimal, keterbatasan jumlah tenaga medis, dan prosedur administrasi yang rumitWaktu tunggu pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Oleh karena itu, manajemen rumah sakit perlu melakukan perbaikan sistem antrean, efisiensi proses administrasi, dan penyesuaian jumlah tenaga medis guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.  

References

Alrasheedi, K. F., AL-Mohaithef, M., Edrees, H. H., & Chandramohan, S. (2019). The Association Between Wait Times and Patient Satisfaction: Findings From Primary Health Centers in the Kingdom of Saudi Arabia. Health Services Research and Managerial Epidemiology, 6, 233339281986124.

Anggraeni, C. S., Aini, L. N., & Anjarwati, N. (2017). Hubungan Waktu Tunggu dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan RS Prima Husada Kabupaten Malang, 11(1), 92–105.

Anjani, & Puspa, S. (2023). Gambaran Waktu Tunggu Pada Pelayanan Rawat Jalan dan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS di RSU Prasetya Bunda Tasikmalaya”, 4(1), 1–23.

Annita Fitri Fauziah, Hanugrah Ardya C. S, & Joko Santoso. (2024). Hubungan Antara Waktu Tunggu dan Respon Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan di Instalasi Farmasi Puskesmas Teras dan Puskesmas Sawit Boyolali. Jurnal Riset Ilmu Kesehatan Umum dan Farmasi (JRIKUF), 2(3), 95–104.

Donabedian, A. (2005). Evaluating the Quality of Medical Care. The Milbank Quarterly, 83(4), 691–729.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.

Hidayati, & Ismael, Y. (2020). HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN. Jurnal Kesehatan, 11(3), 415–418.

L, Richard, O. (1980). A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions. Journal of Marketing Research, 17(November), 460–469.

Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102.

Limbong, K., & Afriani, S. (2023). Hubungan Antara Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Flobamora Nursing Jurnal, 3(1).

Mayasafa, F., & Mukarom, M. Z. (2024). Hubungan Waktu Tunggu, Kecepatan Pelayanan, dan Faslititas Kesehatan Pada Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(November), 85–89.

Parasuraman, A., Zaithaml, V. A., & L., A. B. L. (2008). SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Jurnal Of Retailing, 64(September 2014), 12–35.

Pohan, I. S. (2020). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan.

Rabiul, S. A. (2024). Skripsi hubungan waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas plaju kota palembang.

Sudirman, Riski, Y. all. (2023). Manajemen Mutu. Gunadarma University.

Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Wijayanti, C. W., & Rejeki, M. (2024). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Indonesian Journal of Hospital Administration, 7(1), 25.

Wijayanti, F. E. R., Lidiana, E. H., & Widiastuti, A. (2023). Hubungan Waktu Tunggu Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Mitra Sehat Karanganyar. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 4(1), 40–45.

Yantika, C., Luvia Harmen, E., & Mohammad Natsir Bukittinggi, U. (2024). Hubungan Waktu Tunggu dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi. JPAMS : Journal of Public Administration and Management Studies, 2(1), 15–19. Retrieved from https://journal.umnyarsi.ac.id/index.php/JPAMS

Zakariah, M. A., & Afriani, V. (2021). Analisis Statistik dengan SPSS untuk Penelitian Kuantitatif.

Zhang, H., Ma, W., Zhou, S., Zhu, J., Wang, L., & Gong, K. (2023). Effect of waiting time on patient satisfaction in outpatient: An empirical investigation. Medicine (United States), 102(40), E35184.

Downloads

Published

2025-06-16

Issue

Section

Articles