OBSERVASI GURU TENTANG JENIS-JENIS PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI SD NEGERI KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.45920Keywords:
jenis jenis pperilaku, bullyingAbstract
Bullying merupakan kekerasan yang dapat dilakukan oleh satu orang atau sekelompok orang. Kejadian perilaku bullying pada anak usia sekolah merupakan indikator utama kesejahteraan anak. Hal tersebut juga penting sebagai pembanding permasalahan sosial kasus pada anak secara global. Perilaku bullying akan berdampak bagi korban maupun pelaku dari berbagai dimensi seperti perkembangan sosial, pendidikan, dankesehatan. Prevalensi perilaku bullying di Amerika Serikat pada tahun 2015 sekitar 20-29%. Berdasarkan permasalahan diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Obervasi guru tentang jenis-Jenis Perilaku Bullying Siswa di SD Negeri Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap”. Tujuan Penelitian untuk mengetahui jenis-jenis perilaku bullying siswa di SD Negeri Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. Desain penelitian ini deskriptif. Penelitian ini adalah studi deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui gambaran jenis-jenis perilaku bullying pada siswa di SD Negeri Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. perilaku bullying verbal siswa dalam kategori rendah sebanyak 68 responden (100,0%). perilaku bullying fisik siswa dalam kategori rendah sebanyak 68 responden (100,0%). perilaku bullying psikologis siswa dalam kategori rendah sebanyak 68 responden (100,0%). Perilaku bullying verbal, fisik dan psikologis siswa dalam kategori rendah. perilaku bullying psikologis siswa dalam kategori rendah.References
Arif dan Novirianda (2019). Perilaku Bullying Fisik Dan Lokasi Kejadian Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 10 (1).
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmayanti dan Kurniyati. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (01) (2019) 55-66
Dewi P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1 (1).
Faeni. (2016). Hypno Parenting. Bandung: PT Mizan Publika
Herliana dan Oktaviarini. (2023). Analisis Verbal Bullying Siswa Kelas VI DiSekolah Dasar Negeri 1 Bangunjaya. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2 (3).
Isabela dan Anggraini. (2023). Gambaran Perilaku Bullying Verbal Pada Remaja. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6 (4).
Jateng Prov. (2019). Bungkam Pem-Bully dengan Prestasi. Diakses pada 21 Desember 2019 dari https://jatengprov.go.id/publik/bungkam-pem-bully- dengan-prestasi/
Jelita. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11 (2).
Kathy. (2010). Bullies and Victims: A Primer for Parents. National Association of School Psychologists.
Maghfirah, U & Rahmawati, M.A. (2009). Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying. Skripsi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial. Budaya. Universitas Islam Indonesia
Marela. (2017). Bullying Verbal Menyebabkan Depresi Pada Remaja SMA di Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat (BKM Journal of Community Medicine and Public Health), 33 (1).
Marsh. (2018). Bullying in School: Prevalence, Contributing Factors, and Interventions. Center For Urban Education Succes.
Mudjijanti, F. (2011). School Bullying dan Peran Guru Dalam Mengatasinya. Naskah Krida Rakyat. Madiun: Universitas Katolik Widya Mandal.
Muntasiroh L. (2019). Jenis-Jenis Bullying Dan Penanganannya di SD N Mangonharjo Kota Semarang. Jurnal Sinetik, 2 (1).
Munawir. (2024). Fenomena Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Studia Religia, 8 (1).
Najah N, Sumarwiyah dan Kuryanto M. S. (2022). Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Educatio, 8 (3).
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis: Jakarta : SalembaMedika.
Olweus, D. (2006). Bullying in Schools: Facts and Intervention. Norwegia: Research Center for Health Promotion, University of Bergen. Diambil dari http://www.nigz.nl/upload/presentatiolweus.pdf pada tanggal 24 Desember 2019
Prasetyo. (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. Jurnal Pendidikan Islam El Tarbawi, 1 (4).
Pratiwi I., Herlina dan Utami G. T. (2021). Gambaran Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Sekolah Dasar : Literature Review. Jurnal Keperawatan, 6 (1).
Psychologymania. (2012). bullying, Diakses pada 30 Desmeber 2017 dari www.psychologymania.com/
Rahmadi S., Yunisvita dan Imelda. (2018). Determinan produktivitas tenaga kerja industri kopi bubuk di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 16 (1).
Salsabiela, W. (2010). Hubungan Antara Pola Asuh Authoritativeorangtua Dengan Empati Anak Pada Bystander Bullying. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Saryono. (2011). Metodologi penelitian keperawatan. Purwokerto: UPT.
Sejiwa. (2008). Bullying : Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta : PT Grasindo.
Soedjatmiko dan Wiguna. (2013). Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 15 (3).
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Suhaibah, Syarifuddin R. dan Washfiah K. (2022). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Guru Terhadap Minat Belajar Siswa. The 4th Annual Postgraduate Conference on Muslim Society.
Sujarweni, V. W. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suwaryo dan Yuwono. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. URECOL. ISSN 2407-9189
UNICEF. (2018). Developing A Global Indicator On Bullying Of Schoolaged
Children. UNICEF
Us’an. (2024). Intervensi Neuropsikologi dengan Pendekatan Islam dalam Mencegah Bullying di Kalangan Remaja. Sleman. Bintang Madani.
Wicaksana, I. (2008). Mereka Bilang Aku Sakit Jiwa, Refleksi Kasus-kasus. Psikiatri dan Problematika Kesehatan Jiwa di Indonesia. Yogyakarta: Kanisius
Wijayanti dan Hidayat. (2022). Karakteristik Pendidik dalam Isu Bullying di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (2).
Wulandari dan Muis. (2016). Karakteristik Pelaku Dan Korban Bullying Di Sma Negeri 11 Surabaya Characteristics Of The Bullies And The Victims Of Bullying At Senior High School 11 Surabaya.
Zakiyah. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM, 4 (2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PUJI SUWARIYAH, Eisabet Sukmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


