LITERATURE REVIEW :FAKTOR RISIKO STRES PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR

Authors

  • Zanna Rahma Fatika Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Marsha Nurhalizah Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Clarissa Amorita Perdana Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Dayan Rifqy Nujaba Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Dwi Sarwani Sri Rejeki Research Centre of Rural Health, Institute for Research and Community Service, Jenderal Soedirman University, Indonesia
  • Siwi Pramatama Mars Wijayanti Research Centre of Rural Health, Institute for Research and Community Service, Jenderal Soedirman University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.45795

Keywords:

faktor risiko, mahasiswa akhir, stres

Abstract

Mahasiswa semester akhir merupakan sekelompok mahasiswa yang berada dalam fase kritis karena adanya tuntutan terhadap penyelesaian skripsi atau tugas akhir yang berpengaruh terhadap kesehatan mental mereka,  khususnya stres yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal dari mahasiswa tersebut. Faktor internal merupakan faktor penyebab stres yang berasal dari dalam diri mahasiswa, seperti kecemasan, ketakutan, dan rasa malas. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor penyebab yang berasal dari luar, seperti kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar dan jenis kelamin. Kajian literatur ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan beberapa faktor risiko stres pada mahasiswa semester akhir di berbagai negara. Metode kajian literatur ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pemilihan jurnal mengikuti alur Preferred Reporting items for Systematic Review and Meta-Analysis (PRISMA). Pencarian literatur dilakukan melalui dua database elektronik, yaitu PubMed dan Google Scholar menggunakan kata kunci, yaitu “faktor risiko” AND “stres” AND “mahasiswa akhir” AND “stress factors” AND “final year student”. Hasil penelusuran menghasilkan 10 artikel terpilih dari beberapa negara, meliputi Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Irlandia, Uni Emirat Arab, serta Brazil. Berdasarkan kajian literatur yang telah dilakukan, terdapat 4 faktor risiko yang paling dominan terhadap stres pada mahasiswa semester akhir, yaitu dukungan sosial, tekanan akademik, jenis kelamin perempuan, dan lingkungan. Hasil penelitian dari berbagai artikel literatur, dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai macam faktor risiko penyebab terjadinya stres pada mahasiswa semester akhir dalam proses penyusunan tugas akhir.

References

Afryan, M., Saputra, O., Lisiswanti, R., & Ayu, P. R. (2019). Hubungan Tingkat Stres terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kesehatan Dan Agromedicine, 6(1), 63–67.

Akunne, L. I., & Nnadi, G. C. (2021). Causes of Stress and Coping Strategies among Final Year Students in Tertiary Institutions in Nigeria. Advances in Research, September, 28–35. https://doi.org/10.9734/air/2021/v22i230295

Alam, M. J., Pratik, M. I. K., Khan, A. H., Islam, M. S., & Hossain, M. M. (2025). Prevalence and level of stress among final-year students at a health science institute in Bangladesh. Discover Mental Health, 5(1). https://doi.org/10.1007/s44192-025-00136-2

Alomar, M., Palaian, S., & Shanableh, S. (2021). Perceived stress and quality of life among final-year pharmacy students in the united arab emirates during covid-19 pandemic lockdown. Advances in Medical Education and Practice, 12(November), 1361–1369. https://doi.org/10.2147/AMEP.S324274

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Aprilia, N. S., & Yoenanto, N. H. (2022). Pengaruh Regulasi Emosi dan Persepsi Dukungan Sosial terhadap Stres Akademik Mahasiswa yang Menyusun Skripsi. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 19–30. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.31924

Constantin, N. A., Rawis, D., & Setijadi, N. N. (2023). Komunikasi Kesehatan Mental Pada Mahasiswa Dan Peran Masyarakat Menanggapi Isu Kesehatan Mental. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 3(2), 1894–1911. https://doi.org/10.36312/jcm.v3i2.2433

Cullinan, J., Walsh, S., & Flannery, D. (2020). Socioeconomic Disparities in Unmet Need for Student Mental Health Services in Higher Education. Applied Health Economics and Health Policy, 18(2), 223–235. https://doi.org/10.1007/s40258-019-00529-9

Da’awi, M. M., & Nisa, W. I. (2021). PSIKODINAMIKA : JURNAL LITERASI PSIKOLOGI Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Tingkat Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 67–75.

Dalimunthe, S. I., & Daulay, A. A. (2024). Perbedaan Strategi Coping Mahasiswa Akhir Dalam Menghadapi Stres Akademik Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(4), 91–102.

Dini, P. R., & Iswanto, A. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres dalam Menyusun Tugas Akhir Pada Mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo Ungaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan Dan Kesehatan, 10(2), 88–148. https://jurnal.stikesbup.ac.id/index.php/jks/article/view/50/51

Djoar, R. K., & Anggarani, A. P. M. (2024). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Stress Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Jambura Health and Sport Journal, 6(1), 52–59. https://doi.org/10.37311/jhsj.v6i1.24064

Elik, H. K., Ama, R. G. T., Evianawati, E., & S. Bete, R. N. (2024). Dukungan Sosial Orang Tua, Hardiness Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 304–313. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1311

Fajriawan, R., Pranatha, A., & Puspanegara, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir S1 Keperawatan Stikes Kuningan Dalam Menyusun Skripsi. Journal of Nursing Practice and Education, 3(01), 42–50. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.572

Farika, S. A., Mirza, M. N., & Romas, A. N. (2024). Promosi Kesehatan tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan, 1(1), 69–77. https://doi.org/10.70109/jupenkes.v1i1.10

Farisandy, E. D., Putri, A. A., & Pontoh, J. S. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat Mengenai Kesehatan Mental. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 No: 1 Ta, 81–90.

Faujan, S., Riyanto, T., & Alamsyah, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Kampus, Kualitas Pengelolaan Parkir dan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Pamulang. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 3(02), 160–174.

Ginanjar, S. H., Udijono, A., Kusariana, N., & Sutiningsih, D. (2022). Gambaran Kesehatan Mental Pada Tenaga Kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan Di Masa Pandemi Coronavirus Disease-19 (COVID-19) Tahun 2021. Jurnal Riset Kesehatan Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.14710/jrkm.2022.13302

Hashim, H., Khamis, N. Y., Rahim, A. A. A., Ali, Z., Khalil, Z., Aminuddin, A. S. A., & Nordin, N. A. (2023). an Analysis on a Public University Final Year Engineering Students’ Stress Levels. International Journal of Humanities Technology and Civilization, 6(2), 5–8. https://doi.org/10.15282/ijhtc.v6i2.6974

Kristina, S. A., Widayanti, A. W., & Sari, I. P. (2020). Investigating perceived stress among final-year pharmacy students in Indonesia. International Journal of Pharmaceutical Research, 12(2), 439–444. https://doi.org/10.31838/ijpr/2020.12.02.0067

Lane, A., McGrath, J., Cleary, E., Guerandel, A., & Malone, K. M. (2020). Worried, weary and worn out: Mixed-method study of stress and well-being in final-year medical students. BMJ Open, 10(12), 1–9. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2020-040245

Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis Di Pendidikan Vokasi. Khazanah Pendidikan, 14(1), 17–30. https://doi.org/10.30595/jkp.v14i1.8479

Mendes, S. S., & Martino, M. maria figueiredo De. (2020). Stress Factors of Nursing Students in Their Final Year. 1–8.

Muhammad, K. S., Fitrani, A. S., & Setiawan, H. (2024). Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder) Menggunakan Metode Forward Chaining. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(1), 194–207. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4441

Muna, A., Santi, T. D., & Ariscasari, P. (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stres pada Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 5(1), 413–422.

Nurhafiyah, I., & Marcos, H. (2023). Sistem Pakar Diagnosis Kesehatan Mental pada Mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 12 Nomor 1. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/komputa.v12i1.8978

Radiani, W. A. (2019). Kesehatan Mental Masa Kini Dan Penanganan Gangguannya Secara Islam. Journal of Islamic and Law Studies, 3(1), 1–27.

Rahakratat, B., Wuisang, M., & Tendean, A. F. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Stres Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Keperawatan Unklab. Klabat Journal of Nursing, 3(2), 10. https://doi.org/10.37771/kjn.v3i2.573

Rahmah, R., Masluchah, L., Dewi, W. C., & Puspitasari, R. P. (2024). Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Program Skripsi. IDEA : Jurnal Psikologi, 8(2), 127–133.

Ramadhan, M., Nuriyah, F., & Darmawan, D. (2024). Renovasi dan Penambahan Fasilitas Pendukung sebagai Daya Tarik Mahasiswa untuk Belajar di Gazebo Universitas Sunan Giri Surabaya. 02(01), 49–54.

Richmond, R. C., Anderson, E. L., Dashti, H. S., Jones, S. E., Lane, J. M., Strand, L. B., Brumpton, B., Rutter, M. K., Wood, A. R., Straif, K., Relton, C. L., Munafò, M., Frayling, T. M., Martin, R. M., Saxena, R., Weedon, M. N., Lawlor, D. A., & Smith, G. D. (2019). Investigating causal relations between sleep traits and risk of breast cancer in women: Mendelian randomisation study. The BMJ, 365, 1–12. https://doi.org/10.1136/bmj.l2327

Sari, M. K., & Susmiatin, E. A. (2023). Deteksi Dini Kesehatan Mental Emosional pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah STIKES Yarsi Mataram, 13(1), 10–17. https://doi.org/10.57267/jisym.v13i1.226

Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431

Subagio, Erny Muliyani, S., & Muliadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram |, 8(2), 2021.

Sutisna, A., Yurniati, & Denovis, F. O. (2025). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Risiko Stress Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Tugas Akhir. Jurnal AKTUARIA, 4(4), 1–6.

Wardhani, D. I. K., & Panduwinata, L. F. (2024). Pengaruh Self-Disclosure dan Dukungan Sosial terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3220–3232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7186

World Health Organization. (2017). Depression and Other Common Mental Disorders. In Global Health Estimates (Vol. 48, Issue 1).

World Health Organization. (2022a). Mental disorders. World Health Organization Fact Sheet.

World Health Organization. (2022b). Transforming mental health for all. In The BMJ. https://doi.org/10.1136/bmj.o1593

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles