Pengaruh Edukasi Perawatan Luka Cedera Terhadap Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Di Smpn 4 Belinyu Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i3.45431Keywords:
Audio Visual, Perawatan Luka, PengetahuanAbstract
Kecelakaan dan cedera adalah bagian dari peristiwa sehari-hari. Kecelakan dan cedera dapat terjadi di rumah, di jalan dan di sekolah. Kecelakaan dan cedara dapat menyebabkan masalah serius bila tidak ditangani dengan benar. Prevalensi kejadian cedera pada siswa di sekolah mengalami peningkatan dan penurunan setiap tahunnya. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh edukasi perawatan cedera terhadap tingkat pengetahuan pertolongan pertama berbasis media audio visual pada siswa di SMPN 4 Belinyu Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain pra experiment dengan one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah 212 siswa. Besaran sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini membuktikkan bahwa ada pengaruh edukasi perawatan luka cedera terhadap tingkat pengetahuan pertolongan pertama sebelum dan sesudah diberikan edukasi perawatan luka cedera dengan p-value (0,000) < 0,05. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan seluruh tenaga pendidik rutin melakukan penyuluhan kepada siswa bagaimana cara pertolongan pertama dengan cepat dan tepat.References
Afifah, L. N., Syafiuddin, A., & Arie, P. (2023). Ketersediaan Kotak P3K Diperusahaan PT X Berdasarkan Undang-Undang No 1 Tahun 1970. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(4), 657-663.
Andriani, Y. (2023). Pengaruh Madu Terhadap Penyembuhan Luka Post Sectio Caesarea Di Rumah Sakit Marinir Cilandak. Jakarta : Universitas Nasional.
Andriyani, A., Ernyasih, E., & Srisantyorini, T. (2020). Edukasi Adaptasi Perubahan Iklim Dalam Perspektif Islam Pada Mahasswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (PSKM FKM UMJ). Muhammadiyah Public Health Journal, 1(1).
Arief, H., & Widodo, M. A. (2018). Peranan stres oksidatif pada proses penyembuhan luka.
Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 5(2), 22-28.
Aryadana, F. W., & Supriyono, S. (2022). Identifikasi dan Penanganan Cedera pada Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tengaran. Indonesian
Dahlan, S. S., Akbar, A., Irawan, H., & Ansar, A. (2022). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Perdagangan Kota Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 1- 20.
Huda, N., Zuhroidah, I., Toha, M., & Sujarwadi, M. (2021). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Pada Guru Pembina Dan Anggota PMR. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(2), 323-328.
Notoatmodjo, S. 2018, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
Nurmala, I., & KM, S. (2020). Promosi kesehatan. Jawa Timur : Airlangga University Press.
Nursalam, (2018). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrument Penelitian Keperawatan. Edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.
Nursalam. (2017). Metodologi penelitian dan ilmu keperawatan edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.
Pratamajaya Sintrias Putra, P. (2021). Pengaruh Edukasi Penanganan Cedera Dengan
Media Audio Visual Terhadap Kesiapan Pertolongan Pertama Anak Sdn 78 Sabranglor Surakarta. Surakarta : Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Pratamajaya Sintrias Putra, P. (2021). PENGARUH EDUKASI PENANGANAN CIDERA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KESIAPAN PERTOLONGAN PERTAMA ANAK SDN 78 SABRANGLOR SURAKARTA (Disertasi Doktor,
Universitas Kusuma Husada Surakarta).
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Primadina, N., Basori, A., & Perdanakusuma, D. S. (2019). Proses penyembuhan luka ditinjau dari aspek mekanisme seluler dan molekuler. Qanun Medika- Medical Journal Faculty of Medicine Muhammadiyah Surabaya, 3(1), 31- 43.
Primadina, N., Basori, A., & Perdanakusuma, D. S. (2020). Proses penyembuhan luka ditinjau dari aspek mekanisme seluler dan molekuler. Qanun Medika-Medical Journal Faculty of Medicine Muhammadiyah Surabaya, 3(1), 31-43.
Purnamasari, E. (2021). Gambaran Kejadian Hipotermi Pada Pemberian Elemen Penghangat Cairan Intravena Dalam Pembedahan Dengan Spinal Anestesi Di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang.
Ristanto, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Ketrampilan Dokter Kecil Pada Penanganan Luka Terbuka. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.109.
Rosuliana, N. E., Februanti, S., Mariani, D., & Cahyati, A. (2023). Optimalisasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak sekolah dasar tentang pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) berbasis media audiovisual. Abdimas Galuh, 5(1), 585-593.
Saputra, D. (2023). Tinjauan Komprehensif tentang Luka Bakar: Klasifikasi, Komplikasi dan Penanganan. Scientific Journal, 2(5), 197-208.
Subandi, E., & Sanjaya, K. A. (2020). Efektifitas modern dressing TERHADAP proses Penyembuhan Luka diabetes melitus TIPE 2. Jurnal Kesehatan, 10(1), 1273-1284.
Sugiyono (2020) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suputra, P. A., Arsani, N. L. K. A., & Lestari, N. M. S. D. (2020). Pendamping pertolongan pertama pada kecelakaan pada siswa SMA swasta Tahun 2018. WIDYA LAKSANA, 8(1), 91-95.
Suryani, L., Prastiwi, D., Yudhawati, N. S., Suryanto, Y., Siwi, A. S., Sugihanawati, A., ... & Susiladewi, I. A. M. V. (2023). TINDAKAN KEPERAWATAN:
Tambipi, F. J., Multazam, A., & Ikhtiar, M. (2020). Penerapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Kontruksi Kapal Di Kota Makassar. Journal of Muslim Community Health, 1(2), 96-106.
Widiastuti, N. K. P., & Adiputra, I. M. S. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 11(1), 23-31
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dea Amanda, Rizky Meilando, Rezka Nurvinanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


