MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN HIV & AIDS MELALUI KAMPANYE MEDIA SOSIAL: PERSPEKTIF MASYARAKAT UMUM DAN ODHIV

Authors

  • Dewi Agustina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Dio Kurniawan Takasima Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Az-Zahra Sabrina Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syifa Amalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Chalisa Naila Ridana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sandra Dwi Aldini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsabilla Aishya Khaiyath Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.46223

Keywords:

HIV & AIDS, kampanye media sosial, pengetahuan masyarakat, odhiv, pendidikan kesehatan, stigma

Abstract

HIV & AIDS masih menjadi tantangan besar dalam kesehatan masyarakat di Indonesia, terutama akibat rendahnya pengetahuan serta tingginya stigma terhadap orang dengan HIV (ODHIV). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kampanye media sosial dalam meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan HIV & AIDS dari dua perspektif berbeda: masyarakat umum dan ODHIV. Menggunakan pendekatan studi potong lintang, data dikumpulkan dari 30 responden melalui kuesioner daring. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden telah memiliki pemahaman dasar yang memadai mengenai HIV & AIDS serta pengobatan ARV. Kampanye di media sosial, terutama melalui platform seperti TikTok dan Instagram, dianggap efektif dalam menyampaikan pesan edukatif. Selain meningkatkan pengetahuan, media sosial juga dinilai berperan penting dalam mengurangi stigma terhadap ODHIV. Temuan ini menegaskan bahwa strategi kampanye digital yang inklusif, visual, dan berbasis narasi dapat menjadi alat edukasi yang efektif dalam upaya pencegahan HIV & AIDS di masyarakat.

References

Aisyah, S., Syafar, M., & Amiruddin, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv & Aids Di Kota Parepare. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 3(1). https://doi.org/10.30597/jkmm.v3i1.10299

Alam, S. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Politik. Avant Garde, 9(1), 67. https://doi.org/10.36080/ag.v9i1.1257

Jatijajar, D., Semarang, K., Heriyanti, A. P., & Rabbani, T. Z. (2025). Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Implementasi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) Di Dusun. 24(1), 46–58.

Aurellia & Katimin. (2025). Arah Baru Politik di Era Digital ( Perspektif Generasi Milenial di Media Sosial ). 4(2), 231–236. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v4i2.5149

Hidayati, R. D. (2022). Pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS dengan stigma terhadap ODHA di Indonesia. Jurnal Media Mahalayati, 6(4), 429–434.

Kansa, F. H., Wiryany, D., Studi, P., Komunikasi, I., & Membangun, U. I. (2024). Analisis strategi komunikasi pemasaran pada akun Instagram @ inabauniversityofficial. 2(2), 471–486.

Karmila, T., & Hasnah, F. (2024). Applicare journal. Gambaran Manajemen Program Penurunan Stunting Pada Balita Di Puskesmas KPIK Tahun 2022, 1(1), 27–34.

Mubarokah, N., & Firdaus, Y. M. (2025). Peran Pemerintah Dalam Menanggulangi Penyebaran HIV / AIDS di kabupaten Cirebon. 40(1), 12–22.

Nasrullah, N., & Muchran, M. (2021). Analysis of Concept, Implementation and Impact on Training Needs Assessment for Apparents in Pattondon Village, Maiwa District, Enrekang Regency. Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, 5(1), 81–97. https://doi.org/10.26618/profitability.v5i1.4858

Nisariati, N., & Kusumaningrum, T. A. I. (2022). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Self Efficacy Dengan Sexual Abstinence Pada Remaja. Jurnal Kesehatan, 15(2), 214–223. https://doi.org/10.23917/jk.v15i2.14985

Pratiwi, S. R. (2019). Manajemen kampanye komunikasi kesehatan dalam upaya pengurangan prevalensi balita stunting. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(1), 82. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i1.23435

Putri1, A. N., Sihombing2, M. N., Divania, D., & Ifadahafidz3, Z. (2023). Representasi Stigma Orang terhadap HIV/AIDS dalam film “Philadelphia.” Prosiding Seminar Nasional, 1291–1299.

Rizky, M. (2024). Efektivitas Kampanye Digital dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Muda Pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Semarang The Effectiveness of Digital Campaigns in Increasing Young Voter Participation in the 2024 Semarang City Regional Head Election. 07(02), 182–200.

Rouvinen, H., Turunen, H., Lindfors, P., Kinnunen, J. M., Rimpelä, A., Koivusilta, L., Kulmala, M., Dadaczynski, K., Okan, O., & Sormunen, M. (2023). Online health information-seeking behaviour and mental well-being among Finnish higher education students during COVID-19. Health Promotion International, 38(6), 1–11. https://doi.org/10.1093/heapro/daad143

Rusly, N. F., Madura, U. T., Rahmawati, F. N., & Madura, U. T. (2025). EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI DALAM FORMAT DIGITAL : GAYA KOMUNIKASI @ DOKTERAMIRAOBGYN DI PLATFORM. 3(2).

Sekarsari, A. A., Alfirdaus, L. K., & Ardianto, H. T. (2024). Partisipasi Remaja Dalam Pencegahan Kasus Hiv/Aids Melalui Posyandu Remaja Di Kota Semarang. Journal Politic and Government Studies, 13(3). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/45540

Syauqi, L. (2021). Faktor Demografis Penentu Pengetahuan Seputar Kesehatan Seksual dan Reproduksi. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(1), 66–78.

Yudianti, N. N. (2020). Jurnal Penelitian Perawat Profesional Pencegahan Tetanus. British Medical Journal, 2(5474), 1333–1336.

Yulianti, D. P., Hadi, E. N., Pendidikan, D., Perilaku, I., Masyarakat, F. K., & Indonesia, U. (2025). STRATEGI PROMOSI KESEHATAN DI KOMUNITAS TERHADAP STIGMA PENDERITA HIV / AIDS / AIDS : SISTEMATIK REVIEW. 9, 1486–1495.

Zubaeri, A., & Hafshah, M. (2022). Pencegahan Hiv Dan Aids Melalui Kursus Pra Nikah Dalam Perspektif Islam Dan Sains. Journal of Islamic Studies and Humanities, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.21580/jish.v7i1.11655

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles